Share to Others People

Seiring dengan perkembangan jaman, kini kedokteran gigi mulai unjuk gigi memperkenalkan salah satu solusi untuk gigi ompong. Para dokter gigi mulai merekomendasikan pemakaian implan gigi untuk menggantikan gigi yang sudah tanggal. Dipercaya mampu meningkatkan kembali kepercayaan diri karena gigi tanggal. Dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat, implan gigi hadir sebagai salah satu cara instan untuk mengisi kekosongan gigi yang ada di dalam mulut kita. Bahan implant gigi yang terbuat dari titanium ini memungkinkan implant gigi untuk  menyatu dengan tulang , yang disebut osseointegration ( ” Osseo ” – tulang; ” integrasi ” – fusi atau bergabung dengan ) , dan yang merupakan dasar biologis dari keberhasilan implan gigi. Hal ini dikarenakan  ketika gigi hilang , tulang yang menyangga gigi juga ikut hilang.

Menempatkan implan gigi dapat menstabilkan tulang , mencegah kehilangan  tulang lebih lanjut. Selain  mengganti gigi yang hilang , implan membantu mempertahankan bentuk dan kepadatan tulang rahang . Ini berarti implant  juga mendukung kerangka wajah dengan secara tidak langsung dan juga struktur jaringan lunak meliputi : jaringan gusi , pipi dan bibir . Implan gigi membantu Anda makan , mengunyah , tersenyum , bicara dan terlihat benar-benar alami . Fungsi ini dapat mempengaruhi dalam kehidupan sosial , psikologis dan kesejahteraan fisik.

Perawatan gigi implan yang cukup mudah dan durasi penggunaan implant gigi yang bisa mencapai waktu yang cukup lama bahkan mungkin seumur hidup  menjadi sisi positif dari implan gigi ini. Eits, tunggu dulu. Dibalik segala kemudahan dan jangka waktu penggunaan yang lama tersebut, pernahkah terbesit sebuah pertanyaan di pikiran Anda mengenai efek samping dari pemakaian implant gigi.

Sejauh ini sih, tingkat keberhasilan pemasangan implant gigi bisa diakui cukup tinggi. Namun, belum banyak penelitian yang meneliti tentang dampak – dampak yang muncul setelah pemasangan implant gigi. Berarti, hal ini tentunya belum juga bisa membuktikan bahwa implant gigi sudah baik untuk kesehatan mulut dan gigi pada khususnya.

Dampak Negatif Implan Gigi

Seperti yang kita tahu, implan gigi adalah sebuah teknik penanaman akar buatan ke dalam tulang gigi dengan melalui tindakan pembedahan atau operasi. Nah loh, setiap tindakan operasi pasti ada efek sampingnya. Dampak yang muncul setelah operasi pemasangan implan tidak sama pada masing – masing orang dan tergantung dari reaksi masing – masing orang juga. Implan gigi berasal dari bahan – bahan sintetis yang dipercaya tidak menimbulkan alergi terhadap pengguna. Tapi, mau seaman apapun bahannya, implan gigi bisa dikatakan sebagai benda asing untuk tubuh manusia. Jadi ada juga kemungkinan kalau tubuh kita akan memberikan reaksi penolakan terhadap implan gigi yang notabene dinobatkan sebagai benda asing dimasukan apalagi ditanam di dalam tulang gigi kita. Besar kecilnya dampak negatif implan gigi yang dirasakan pun tergantung dengan reaksi penolakan yang dialami oleh tubuh kita. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis implan yang digunakan dan kesehatan si pengguna lho. Tapi tidak usah terlalu takut, dampak negatif implan gigi yang berupa penolakan tubuh , sebetulnya kecil, karena bahan implan sebelum di keluarkan pasti juga sudah dengan berbagai penelitian dan percobaan dahulu. Karena itu jangan asal memilih implan yang murah.

Analogi sebuah papan

Implan gigi ditanam dengan cara melubangi gusi dan tulang dan kemudian dipasang sejenis sekrup sebagai pengganti akar gigi dan kemudian dipasang semacam mahkota gigi tiruan sebagai pengganti mahkota gigi yang sudah hilang. Jika pemasangan implan gigi ini tidak tepat, bisa menimbulkan dampak yang cukup fatal lho. Implan gigi bisa saja  goyang  sehingga mengakibatkan penyatuan implan dan tulang yang tidak sempurna. Tulang gigi kita bisa dianalogikan sebagai sebuah papan, yang akan dipasangi sebuah sekrup (sebagai implan). Jika memasang sekrupnya tidak tepat atau pas sasaran, hal ini justru akan melubangi papan, malah merusak papan. Jika kerusakan yang dialami papan tidak dapat diperbaiki, bedanya tulang gigi manusia bisa melakukan penyembuhan terhadap kerusakan yang diderita. Namun, penyembuhan tersebut tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Proses perbaikan tulang gigi membutuhkan waktu yang sangat lama dan perawatan yang intensif. Selama proses tersebut, pasien akan mengalami ketidaknyamanan, rasa sakit karena proses adaptasi dengan implan dan pembengkakan di sekitar daerah operasi.

Maka dari itu, jika anda ingin memasang implan gigi, jangan hanya terbuai dengan sisi positif yang ditawarkan oleh dokter mengenai implan. Tapi anda juga harus memastikan pemasangan implan gigi dilakukan oleh orang yang tepat.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa