Share to Others People

Pada pembahasan artikel sebelumnya, mengenai macam-macam retainer ortho di bagian pertama telah kita jelaskan mengenai beberapa macam retainer ortho saja. Pada pembahasan artikel macam-macam retainer ortho bagian kedua ini, akan kita bahas mengenai rick a nator dan lip bumper. Kedua alat perawatan ortho ini sangat penting juga untuk digunakan, tetapi tidak semua kasus perlu menggunakan alat ortodonti ini. Sebelum adanya bracket cekat seperti saat ini, orang zaman dahulu selalu menggunakan behel lepasan untuk memperbaiki posisi gigi mereka yang tidak rata.

 

Rick a nator

1

Dirancang oleh Dr. Rick Gallaher, Rick-A-nator sangat ideal untuk mengobati pasien yang mengalami kesulitan memakai peralatan behel lepasan yang seringkali harus dilepas dan dipasang kembali. Rick-A-nator terdiri dari bagian depan rahang atas, ditempatkan pada kawat pada rahang bawah yang melekat pada molar band (lempengan seperti seng yang tipis khusus untuk perawatan behel). Kawat lengkung dapat disolder ke band atau melekat secara vertikal – agar mudah untuk melakukan pembersihan. Dibuat miring untuk menahan rahang dalam posisi yang tepat dan sesuai yang diinginkan, tetapi jika gigi depan rahang atas sangat maju (lebih dari 4mm dihitung dengan jarak antara gigi depan rahang atas yang bertemu dengan gigi depan rahang bawah saat posisi mulut menutup seperti biasa.

Namun dalam kasus tertentu, rick a nator dapat dibuatkan gigitan yang lebih tinggi (bagian atas akrilik lebih ditinggikan).

 

 2

 

Keuntungan dalam pemakaian rick a nator :

  1. Pasien tidak perlu terlalu sering kontrol
  2. Dalam segi penampilan, alat tersebut hampir tidak terlihat (karena posisinya di dalam)
  3. dapat digunakan selama perawatan bracket cekat dilakukan
  4. Perawatan berkurang (karena bisa dikenakan 24 jam per hari)
  5. Hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk memajukan posisi rahang bawah pada kasus gigitan atau oklusi tertentu.

 

 

Lip bumper

 3

Lip bumper adalah sebuah perangkat kawat yang digunakan untuk memindahkan geraham bawah ke belakang dan gigi depan bawah ke depan, sehingga menciptakan ruang untuk gigi depan yang penuh sesak (gigi berjejalan). Bagian depan busur memiliki ketebalan akrilik atau bumper yang menyentuh bagian dalam bibir bawah. Otot-otot bibir bawah menerapkan tekanan pada bumper sehingga menciptakan kekuatan yang dapat menggerakkan gigi geraham ke belakang.

 

Dalam beberapa kasus, lip bumper digunakan untuk menghentikan bibir dengan kebiasaan menekan sehingga memungkinkan gigi yang rendah posisinya untuk menyelaraskan posisi gigi normal atau sesuai dengan keinginan dan estetika penampilan wajah.

 

Apa yang diharapkan dalam penggunaan lip bumper?

 

Pada awalnya bumper akan merasa sangat aneh terhadap bibir bawah Anda. Anda mungkin melihat bibir Anda mengembang sedikit karena di dalam rongga mulut bagian belakang bibir terdapat plat akrilik yang tebal. Dengan berjalannya waktu dan gigi bergerak kembali, bibir akan merata keluar. Gigi belakang yang memiliki band dapat menjadi sakit selama beberapa hari, setelah penyesuaian. Hal ini akan mereda dan akan terasa baik-baik saja.

 

 4

 

Yang harus dilakukan :

  1. Gunakan lip bumper seharian penuh (termasuk makan dan tidur).
  2. Sikat sekitar band dan bumper secara merata.
  3. Ketika alat ini melepaskan ikatan oleh dokter, sikat bumper, gigi dan gusi bawah secara merata.
  4. Menggunakannya setiap malam di saat tidur adalah salah satu hal yang wajib dilakukan, agar gigi dapat bergerak pada posisi yang tepat.

 

Adapun larangan pada saat menggunakan lip bumper adalah :

  1. Jangan mengunyah permen karet, gula-gula, atau permen lengket saat Anda bumper dan band di mulut Anda.
  2. Jangan memutar atau menarik bumper keluar. Hal ini dapat melonggarkan band.

Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa