Share to Others People

Apa itu kawat gigi? kawat gigi atau behel adalah salah satu jenis alat yang digunakan untuk kebutuhan memperbaiki posisi gigi yang tidak pada posisinya yang benar ataupun untuk merapikan gigi yang tidak pada tempatnya. Menurut jenis dari behel tersebut, bracket gigi atau bagian yang menempel pada  gigi untuk tujuan kesan estetis atau kosmetik, ada yang bisa dilihat dengan jelas dan ada pula yang tidak kentara.  Kawat gigipun ada yang permanen, yakni artinya tidak dapat dilepas atau dipasang sendiri oleh pasien, dan ada juga yang lepasan/ non permanen / removable, yaitu kawat gigi bisa ditanggalkan dan dipasang sendiri oleh pasiennya. Mekanisme dari kawat gigi behel tersebut berfungsi untuk mengatur, mendorong dan juga  mengarahkan pergerakan gigi. Apa yang dinamakan perawatan ortho tersebut bertujuan untuk memperbaiki fungsi dari bicara, estetis muka, bentuk sudut bibir, rahang dan juga senyum. 

Saat ini penggunaan kawat gigi telah mengalami modifikasi. Orang tak lagi memakai kawat gigi untuk alasan kebutuhan perbaikan posisi gigi, tapi sudah masuk pada ranah fashion, fashion kawat gigi. Pemakaian kawat gigi dianggap sebagai suatu trend yang membanggakan untuk diikuti. Akibatnya banyak kini para remaja baik putri maupun putra yang memilih untuk membeli behel murahan dan palsu dengan harga di bawah seratus ribu. Sangat jauh bila dibandingkan dengan harga behel asli yang mencapai beberapa juta rupiah. Semuanya bisa ditiru. Untuk kebutuhan fashion, menuntut orang untuk pintar-pintar dalam memilih sesuatu. Tak mengapa kualitas tak seberapa asalkan memang harganya bisa sesuai dengan harga ekonomis.

Fashion kawat gigi ternyata juga mengundang berbagai masalah, terutama soal kesehatan. Sedangkan pemakai behel asli saja masih harus waspada dan tetap harus bisa menjaga kualitas kebersihan rongga mulut mereka, terlebih lagi para pengguna behel palsu. Bahan  yang berbahaya dari behel palsu serta cara pemasangan behel palsu yang tidak sesuai standar tentunya akan menjadi ancaman kesehatan gigi dan mulut serta si pasien sendiri. Mengapa orang tertarik untuk menggunakan behel sebagai fashion? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Simbol status sosial

Seperti yang kita ketahui memasang kawat gigi yang benar benar pada ahlinya tidaklah murah. Kawat gigi permanen / dental braces yang asli sangat mahal. Apalagi bila di pasang pada dokter gigi spesialis kawat gigi. Dan sudah sejak lama hal tersebut ada di pikiran masyarakat. Sehingga apabila ada orang yang memakai kawat gigi permanen / dental braces, kita beranggapan orang tersebut pastilah dari status sosial yang lumayan. Karena bracket gigi bukanlah konsumsi barang yang murah. Akibatnya fashion kawat gigi menjadi trend, salah satunya adalah untuk menunjukan status sosial mereka, kemampuan finansial mereka.

2. Tampil gaul

Ya itulah remaja, mereka selalu ingin mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain tanpa mengetahui tujuan  dan bahaya dari hal yang ia ikuti tersebut. Orang memakai behel untuk kebutuhan pengobatan, tapi diikuti sebagai bagian dari fashion  kawat gigi yang bagi sebagian kaum remaja itu membanggakan. 

3. Tampil beda

Remaja ingin penampilan yang beda dari yang lain. Penggunaan kawat gigi dianggap sebagai sesuatu yang berbeda dari penampilan lainnya. Makanya tak masalah bagi para penggila fashion membeli berbagai jenis behel palsu untuk digunakan sebagai alat yang membuat mereka bisa tampil beda. Fashion kawat gigi dianggap sebagai sesuatu yang beda.

4. Karena ada yang murah mengapa tak dicoba

Ya itulah kebiasaan kita. Kita lebih menyukai sesuatu yang dijual dengan harga murah tanpa memikirkan apa dampak buruk dari harga murah tersebut. Termasuk behel/ kawat gigi. Keinginan orang untuk memakai behel palsu tentunya menjadi semakin kuat setelah adanya berbagai jenis produk ini di pasarkan. Para produsen telah berhasil memanfaatkan karakter dari konsumen mereka untuk memilih harga yang lebih murah dibanding dengan harga yang mahal. Fashion kawat gigi dengan berbagai macam bentuk seperti hello kitty dan mickey mouse banyak di sukai

Idealnya, penggunaan behel harus menggunakan bahan yang sesuai dengan standar, pemasangan  dengan ahlinya. serta sterilisasi  alat  saat pemasangan dan kondisi  rongga mulut yang harus senantiasa bersih. Bila tidak tentu saja ini akan menjadi masalah bagi para pengguna behel palsu tersebut.  Fashion kawat gigi dapat menjadi fashion dapat juga menjadi malapetaka bagi pemasang yang tidak mengetahui bahaya nya. Tampil cantik memang tak harus dengan mengikuti mode, namun kebanyakan mode yang berkualitas memang akan semakin membuat seseorang berpenampilan cantik, menarik dan elegan.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa