Share to Others People

Dalam pembahasan sebelumnya, kita telah mengenal komponen-komponen dalam retainer ortho (behel lepasan). Kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam bentuk dari retainer ortho, dan juga fungsi-fungsi dari bentuk-bentuk tersebut.

Macam – Macam Bentuk Retainer Ortho (Behel Lepasan) :

  1. Hawley Retainer :

 hawley

 

Hawley retainer sangat umum digunakan oleh pasien yang telah selesai melakukan perawatan gigi dengan bracket (behel cekat), karena bentuknya yang sederhana dan tidak menggunakan terlalu banyak komponen kawat. Penggunaan Hawley retainer adalah untuk mempertahankan gigi geligi yang telah rapi dan bagus untuk tetap pada posisinya. Penggunaannya pun memiliki tujuan agar gigi geligi yang sudah rapi  dan bagus, tidak kembali pada posisi sebelum perawatan behel cekat yang tidak rata.

Hawley retainer terdiri dari klamer adams, busur labial, dan plat akrilik. Klamer adams menggunakan kawat yang berdiameter 0,7 mm. Klamer adams pada umumnya diletakkan pada gigi geraham kecil ataupun gigi geraham besar. Klamer adams berfungsi untuk mempertahankan posisi gigi geraham tetap pada posisinya dan juga untuk menggerakkan gigi geraham yang masih belum sesuai dengan lengkung gigi geligi agar berada pada posisi lengkung gigi geligi yang benar.

Busur labial menggunakan kawat yang berdiameter 0,6 mm, diletakkan di depan gigi depan dan menempel dari ujung taring kanan sampai dengan ujung taring kiri. Busur labial memiliki fungsi untuk mempertahankan lengkung gigi depan jika dilihat dari depan maupun samping. Busur labial memiliki posisi yang sangat penting dalam pembuatan Hawley retainer dan retainer lainnya, karena jika tidak terdapat busur labial bisa jadi posisi gigi depan yang sudah bagus dan rata, akan kembali ke posisi semula yang maju dan berantakan. Karena gigi depan memiliki peran paling penting dari segi penampilan seseorang.

Oleh karena itu, penggunaan retainer paling tidak adalah selama 2 tahun.

 

  1. Circumferential Retainer (Wraparound Retainer) :

 circumferential-wrap

 

Circumferential retainer disebut juga dengan wraparound retainer, karena memiliki komponen kawat yang memutari seluruh bagian depan gigi geligi dan plat akrilik. Retainer dengan bentuk seperti circumferential ini digunakan untuk pasien yang menderita jaringan periodontal atau memiliki masalah pada jaringan gusinya. Bentuk ini dibuat agar dapat mempertahankan posisi gigi geligi tanpa harus menempelkan kawat ke gusi.

 

  1. Inclined Bite Retainer :

Inclined bite retainer memiliki dua macam bentuk, yaitu :

  1. Anterior Bite Plane :

 Hawley_w_Inclined_Bite_Plane_2

Inclined-Plane

 

Komponennya seperti Hawley retainer, hanya saja bagian plat akrilik pada langit-langit rongga mulut dibuat tebal. Plat akrilik dibuat tebal di bagian belakang gigi depan bahkan ada beberapa kasus yang dibuat menutupi permukaan gigi geligi bagian depan, bertujuan agar lidah tidak menyentuh gigi geligi bagian depan dan gigi geligi bagian depan tetap berada pada posisinya yang sudah bagus dan rata.

Pada umumnya, retainer jenis ini digunakan untuk anak kecil yang suka sekali memainkan lidahnya dengan cara menjulurkan lidahnya untuk mendorong gigi depannya. Pada kasus seperti ini, dikhawatirkan gigi geligi pasien bagian depan lama-kelamaan akan menjadi maju (tonggos). Oleh karena itu, plat akrilik bagian depan dipertebal dan dibuat menutupi seluruh bagian gigi depan.

 

  1. Posterior Bite Plane :

 

posterior bite plane

 

Pada retainer bentuk posterior bite plane, komponen yang digunakan plat akrilik dipertebal pada gigi geligi bagian belakang (gigi geraham kecil dan gigi geraham besar). Plat akrilik dibuat seperti itu karena retainer bentuk ini digunakan pada kasus gigi pasien yang memiliki gigitan bermasalah, dan juga untuk mengoreksi tinggi gigit dari pasien tersebut.

 

  1. Twin Block Retainer :

 

twinblock1

Twin block retainer adalah bentuk retainer yang menggabungkan dua macam inclined bite retainer (anterior bite plane dan posterior bite plane). Penggunaanya dilakukan secara bersamaan.

 

 


Share to Others People

4 Comments

  • William
    Posted 21/06/2015 at 11:43 0Likes

    permisi,saya mau tanya kalau mewarnai plat ortho itu bahan nya apa?

    • shinysmile168
      Posted 22/06/2015 at 11:19 0Likes

      selamat siang William..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website kami..
      pewarna pada plat ortho menggunakan cairan khusus untuk membuat plat orth..cairan self cured khusus plat ortho

  • William
    Posted 22/06/2015 at 16:36 0Likes

    itu harganya kira2 berapa ya? ortho resin nya…disini tidak ada soalnya..

    • shinysmile168
      Posted 23/06/2015 at 10:12 0Likes

      maaf pak..kami kurang tahu mengenai harga ortho resin..karena kami bukan supplier..
      mohon maaf sekali ya Pak

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa