Share to Others People

Gigi merupakan  salah satu aset penting dalam menjalani kehidupan. Tidak hanya sebagai aset yang menambah keindahan senyuman, fungsi utama dari gigi ini adalah untuk mengunyah makanan. Sebagai salah satu alat pencernaan, gigi sangatlah patut untuk dijaga kesehatanya. Karena, jika tidak dijaga dengan baik, maka gigi pun dapat terlepas untuk selamanya. Tentunya masalahnya tidak hanya berhenti di sana tetapi pencernaan anda pun juga pasti bermasalah jika gigi yang lepas tersebut adalah gigi yang di pakai untuk menghaluskan makanan.

Tanggalnya gigi secara permanen ini tidak hanya terjadi pada generasi yang sudah berusia lanjut saja, tetapi juga dapat menyerang mereka yang tidak merawat giginya dengan baik di semua usia. Untuk itu, para ahli gigi telah banyak menciptakan berbagai macam gigi pengganti yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Salah satu gigi pengganti yang dahulu sering digunakan adalah gigi palsu yang terbuat dari akrilik yang dapat dilepas. Gigi palsu ini memiliki kekurangan, yaitu ketidak nyamanya dalam penggunaanya. Dikarenakan gigi palsu ini dapat dilepas, maka besar kemungkinan gigi ini menjadi longgar dan tidak pas di gusi. Rasa tidak pas ini lah yang menimbulkan ketidak nyamanan saat penggunaanya. Untuk itu, kini sudah ada inovasi terbaru, yaitu dental implant / implan gigi.

Apa itu dental implant ?

Dental implan merupakan suatu metode baru yang belakangan ini sering digunakan dalam mengganti gigi yang telah hilang. Dental implan ini menggunakan suatu bahan yang dimasukan ke dalam tubuh dan dapat menyatu dengan tulang. Dengan begitu, akar gigi yang hilang dapat tergantikan. Dental ini berasal dari bahan titanium yang sengaja dibentuk menyerupai akar gigi.

Implan yang tertanan ini akan menyatu dengan tulang. Selanjutnya adalah pemasangan gigi palsu pada implan ini. Bedanya dari gigi palsu biasa adalah, dengan dental implan, gigi pengganti tersebut tidak mudah goyah dan bahkan tidak terasa seperti memakai gigi palsu. Bagaimana tidak, implan ini dibuat dari titanium yang dibentuk menyerupai akar/baut yang kemudian ditanamkan pada tulang.

Manfaat dan kerugian dental implan

Manfaat dari penggantian gigi yang hilang ini sudah pasti dapat dilihat dari segi ketahananya. Implan gigi memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Tidak seperti   gigi palsu sebelumnya yang sangat mudah lepas dikarenakan longgar. Dengan kekokohan yang dihasilkan, membuat para pengguna implan menjadi lebih nyaman dan juga percaya diri.

Selain itu, implan gigi juga memiliki manfaat dalam pencegahan penyusutan pada tulang rahang. Tulang rahang biasanya akan menyusut pada saat gigi hilang. Penyusutan bentuk rahang ini secara perlahan akan mempengaruhi bentuk wajah. Rahang yang menyusut akan membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Agar mendapatkan manfaat di atas, maka pasien harus melakukan dental implant denganbaik dan benar. Jangan mudah percaya terhadap dokter gigi gadungan yang menawarkan ini itu, tanpa rekomendasi yang jelas. Karena jika implan gigi gagal, maka efek samping yag diberikan bukan hanya nyeri tetapi juga dapat berakibat infeksi.

Pertimbangan sebelum melakukan dental implan

Sebelum melakukan implan gigi, ada baiknya pasien memeriksa kondisi kesehatanya terlebih dahulu. Jika pasien memiliki penyakit tertentu semisal Diabetes Militus, maka resiko kegagalanya akan besar karena akan menghambat proses penyembuhan jaringan pemasangan implan.

Pertimbangan selanjutnya adalah biaya dan kesiapan dalam mendapati resiko yang tidak diinginkan. pemasangan implan sebaiknya disesuaikan dengan biaya yang tersedia dan jangan terlalu memaksakan. Selain itu, tidak semua individu memiliki reaksi yang baik atau terdapat kecocokan dalam melakukan implan gigi.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa