Share to Others People

Veneer gigi adalah salah satu cara yang dapat ditempuh oleh seseorang untuk memutihkan gigi geliginya, terutama pada gigi bagian depan pada rahang atas. Veneer gigi adalah sebuah lapisan tipis yang direkatkan pada bagian gigi yang diinginkan untuk lebih putih warnanya. Veneer gigi terbuat dari selapis tipis bahan pembuat gigi palsu komposit atau porcelain. Veneer gigi dapat diibaratkan seperti menempelkan kuku palsu tipis di atas kuku asli, tapi kalau veneer gigi direkatkan di atas gigi yang telah dikurangi terlebih dahulu.

Bahan pembuat gigi palsu veneer komposit dapat berubah warna seiring dengan berjalannya waktu, sedangkan bahan veneer gigi palsu yang terbuat dari porcelain tidak dapat berubah warna. Karena sifat dari porcelain atau keramik yang tidak dapat berubah warna. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi veneer gigi yang terbuat dari komposit mulai jarang digunakan dan yang lebih banyak digunakan saat ini adalah veneer gigi yang terbuat dari porcelain atau keramik.

 veneer2

 

Pada saat ini, veneer gigi ternyata bukan hanya digunakan oleh seseorang untuk memutihkan bagian gigi yang diinginkan namun juga dapat digunakan sebagai salah satu jalan untuk merapikan penampilan gigi bagian depan yang kurang rapi. Seperti para artis pada masa kini, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, mereka berlomba-lomba untuk membuat penampilan gigi geligi mereka menjadi lebih menarik. Bahkan tidak jarang juga para artis saat ini bukan hanya menggunakan veneer gigi sebagai jalan untuk merapikan bentuk gigi geligi bagian depan pada rahang atas mereka, namun mereka malah menggunakan veneer sebagai bentuk pemberi lapisan seperti gigi kelinci yang panjang pada dua gigi depan bagian tengah pada gigi atas mereka.

Setiap bahan dari pembuatan gigi palsu, termasuk juga veneer gigi pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, veneer gigi yang terbuat dari porcelain atau keramik diketahui bahwa kekuatan dan juga warnanya jauh lebih unggul ketahanannya daripada veneer gigi yang terbuat dari komposit. Bukan hanya unggul dalam hal warna, bahan pembuat gigi palsu yang terbuat dari porcelain memang tidak dapat berubah warna meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Hanya saja, veneer porcelain tidak dapat digunakan oleh semua orang. Hanyalah pada orang yang mempunyai kondisi kesehatan gigi dan rongga mulut yang bagus yang dapat diterapkan veneer porcelain untuk gigi geliginya. Karena sebelum diberikan lapisan tipis porcelain, kondisi dari bagian gigi yang akan direkatkan harus benar-benar sehat baik kondisi giginya maupun gusinya. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi ketahanan dari penggunaan veneer porcelain tersebut.

Penggunaan veneer porcelain, tidak boleh digunakan pada seseorang yang memiliki kebiasaan bruxism atau kebiasaan menggerutukkan gigi geligi baik pada saat tidur ataupun pada saat beraktifitas seperti biasa.

 4

 

Komposisi di dalam porcelain yang dapat membuat warna porcelain dan kekuatannya lebih besar daripada komposit : silica (SiO2), feldspar potas (K2O.Al2O3.6SiO2), feldspar soda (Na2O.Al2O3.6SiO2), dan pigmen

Pemutihan gigi geligi dengan menggunakan veneer porcelain jauh lebih efektif dan lebih tahan lama daripada bleaching gigi atau pemutihan gigi dengan cara sinar. Karena veneer gigi langsung dengan menggunakan gigi palsu tipis yang direkatkan pada gigi asli, sedangkan bleaching gigi hanya dilakukan dengan cara memakaikan obat pemutih gigi dan menyinari gigi geligi saja tanpa melapisi dengan bahan gigi palsu pada gigi palsu.

Veneer gigi dilakukan dengan mengurangi lapisan tipis enamel pada gigi asli. Ada beberapa keunggulan dari pemasangan gigi palsu veneer porcelain, yaitu :

  1. Berfungsi sebagai salah satu cara untuk memutihkan gigi geligi tanpa ada rasa ngilu pada saat penggunaannya
  2. Dapat berfungsi sebagai cara untuk meratakan gigi geligi yang kurang rata
  3. Dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk mengisi atau menutup gigi geligi yang renggang
  4. Dapat mengatasi bagian gigi geigi yang retak
  5. Tidak menimbulkan efek samping pada saat proses pembuatannya maupun pada saat penggunaannya
  6. Tidak merusak bagian dalam pada email gigi, sehingga tidak membuat ngilu

 

Dalam pelapisan gigi dengan menggunakan bahan komposit, mudah sekali akan berubah warnanya dalam beberapa tahun. Namun, dengan menggunakan pelapisan gigi yang berbahan porcelain, tidak akan dapat berubah warna karena memang sifat dari bahan porcelain atau keramik yang tidak dapat berubah warna meskipun puluhan tahun digunakan. Akan tetapi, dalam penggunaan semua bahan gigi palsu veneer, haruslah tetap dijaga. Seperti tidak menggunakan lapisan gigi tersebut untuk menggigit ataupun mengunyah makanan yang bertekstur keras. Selama penggunaannya juga harus tetap dijaga kesehatan pada gigi asli dan gusinya agar lapisan veneer porcelain tersebut dapat bertahan selama mungkin.

 

 


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa