Share to Others People

Di balik senyum setiap orang, tersimpan banyak makna yang tidak semua dapat kita pahami. Namun, senyuman yang tulus dapat memberikan sejuta dampak positif bagi banyak orang, bahkan mampu mengubah dunia. Senyum tulus mengungkapkan kebahagiaan, kasih sayang, kesuksesan, kedamaian, kebanggaan, penghargaan, dan kepercayaan diri akan penampilan. Bagaimana dengan senyum Anda? Sudahkah menampilkan senyum terbaik Anda?

Selain dipengaruhi oleh perasaan hati, senyum juga dipengaruhi oleh bentuk dan warna gigi, juga yang sering terlupakan adalah tampilan gusi yang sehat dan indah. Umumnya, gusi berwarna merah muda alami, namun pada kenyataannya, ada juga warna gusi yang hampir sama dengan warna kulit, dan tidak jarang juga yang memiliki gusi berwarna gelap.

Apakah gusi gelap selalu mengindikasikan adanya penyakit?

Gusi berpigmen gelap tidak selalu berarti orang tersebut tidak sehat dan memiliki penyakit tertentu. Lalu, apa penyebabnya?

  1. Sifat genetik

Jika penyebab gusi gelap karena sifat genetik, maka tidak diperlukan perawatan. Umumnya, orang yang memiliki warna kulit gelap seperti masyarakat Timur Tengah, Afrika, Mediterranean, dan sebagian ras di Asia, juga memiliki gusi berwarna lebih gelap.

Faktor utama dalam hal ini adalah pigmen hitam yang dikenal dengan nama melanin. Orang yang memiliki gusi gelap karena faktor genetik cenderung memiliki konsentrasi dan produksi melanin yang tinggi. Pada penyakit genetik tertentu seperti Addison’s disease, terjadi peningkatan pigmentasi melanin sehingga menyebabkan perubahan warna gusi yang bervariasi, dari hitam kebiruan hingga coklat.

  1. Paparan sinar matahari

Produksi melanin juga dapat meningkat jika Anda sering terpapar sinar matahari. Karena itu, pada orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan cenderung memiliki gusi yang lebih gelap, terutama pada gusi di sekitar gigi.

  1. Kebersihan mulut yang kurang dijaga

Pigmentasi pada gusi dapat terjadi karena kebersihan mulut yang buruk atau jarang menyikat gigi. Akibatnya, dapat terjadi peradangan, kemerahan hingga perdarahan pada gusi.

  1. Amalgam tattoo

Gusi juga dapat menghitam atau berwarna biru / abu-abu gelap setelah dilakukan perawatan gigi, seperti tambalan amalgam yang sudah lama. Hal ini disebut dengan amalgam tattoo. Penyebabnya karena amalgam (yang berwarna hitam) dipasang dan masuk ke dalam jaringan lunak gigi.

  1. Kebiasaan merokok

Zat kimia dan tembakau dalam rokok dapat menyebabkan gusi berwarna gelap hingga menghitam. Umumnya, perokok aktif memiliki gusi yang lebih gelap dibandingkan dengan orang bukan perokok.

  1. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat seperti minocycline, obat antimalarial, dan antidepresan juga dapat menyebabkan gusi berwarna lebih gelap.

  1. Penumpukan logam

Gusi gelap juga dapat disebabkan oleh penumpukan logam yang terkorosi. Untuk kasus ini, perawatannya lebih mudah, karena lapisan gusi gelap dalam hal ini masih tergolong dangkal.

  1. Sel mati pada gusi

Kondisi ini biasa ditemukan pada penderita penyakit gingivitis ulseratif nekrotik akut. Lapisan sel gusi bagian luar yang telah mati dan menumpuk, bisa memunculkan lapisan berwarna abu-abu atau mendekati hitam pada gusi.

Perbaiki Gaya Hidup untuk Gusi Sehat dan Pink Alami

Tahukah Anda, selain 8 faktor penyebab gusi gelap di atas, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Mengurangi bahkan menghentikan konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak atau tidak wajar. Kebiasaan minum minuman beralkohol yang dibarengi dengan merokok dapat memperparah kondisi warna gusi menjadi lebih gelap.
  2. Perbanyak gizi dan nutrisi penting bagi tubuh, terutama dengan mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Anda juga dapat menjalankan program diet sehat yang bertujuan meningkatkan asupan vitamin (terutama vitamin B dan C), mineral dan nutrisi penting lainnya.
  3. Berkumur dengan mouth wash yang tidak mengandung alkohol, atau bisa juga menggunakan air garam, untuk membersihkan dan membunuh kuman serta bakteri yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.
  4. Rutin melakukan kontrol kondisi dan kesehatan gigi dan gusi minimal 6 bulan sekali di klinik / dokter gigi terpercaya. Silakan berkunjung ke Shiny Smile Aesthetic Dental Clinic. Kami selalu siap memberikan pelayanan dan solusi terbaik bagi Anda.

Metode Bedah yang Aman dan Efektif untuk Kembalikan Warna Pink Alami Gusi

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara di atas, namun warna gusi belum juga kembali seperti semula, yaitu berwarna merah muda alami, maka sudah saatnya Anda harus mengambil langkah lebih intensif, yaitu dengan solusi operasi atau pembedahan.

Metode operasi ini cukup populer dan terbukti sangat efektif dalam menghilangkan kegelapan pada gusi, yaitu dengan mengangkat lapisan luar gusi yang menyebabkan warna gelap dan memunculkan jaringan yang lebih sehat dan lapisan gusi yang lebih cerah di bawahnya. Dalam prosedur ini, lapisan luar epitel gusi dilepas bersama dengan lapisan jaringan ikat di dasarnya. Setelah pemindahan jaringan ikat dan proses pemulihannya berjalan, lapisan epitel baru otomatis akan terbentuk di kemudian hari dan tidak lagi memiliki pigmentasi gelap, serta akan memunculkan warna asli gusi seperti semula atau warna merah muda alami yang lebih baik.

Setelah dilakukan prosedur operasi, pasien mungkin akan mengalami sedikit ketidaknyamanan dan sensitivitas lebih pada gusi dalam beberapa hari. Namun, hal ini dapat diatasi dengan obat penghilang nyeri, sesuai anjuran dokter. Hal yang lebih penting untuk diperhatikan adalah mulailah memperbaiki gaya hidup dan melakukan berbagai upaya pencegahan gusi gelap melalui cara-cara di atas.

Keunggulan dan manfaat dari metode operasi / bedah yang tidak bisa ditemukan pada teknik pengobatan lain

  1. Lebih efektif, karena selain tidak menggunakan zat kimia atau larutan bleaching, metode pengobatan ini lebih optimal dalam menghilangkan struktur gusi yang menyebabkan kelebihan produksi melanin, sehingga kemungkinan munculnya kembali gusi gelap lebih rendah, dibandingkan dengan metode lainnya.
  2. Memberikan ketepatan (akurasi) dan kontrol periodontis, serta tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menghilangkan pigmentasi pada gusi.
  3. Prosedur ini aman dan tanpa rasa sakit karena dilakukan dengan anestesi lokal, sehingga pasien tetap merasa nyaman selama operasi dijalankan.
  4. Prosesnya cepat, hanya dibutuhkan 30-60 menit.
  5. Hasil segera terlihat dan sangat memuaskan, yaitu gusi yang lebih cerah, sehat, dan indah. Anda pun siap memberikan senyum terbaik Anda.

 


Share to Others People

Leave a comment