Pemutihan Gigi

Apa Itu Pemutihan Gigi?

Pemutihan gigi atau dalam Bahasa kedokteran gigi di sebut juga whitening teeth / bleaching teeth adalah suatu tindakan membuat warna gigi anda menjadi putih cemerlang. Ingin memiliki sebuah senyum yang lebih cerah? Segera putihkan gigi anda. Ketika tiba pada pemutihan gigi, Anda harus mengetahui dua pilihan, yaitu pemutihan gigi di klinik gigi atau perawatan di rumah. Kedua pilihan pemutihan gigi menggunakan bahan dasar pemutih peroxide. Sistem yang dilakukan di rumah mengandung mulai dari 3% sampai 20% peroxide (carbamide atau hydrogen peroxides). Sistem yang dilakukan diklinik menggunakan 15% sampai 43% peroxide. Secara umum, semakin lama Anda menggunakan bahan pemutih gigi yang lebih kuat pada gigi Anda, semakin putih gigi Anda jadinya. Bagaimanapun juga, semakin tinggi persentasi dari peroxide di dalam bahan pemutih, semakin pendek jangka waktu yang bisa dipakai pada gigi. Hasil yang di peroleh pun bervariasi untuk tiap individu. Jadi sebelum Anda mencoba paket pemutih gigi untuk di rumah, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Tidak setiap orang akan melihat hasil yang bagus. Pemutihan tidak akan memutihkan mahkota porselin atau tambalan komposit gigi.

Pilihan Pemutihan Gigi

Berikut ini adalah 2 pilihan pemutihan gigi yang bisa menjadi referensi Anda untuk memilih perawatan yang terbaik agar Anda memiliki senyum yang menawan.

1. Pemutihan gigi di klinik gigi. Pemutihan gigi dilakukan oleh dokter gigi Anda bisa menghasilkan gigi yang lebih terang dengan lebih cepat. Bahan pemutihnya biasanya lebih kuat daripada paket pemutih untuk di rumah. Lagipula, panas, sinar, atau sebuah kombinasi dari keduanya dapat digunakan untuk mempercepat dan mengintensifkan proses pemutihan. Hasil yang paling dramatis, warna gigi pada umumnya menjadi 3 atau 8 kali lebih terang, dan biasanya membutuhkan  30 sampai 60 menit untuk setiap kunjungan ke klinik. Tehnik yang digunakan pun bermacam macam, dari yang menggunakan sinar sampai yang tidak menggunakan sinar [ reaksi kimia bahan pemutih dengan gigi].

gbr-artikel4

2. Pemutihan gigi di rumah. Ada banyak sekali pilihan pemutihan gigi yang bisa dilakukan di rumah, yang paling umum dipilih adalah:

Gel dan strip pemutih gigi. Gunakan langsung pada gigi dengan sebuah sikat atau sebuah strip tipis. Produk pemutih gigi berbahan dasar peroxide ini biasanya perlu digunakan sekali atau dua kali setiap hari selama 10 sampai 14 hari. Hasilnya bertahan selama 4 bulan atau lebih.

pemutih-gigi1

Sistem pemutih gigi dengan tray. Dengan pilihan pemutih gigi ini, sebuah tempat plastic yang asalnya dari cetakan gigi pasien mirip pelindung gigi dipenuhi dengan gel atau pasta pemutih gigi berbahan dasar peroxide dan diletakkan diatas gigi dalam jangka waktu beberapa jam setiap hari sampai lebih dari 4 minggu. Anda bisa membeli sistem pemutih gigi dengan tray universal  di banyak toko atau beli sesuai dengan bentuk gigi di dokter gigi.

pemutih-gigi2

Pasta gigi pemutih gigi. Karena pasta gigi ini abrasive secara lembut, setiap pasta gigi membantu menghilangkan noda dari gigi. Pasta gigi pemutih, bagaimanapun, juga mengandung bahan kimia atau pemoles yang membantu menggosok berbagai noda dari gigi tanpa bantuan dari bahan pemutih. Pasta gigi pemutih gigi biasanya tidak mahal dan mencerahkan gigi kira-kira 1 warna lebih muda. Beberapa pasta gigi pemutih mengandung peroxide, tetapi mereka tidak ditinggalkan di gigi dengan cukup lama untuk mendapatkan kegunaan dari pemutih.

pemutih-gigi3