Share to Others People

2

Saat merasakan gigi yang sangat sakit, seseorang cenderung akan berpikir tentang gigi yang sangat sakit tersebut harus dicabut untuk menghilangkan rasa sakit yang dirasakan. Padahal jika datang ke dokter gigi, dokter gigi akan melihat terlebih dahulu kondisi dari gigi tersebut. Jika masih dapat dipertahankan, gigi tersebut akan dirawat. Pada kondisi khusus, jika gigi yang sakit tersebut telah berlubang, dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan perawatan saluran akar gigi atau syaraf pada gigi tersebut akan dimatikan untuk menghilangkan rasa sakitnya terlbih dahulu.

 3

Setelah perawatan, pasien akan disarankan untuk dipasangkan gigi palsu porcelain atau crown porcelain, baik itu yang berlapis zirconia atau yang berlapis dasar logam yang di atasnya dilapisi oleh porcelain yang warnanya serupa dengan warna gigi asli.

Gigi mati adalah gigi yang telah dirawat saluran akarnya dengan cara mengangkat jaringan pulpa yang mengalami radang atau yang mengalami infeksi. Jaringan pulpa adalah bagian dari jaringan yang terdapat di dalam rongga mulut. Jaringan pulpa terdiri dari pembuluh darah dan syaraf yang menyuplai nutrisi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari dan sangat sensitif terhadap kondisi gigi yang kita rasakan. Apabila jaringan pulpa tersebut mengalami infeksi, yang dapat kita rasakan adalah nyeri dan jika infeksi tersebut dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan radang pada gusi.

4

Pada kondisi tertentu, jika kondisi gigi tersebut sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Maka gigi tersebut harus dicabut. Terdapat 3 pilihan untuk pasien yang merasakan giginya sangat sakit dan berlubang.

Pilihan pertama adalah gigi yang sakit tersebut syarafnya dimatikan terlebih dahulu atau dirawat syarafnya, yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut secara rutin dan membutuhkan waktu sekitar 3 minggu sampai 4 minggu atau jika dibutuhkan perawatan harus dilakukan sekitar 3 sampai 4 kali perawatan ke dokter gigi, kemudian ditambal permanen dengan menggunakan tambalan komposit.

5

Keuntungan dari gigi yang telah dirawat syarafnya adalah gigi yang awalnya terasa sakit, menjadi tidak sakit lagi dan dapat digunakan dengan baik fungsinya untuk mengunyah seperti gigi-gigi sehat lainnya. Namun kebersihan dari gigi yang telah dimatikan syarafnya tersebut juga harus sangat dijaga dibandingkan dengan gigi sehat lainnya, karena gigi yang telah dirawat tersebut lama kelamaan akan berwarna kecoklatan bahkan menghitam. Dan yang lebih parah lagi adalah gigi mati yang tidak mendapatkan asupan nutrisi tersebut, lambat laun akan pecah sedikit demi sedikit.

6

Gigi yang telah dimatikan syarafnya tersebut lama kelamaan dapat berwarna coklat atau menghitam, dikarenakan gigi tersebut tidak mendapatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Karena yang berfungsi untuk melakukan penyerapan nutrisi adalah syaraf-syaraf yang berada pada jaringan ada pada gigi dan gusi.

7

Pilihan kedua, pada gigi yang sakit tersebut setelah dilakukan perawatan gigi mati yaitu dengan diberikan mahkota gigi atau crown yang terbuat dari porcelain. Porcelain secara penampilan jauh lebih mirip dengan gigi asli dibandingkan dengan komposit. Karena sifat dasar dari porcelain yang tidak dapat berubah warna meskipun digunakan selama puluhan tahun, sedangkan komposit sifat dasarnya akan berubah warna dalam beberapa tahun pemakaian.

8

Pilihan ketiga, jika gigi yang sakit tersebut sudah tidak bisa dirawat lagi dan jalan satu-satunya adalah dengan dicabut. Tapi kondisi gusi akan menjadi turun dan tidak bagus jika bagian dari gigi yang telah dicabut pada gusi tersebut tidak segera diisi dengan gigi palsu. Oleh karena itu, dokter gigi akan sangat menyarankan kepada pasien untuk memasang implant. Karena implant jauh lebih menguntungkan untuk menjaga kondisi dan kesehatan gigi dan jaringan-jaringan yang ada di dalam rongga mulut dan juga jaringan di sekitar rongga mulut pasien.

Meskipun implant gigi membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal daripada perawatan gigi mati. Namun, keuntungan dalam pemakaian implant juga sangat besar dan sebanding dengan harga yang dikeluarkan pada saat pemasangan implant.

9

Keuntungan dari implant :

10

  1. Titanium yang ditanam dengan tulang pada gusi pasien, tidak akan patah
  2. Titanium merupakan bahan yang sangat kuat dan akan cepat menyatu dengan tulang yang ditanam pada gusi pasien
  3. Fungsi dari titanium dan tulang yang ditanam pada gusi tersebut seperti tulang pada gigi asli
  4. Implant gigi merupakan salah satu cara pembuatan gigi palsu dengan kualitas nomor satu pada saat ini
  5. Implant gigi dapat bertahan selama puluhan tahun, bahkan jika pasien yang telah memasang implant gigi tersebut dapat menjaga kesehatan dan kondisi jaringan yang ada di dalam rongga mulutnya, implant gigi tersebut dapat bertahan selama mungkin karena fungsi dari implant gigi seperti gigi asli
  6. Di atas implant gigi tersebut dipasangkan gigi palsu yang terbuat dari porcelain, porcelain merupakan bahan dasar dari pembuatan gigi palsu yang sangat bagus dalam hal penampilannya
  7. Gigi palsu porcelain yang ada di atas implant gigi tersebut, sangat mirip seperti gigi asli. Sehingga dalam hal penampilan implant gigi sangat menunjang, meskipun digunakan oleh para remaja yang kondisi penampilan giginya buruk pada awalnya namun setelah menggunakan implant gigi, kondisi kesehatan gigi dan mulutnya menjadi lebih sehat dan penampilannya jauh lebih menarik
  8. Implant gigi dapat ditanam juga pada remaja yang giginya ada yang ompong, implant gigi bukan hanya untuk para orang tua

Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa