Implant Gigi

Apa itu Implan Gigi?

Implan gigi atau biasa juga dikenal dengan dental implant merupakan salah satu tren di yang bisa dipilih untuk mengatasi permasalahan gigi. Implan gigi sebenarnya adalah  pengganti dari akar gigi. Implan gigi hadir dengan cara menggantikan gigi asli anda dengan gigi buatan. Berbeda dengan gigi palsu yang hanya ditempel di gusi pengguna, implan gigi dilakukan dengan cara memasang akar buatan melalui tindakan pembedahan. Implan digunakan untuk pegangan mahkota gigi( bagian gigi yang terlihat di mulut), jembatan ataupun berbagai macam gigi palsu lainnya. Implant terbuat dari titanium, yang ringan, kuat dan biokompatibel , yang artinya dapat diterima oleh tubuh. Tenang, implant gigi tidak bakal mengganggu kesehatan gigi Anda yang lainnya, malah justru menyelamatkan.

images (3) images

Berbeda dengan gigi palsu yang hanya dipakai dengan cara menempelkan gigi palsu di atas gusi, implan gigi bisa dilakukan dengan cara menanamkan akar buatan di dalam mulut Anda. Sederhananya, implan gigi ini merupakan gigi dan akar gigi buatan yang ditanamkan untuk menggantikan gigi yang sudah tanggal.

Perawatannya sangat mudah. Karena gigi implan itu ditanam di tulang gigi bukan ditempel di gusi, jadi Anda tidak perlu repot –repot untuk melepas dan membersihkan gigi buatan ini. Anda hanya perlu menggosok gigi anda seperti biasa. Sudah bisa dipastikan kalau gigi implan Anda secara otomatis dibersihkan.

Pemakaian implan gigi tidak akan mempengaruhi posisi susunan gigi Anda. Ingat, implant gigi bersifat menggantikan gigi asli Anda. Implan gigi dipasang di bagian / lubang akar gigi yang ditinggalkan saat gigi Anda tanggal. Pemakaian implan gigi bisa mencapai kurung waktu yang sangat lama hingga seumur hidup tetapi tergantung juga perawatannya. Hal ini dikarenakan implant gigi tertanam secara permanen di atas tulang gigi pengguna.

Sifat  khusus Titanium adalah dapat menyatu dengan tulang , yang disebut osseointegration (“Osseo” – tulang;” integrasi” – fusi atau bergabung dengan ) , adalah dasar biologis dari keberhasilan implan gigi. Hal ini dikarenakan  ketika gigi hilang , tulang yang menyangga gigi juga ikut hilang.

implant3
 
Menempatkan implan gigi dapat menstabilkan tulang , mencegah kehilangan  tulang lebih lanjut. Selain  mengganti gigi yang hilang , implan membantu mempertahankan bentuk dan kepadatan tulang rahang . Ini berarti implant  juga mendukung kerangka wajah dengan secara tidak langsung dan juga struktur jaringan lunak meliputi : jaringan gusi , pipi dan bibir . Implan gigi membantu Anda makan , mengunyah , tersenyum , bicara dan terlihat benar-benar alami . Fungsi ini dapat mempengaruhi dalam kehidupan sosial, psikologis dan kesejahteraan fisik.

Bagian- bagian dari Implant Gigi:

implant4 implant5

1. Implant merupakan  sekrup titanium yang berfungsi sebagai akar untuk gigi anda yang  baru. Keuntungan dari implant  titanium ini adalah implant tersebut  tidak mengalami  korosi dan bahannya dapat menyatu secara permanen dengan tulang manusia.

2. Mahkota adalah bagian gigi yang dapat Anda lihat. Mahkota tersebut biasanya terbuat dari porcelain dan desainnya dapat disesuaikan untuk masing-masing individu sehingga Anda dapat merancang senyum yang sempurna bagi Anda. Mahkota Ini juga cukup kuat untuk dipergunakan  menggigit apel atau jagung. implant6
 
3. Abutment adalah bagian yang menyatukan implant dan mahkota. Sambungan yang menyatukan mahkota dan implant yang dibuat oleh abutment membuat implant dan mahkota tersebut semakin kuat dan permanen (tapidapat  dilepas oleh dokter gigi.

 implant7

Bagaimana Prosedur Pemasangan Implant?

1.    Gusi akan dianastesi agar proses pemasangan implant nyaman

 implant8
2.    Pembedahan Gusi

 implant9
3.    Mengebor Tulang Gigi, untuk tempat pemasangan implant.

 implant10
4.    Pemasangan Implant.

implant11
5.    Penjahitan gusi

 implant12
6.    Foto Gigi setelah pemasangan Implant

 implant13
7.    Kemudian ada waktu tunggu minimal 1,5 bulan setelah implant gigi dipasang, yang disebut waktu penyembuhan. Periode ini diperlukan untuk memberi waktu agar implant bias menyatu baik dengan gusi dan stabil (oseointegrasi) sebelum diberikan tekanan kunyah.

8.    Fase terakhir adalah pemasangan crown porselen yang menyerupai gigi asli anda.

implant14  implant16