Share to Others People

Kawat gigi alias behel kini sudah menjadi trend di kalangan wanita, utamanya kaum remaja putri yang ingin tampil lebih menarik dengan bentuk gigi yang rata. Mereka yang sudah tua pun terkadang juga menggunakan gigi kawat karena kebutuhan perbaikan akan giginya. Memakai behel harus diiringi dengan upaya perawatan gigi, karena penggunaan behel ini memiliki resiko yang besar terhadap masalah gigi apabila tidak dilakukan langkah pencegahan yang baik. Makanya orang sering mengatakan penggunaan kawat gigi memiliki dampak yang kurang baik. Dan bagi mereka yang hanya ingin mengikuti fashion saja, sebaiknya jangan memilih cara yang kurang baik ini.

Berikut ini beberapa cara merawat gigi behel yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya dampak negative dari penggunaan behel tersebut:

1. Sebaiknya memakai sikat gigi khusus

Para pengguna behel memiliki sikat gigi khusus yang lebih kecil dan halus. Bisa dibeli di apotik atau di supermarket besar yang lengkap. Hindarkan penggunaan sikat gigi biasa.

2. Upayakan membersihkan gigi sesering mungkin

Selain rajin bergosok gigi, membersihkan gigi juga bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih sehingga mulut lebih terasa bersih selalu.

3. Pilih pasta gigi dengan formula paling lengkap

Konsultasikan ke dokter gigi  jenis pasta gigi yang terbaik untuk gigi Anda.

4. Gunakan obat kumur gigi

Ini untuk membantu membersihkan bakteri yang mungkin tumbuh di dalam mulut. Makanan manis atau sisa makanan bisa memicu timbulnya bakteri di dalam mulut. Bersihkan dengan cairan pembersih gigi.

5. Memperbanyak konsumsi vitamin C

Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda, perbanyak lah konsumsi vitamin C. ini akan sangat membantu kondisi mulut Anda agar tetap sehat.

6. Lakukan chek up rutin ke dokter

Penggunaan gigi kawat ada juga yang diperuntukkan guna memperbaiki fungsi gigi tersebut. Oleh karena itu jika Anda memakai behel maka sebaiknya Anda secara berkala melakukan pengecekan ke dokter gigi. Ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan gigi Anda juga apa saja yang mungkin terjadi pada gigi tersebut apakah mengalami dampak negatif atau tidak.

Nah bagi Anda yang sedang memakai behel atau hendak memilih cara ini untuk memperbaiki gigi Anda maka sepantasnya lah Anda melakukan cara-cara terbaik untuk merawat gigi Anda. Sebab ternyata penggunaan gigi kawat memberi peluang bagi terbentuknya masalah baru yang lebih berbahaya dibanding dengan masalah bentuk gigi Anda. Penggunaan gigi kawat yang tidak diperhatikan akan memberikan peluang terbentuknya plak pada gigi yang akhirnya akan membentuk karang gigi. Jika upaya pencegahan di atas Anda abaikan, maka sangat mungkin masalah seperti karang gigi bisa terjadi. Bukan hanya itu, penggunaan behel yang tidak dibersihkan juga memungkin terjadinya penyakit kelamin yang disebabkan adanya virus HIV. Ini mungkin bisa terjadi bagi mereka yang melakukan oral seks dengan menggunakan kawat gigi.

Penggunaan kawat gigi saat ini bahkan telah menjadi bagian dari fashion. Jika tidak hati-hati, maka fashion yang dijalani bisa jadi memberi dampak buruk. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih tempat pemasangan gigi kawat yang terbaik dengan kualitas kawat yang asli dan berkualitas. Soal sterilisasi atau kebersihan tangan orang yang memasang juga sangat penting. Jangan sampai bakteri masuk ke dalam mulut karena tangan pemasang gigi yang mengandung bakteri atau kuman.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa