Share to Others People

Seiring dengan perkembangan teknologi canggih dalam bidang kedokteran gigi, banyak sekali penemuan mengenai gigi palsu untuk menggantikan gigi geligi yang hilang. Secara garis besar, gigi palsu dibagi menjadi dua bagian yaitu gigi palsu lepasan dan gigi palsu cekat. 

MACAM-MACAM GIGI PALSU LEPASAN

Gigi palsu lepasan adalah gigi palsu yang dibuat untuk menggantikan satu atau dua atau lebih gigi bahkan keseluruhan dari gigi yang hilang dan dalam penggunaannya bisa dilepas pasang oleh pasien. Gigi palsu lepasan lebih dulu ditemukan penelitiannya daripada gigi palsu cekat.

Gigi palsu lepasan  dibagi menjadi dua macam yaitu gigi palsu penuh lepasan dan juga gigi palsu sebagian lepasan. Gigi palsu penuh lepasan digunakan untuk menggantikan seluruh gigi geligi atas dan bawah yang hilang, sedangkan gigi palsu sebagian lepasan digunakan untuk menggantikan satu atau dua atau lebih gigi yang hilang tetapi bukan seluruhnya.

 Ditinjau dari jenis bahan yang digunakan, gigi palsu lepasan dibagi menjadi empat macam.Empat macam gigi palsu lepasan tersebut terdiri dari akrilik, polycarbonate, valplast, dan metal frame. Adapun gigi palsu cekat dibagi menjadi tiga macam yaitu metal, porselen, dan implant. Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam gigi palsu lepasan.

 

macam-macamgigipalsu2

 

Gigi palsu ini sangat populer di kalangan masyarakat umum, sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Terdapat dua macam gigi palsu akrilik yaitu gigi palsu akrilik penuh yang biasa kita sebut dengan full denture dan juga gigi palsu akrilik sebagian lepasan atau yang biasa kita sebut dengan partial denture. Gigi palsu akrilik terbuat dari bahan dasar akrilik untuk gigi maupun basisnya, proses pembuatannya dengan cara mencampurkan bubuk dan cairannya kemudian direbus pada tingkat suhu tertentu. Kekurangan pada partial denture acrylic adalah diperlukannya kawat untuk penyangga pada gigi asli sebelah plat akrilik tersebut, sehingga seiring berjalannya waktu kawat tersebut bisa membuat gigi menjadi aus. Sedangkan kekurangan dari full denture acrylic adalah diperlukan gusi yang cukup tinggi untuk dasar perlekatannya. Apabila gusinya habis, maka full denture acrylic tersebut tidak bisa lengket, atau menjadi goyang goyang saat dipakai bicara maupun makan.

 

macam-macamgigipalsu3

Gigi palsu jenis ini mirip seperti gigi palsu akrilik, akan tetapi bahan yang digunakan terbuat dari nilon sehingga hasil cetak dari gigi palsu tersebut terlihat terdapat serat-serat seperti benang berwarna merah di dalam platnya (basis). Sama seperti gigi palsu akrilik, gigi palsu polycarbonate atau yang biasa kita sebut dengan FRS ini dibagi menjadi dua jenis yaitu full denture dan juga partial denture. Proses pembuatannya menggunakan sistem yang jauh lebih canggih daripada acrylic denture yaitu dengan menggunakan sistem inject.

 

 

valplast1

Basis gigi palsu yang elastis ini terbuat dari bahan valplast yang proses pembuatannya persis seperti FRS dengan sistem inject. Kelebihan yang sangat disukai oleh banyak orang yang menggunakan valplast adalah kelenturannya sehingga tidak mudah patah apabila terjatuh dan juga tidak memerlukan kawat pada partial denture valplast sebagai penyangga di gigi asli sebelah, tidak seperti partial denture acrylic yang memerlukan kawat penyangga. Hanya saja kelemahan dari gigi palsu ini adalah lambat laun warnanya akan luntur dan berubah menguning, menggunakan valplast juga cenderung lebih mudah bau mulut daripada menggunakan gigi palsu lainnya, serta lebih sulit untuk dibersihkan.

macam-macamgigipalsu5

Sudah dapat dilihat dari namanya yang disebut metal frame, gigi palsu ini terbuat dari bahan logam sebagai basisnya yang dikombinasikan dengan akrilik, valplast atau polycarbonate sebagai basis untuk meletakkan gigi yang terbuat dari akrilik. Bahan logam yang digunakan untuk denture ini adalah chromium cobalt atau titanium. Gigi palsu ini mempunyai beberapa kelebihan diantara tidak mudah patah karena menggunakan basis yang terbuat dari logam dan juga dapat dibuat lebih tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

Apa saja perbandingan kelebihan dan kekurangan dari keempat macam gigi palsu lepasan di atas?

 macam-macamgigipalsu6

 


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa