Share to Others People

Tambalan gigi dilakukan untuk menutup lubang pada gigi yang berlubang. Tambalan gigi ada yang bersifat permanen dan sementara. Tambalan permanen dapat menyatu pada gigi dalam waktu lama. Jenis tambalan ini juga dibuat sedemikian rupa dari bahan yang menyerupai struktur gigi yang kokoh.

Tambalan permanen mudah terlepas oleh karena beberapa hal :

1.Terjadi kebocoran pada tambalan

‘Kebocoran’ adalah kondisi ketika bahan tambalan dan gigi tidak merekat sempurna sehingga memungkinkan serpihan makanan dan air liur memasuki atau meresap ke celah antara tambalan dan gigi. Lama kelamaan akan menyebabkan tambalan tersebut mudah lepas.

2.Jenis / material dan bahan tambal yang salah

Ada berbagai macam jenis / material bahan tambal yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi masing – masing. Penggunaan jenis bahan tambal yang tidak sesuai dengan kondisi kerusakan gigi salah satunya dapat menyebabkan tambalan tersebut mudah lepas.

 

3.Proses penambalan yang terganggu

Pada saat proses penambalan yang seharusnya tidak boleh terkontaminasi oleh air liur terjadi kontaminasi akibat dari menutupnya mulut pasien saat ditambal, lidah pasien yang mengenai gigi yang ditambal atau jumlah air liur yang berlebihan sehingga bahan tambalan tidak dapat menempel dengan baik, sehingga tambalan tersebut mudah lepas

 

4.Kerusakan gigi yang terlalu besar sehingga bahan tambal mudah lepas

Kerusakan gigi yang melibatkan ¼ anatomi gigi atau lebih dalam prinsip penambalan seharusnya tidak bisa ditambal biasa karena dinding penyangga bagian tersebut hilang dan harus dibuatkan mahkota gigi. Jika pasien memaksa untuk dilakukan penambalan biasa, hal ini dapat menyebabkan bahan tambal tersebut tidak tahan lama, tambalan jadi mudah lepas


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa