Share to Others People

MACAM-MACAM GIGI PALSU CEKAT

Setelah kita membahas macam macam gigi palsu lepasan, marilah kita lanjutkan dengan macam macam dari gigi palsu cekat. Gigi palsu cekat adalah gigi palsu yang berhubungan dengan pemugaran dan penggantian gigi yang hilang, yang dipasangkan secara permanen baik dengan cara dilekatkan dengan menggunakan lem maupun dengan cara menanamnya di dalam gusi. Gigi palsu cekat adalah salah satu contoh hasil perkembangan teknologi modern dalam bidang kedokteran gigi, karena bahan dan alat yang digunakan untuk membuatnya jauh lebih berkualitas daripada gigi palsu lepasan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis dari gigi palsu cekat.

macam-macam gigi tiruan1

Secara definisi, gigi palsu cekat crown dapat diartikan sebagai gigi palsu yang digunakan untuk menggantikan mahkota gigi yang patah / rusak pada satu gigi. Dimana mahkota gigi asli tersebut masih ada, tetapi karena parahnya kerusakan, sehingga penambalan pada gigi tersebut tidak memungkinkan. Bisa di gunakan pada gigi yang masih hidup tetapi kerusakannya sudah mencapai setengah mahkota gigi atau sampai di incisal gigi, atau bisa juga di gunakan pada gigi yang sudah mati, setelah perawatan akar gigi, di gunakan crown untuk melindungi gigi asli dari resiko patah.

 

macam-macam gigi tiruan2

Salah satu gigi palsu yang sudah sering dipakai oleh pasien adalah gigi palsu cekat jembatan atau yang biasa kita sebut sebagai bridge. Gigi palsu cekat bridge adalah gigi palsu yang berbentuk seperti jembatan yang digunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang, dengan cara mengurangi gigi asli yang berada di sebelah gigi yang hilang tersebut yang berfungsi sebagai penyangga.

 

macam-macam gigi tiruan3

Implant gigi adalah suatu bahan yang ditanam secara bedah ke dalam jaringan keras atau tulang rahang, sehingga dapat berfungsi sebagai akar pengganti untuk menahan gigi palsu baik yang hanya berbentuk satu mahkota maupun yang jembatan. Mahkota gigi yang digunakan untuk implant umumnya yang terbuat dari porselen. Implant terbuat dari bahan titanium yang aman bagi tubuh. Implan gigi ini setelah di tanam ke dalam tulang, dengan berjalannya waktu akan menyatu dengan tulang rahang, sehingga implan ini bisa dikatakan menggantikan akar gigi asli, dalam hal fungsi menyangga gigi. Karena itu untuk kekuatannya tidak perlu di ragukan lagi. 

Apa saja perbandingan kelebihan dan kekurangan dari ketiga macam gigi palsu cekat di atas?

 

 macam-macam gigi tiruan4

BAHAN YANG DIGUNAKAN

Ada dua macam bahan yang digunakan untuk gigi palsu cekat, yaitu :

 

macam-macam gigi tiruan5

Gigi palsu ini terbuat dari bahan logam, bahan logam yang bisa digunakan untuk gigi palsu metal adalah emas, chromium, cobalt, titanium, dan juga palladium. Gigi palsu metal memiliki banyak kelebihan, seperti tahan terhadap tekanan kunyah yang keras, bahan logam yang digunakan tidak berbahaya bagi tubuh, dan juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Namun jika dilihat dari segi estetika, gigi palsu logam tidak bagus jika digunakan untuk gigi depan.

 

 

macam-macam gigi tiruan6

Gigi palsu yang berbahan dasar porselen ini dibagi menjadi dua macam yaitu porcelain fused to metal dan all porcelain. Porcelain fused to metal adalah kombinasi antara logam sebagai lapisan dasar, dengan porselen sebagai mahkota giginya. Sedangkan all porcelain adalah gigi palsu yang keseluruhannya terbuat dari porselen, namun all porcelain umumnya menggunakan zirconia sebagai lapisan dasarnya dan harganya jauh lebih mahal daripada porcelain fused to metal.

apa saja perbandingan antara kelebihan dan kekurangan dari gigi palsu lepasan dengan gigi palsu cekat?

 

macam-macam gigi tiruan7

 


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa