Ada yang bilang kalau mau pasang kawat gigi sebaiknya ke dokter gigi, tapi ada pula yang merekomendasikan lebih bagus di orthodontist. Sebenarnya apa sih beda keduanya? Bukanya sama saja ya antara dokter gigi dengan orthodontist?

Behel atau kawat gigi merupakan sebuah alat bantu yang berguna untuk memperbaiki susunan gigi. Cara kerjanya dengan memberikan tekanan pada gigi dengan periode jangka panjang. Tekanan tersebut bertujuan untuk menghasilkan gigi yang lebih rapi.

Penggunaan behel tidak semata hanya untuk kebutuhan penampilan. Akan tetapi juga sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan. Nah, dimana tempat pasang kawat gigi terbaik? apakah di dokter gigi atau orthodontist.

Kemana Sebaiknya Pasang Kawat Gigi?

Pemasangan kawat gigi harus di tempat yang memiliki tenaga kompeten di bidangnya. Tempat pasang behel yang aman pada dasarnya adalah ke dokter gigi spesialis orthodontist.

Dokter gigi umum mungkin bisa saja memberi pelayanan soal pasang kawat gigi. Sama seperti bila kamu memiliki masalah kandungan. Kamu bisa periksa masalah kandungan di dokter umum, tetapi untuk mendapatkan pelayanan terbaik kamu harus ke dokter spesialis kandungan (SpOG). Yang punya ilmu soal pasang kawat gigi adalah
Orthodontist .

Orthodontist adalah dokter gigi spesialis khusus buat kamu yang ingin yang meratakan gigi. Dokter yang bergelar Sp. Ort. ini memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk memberikan perawatan konvensional dan radikal pada maloklusi ringan sampai yang berat.

Perlu kamu pahami bahwa selain dokter gigi spesialis Kawat Gigi ( Orthodontist ), sebenarnya masih ada banyak spesialisasi lainnya. Ada Pedodontist, Sp.KGA (Spesialis Kedokteran Gigi Anak), Endodontis, Sp.KG (Spesialis Konservasi Gigi), Periodontist, Sp.Perio (Spesialis Periodonsi), Oral Surgeon, Sp.BM (Spesialis Bedah Mulut), Prosthodontist, Sp.Prost (Spesialis Prosthodonsi/Ahli Gigi Turunan), dan Oral Medicine, Sp.PM (Spesialis Penyakit Mulut)

Beda Dokter Gigi dan Orthodontist

Orthodontist

Pasang behel memang bisa dilakukan di dua tempat yakni di dokter gigi umum dan spesialis orthodontist. Keduanya sama-sama memiliki pendidikan di bidang spesialis gigi, akan tetapi memiliki beberapa perbedaan, yakni:

1. Background Pendidikan

Secara latar belakang pendidikan, dokter gigi dan orthodontist sudah berbeda. Dokter gigi umum menempuh pendidikan kedokteran gigi saja. Akan tetapi, khusus orthodontist pendidikan yang ditempuh adalah lanjutan dari kedokteran gigi.

Maksudnya, setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, kemudian lanjut lagi ke specialist orthodontist. Kamu bisa membayangkan perbedaannya dengan profesi dokter umum dan spesialis. 

2. Penanganan yang Dilakukan

Orthodontist biasanya melakukan penanganan dengan fokus pada perbaikan posisi gigi yang tidak tepat (maloklusi). Posisi gigi yang tidak tepat akan membuat struktur wajah juga tidak seimbang, serta kesulitan membersihkan gigi.

Gigi yang menumpuk dan sulit dibersihkan ini akan rentan berlubang. Pada akhirnya bisa menyebabkan pembusukan dan penyakit gusi. Oleh karena itu, perbaikan posisi gigi haruslah dilakukan.

Sedangkan dokter gigi umum bertugas untuk mengatasi pasien dengan kondisi gigi yang masih ringan. Bisa melakukan penanganan pemasangan behel. Akan tetapi, sifatnya masih terbatas.

Penanganan seperti gigi berlubang, karang gigi, sakit gigi ringan bisa mendatangi dokter gigi umum. Biasanya jika ditemukan masalah gigi yang lebih serius, akan dirujuk ke dokter gigi spesialis orthodontist untuk penanganan lebih lanjut.

Waktu yang Tepat dalam Memilih Dokter Gigi Umum dan Orthodontist

Jika kamu memang perlu untuk membenahi posisi gigi, orthodontist merupakan pilihan tepat. Misalnya jika ada masalah ketika mengigit, gigi berantakan, gigi berjejal, mulut tidak nyaman, dan masalah berat lainnya.

Kasus-kasus seperti itu sebaiknya datang ke orthodontist, dimana nanti akan diberikan solusi yang tepat. Misalnya memakai invisalign, kawat gigi, dan berbagai teknis lainnya.

Tetapi jika kamu hanya memiliki keluhan seperti gigi berlubang, sakit gigi, karang, dan sebagainya atau hanya sekadar ingin periksa gigi tanpa ada kaitannya dengan pasang kawat gigi, maka bisa datang ke dokter gigi umum.

Nah, khusus buat kamu warga Jawa Timur khususnya Surabaya, kalau mau pasang kawat gigi bisa di langsung datang ke Shiny Smile Dental Clinic. Sebagai klinik kosmetik dan restorasi gigi terkemuka di Surabaya, kamu bakal mendapatkan layanan dari tenaga profesional. Ada banyak dokter gigi dan dokter gigi spesialis lainnya seperti orthodontist, periodontist, endodontist dll, di sana.

Di Shiny Smile Dental Clinic kamu tidak hanya bisa pasang kawat gigi, tetapi juga bisa Implant Gigi, Pemutihan, Veneer serta pasang gigi palsu dan perawatan gigi di tempat yang nyaman.

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa