Share to Others People

Bau mulut dalam istilah medis disebut dengan Halitosis. Bau mulut ( halitosis ) merupakan suatu keadaan dimana terciumnya bau mulut pada saat seseorang mengeluarkan nafas (biasanya tercium saat berbicara). Halitosisjuga merupakan permasalahan yang sangat umum dan dapat terjadi pada siapapun.

Bau tidak sedap yang keluar dari mulut saat menghembuskan nafas bisa mengganggu kehidupan sosial orang yang mengalaminya, misalnya orang tersebut menjadi maludan menjadi tidak percaya diri karena setiap berbicara selalu merasa nafasnya kurang sedap dan susah ngomong akibat bau mulutnya yang tak sedap.

 

Lantas Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut Sekarang Juga?

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 2

Ada 10 tips untuk menghilangkan bau mulut sekarang juga, mari kita simak :

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 3

  1. Spray Penyegar Nafas

Spray penyegar nafas efisien karena dapat dibawa kemana – mana dan pemakaiannya bisa kapan saja kita butuh. Namun menggunakan spray penyegar nafas, kita dapat menghilangkan gejala bau mulut saja tidak sebagai penghilang penyebab timbulnya bau mulut.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 4

  1. Mengunyah Permen Karet

Untuk menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet. Saat mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur sehingga mulut anda menjadi basah. Dengan begitu akan menghambat perkembangan bakteri di mulut anda. Selain tiu mengunyah permen karet juga dapat membersihkan gigi.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 5

  1. Menggosok Gigi

Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa menimbulkan bau mulut pada mulut kita, bahkan juga dapat memberikan warna kuning pada gigi. Oleh karena itu rajinlah untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam.

ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 6

  1. Membersihkan Lidah

Permukaan lidah dibersihkan dengan cara menyikat lidah dua kali sehari menggunakan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah (tongue scrapper). Lidah juga perlu dibersihkan untuk menghilangkan sisa – sisa makanan dan menghilangkan bakteri yang dapat memicu terjadinya bau mulut.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 7

  1. Kumur – Kumur dengan Mouthwash (Antiseptic)

Menggosok gigi saja masih menyisakan bakteri penyebab bau mulut, sehingga kita juga perlu berkumur dengan larutan antiseptic / mouthwash untuk memberi perlindungan ekstra terhadap gigi kita.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 8

  1. Memperbanyak Konsumsi Buah – Buahan.

Penyebab bau mulut diantaranya adalah ketika dalam mulut kekurangan air liur atau mulut dalam keadaan kering. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki serat tinggi, maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 9

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Mulut yang kering akan membuat bakteri cepat sekali berkembang. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air putih dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab bau mulut di mulut kita. Selain itu, dengan minum air putih minimal 7 gelas sehari kerongkongan akan menjadi bersih, sehingga makanan yang menempel pada kerongkongan dapat berkurang dan dapat membantu mengurangi adanya bau mulut.Minum air putih sangat dianjurkan untuk dilakukan karena bukan hanya untuk menghilangkan bau mulut, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 10

  1. Wajib Sarapan Pagi

Selain mencegah masuk angin, sarapan pagi teryata juga dapat mencegah timbulnya bau mulut. Mengapa bisa begitu? karena dengan sarapan pagi bakteri penyebab bau mulut yang ada dimulut kita akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.

 ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 11

  1. Mengurangi Makan – Makanan yang Berbau Tajam

Bau mulut dapat terjadi karena pengaruh makanan. Makanan disini maksudnya adalah makanan yang berbau tajam. Beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau mulut (Halitosis), diantaranya adalah makanan yang mengandung sulfur seperti bawang putih, bawang merah, kubis, brokoli serta makanan yang berbau khas seperti petai, jengkol, durian, dan lainnyayang dapat menimbulkan bau mulut yang tajam pula, bahkan meskipun telah menggosok gigi, bau mulut itupun masih tetap ada hingga berjam-jam. Jadi mulai sekarang, harus belajar mengurangi makanan yang berbau tajam, sehingga kita dapat sedikit terhindar dari adanya bau mulut.

   ARTIKEL 8. 10 CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SEKARANG JUGA 12

     10. Membersihkan Sela – Sela Gigi dengan Benang Gigi ( Dental Floss )

Setelah makan sebaiknya kita membersihkan sela – sela gigi menggunakan dental floss. Selain untuk mencegah gigi berlubang, dengan menggunakan dental floss dapat mengeluarkan sisa makanan yang menempel yang menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa