Share to Others People

Tambalan permanen mudah terlepas oleh karena beberapa hal :

5.Kebersihan dan pemeliharaan gigi juga merupakan faktor penting dalam mempertahankan tambalan agar tidak mudah lepas dan tahan lama

6.Gigi depan yang patah dan melibatkan sebagian kecil atau besar permukaan kunyah

Gigi depan yang patah dan melibatkan seluruh permukaan kunyah biasanya jika ditambal nantinya akan mudah lepas karena dinding penyangga nya sudah tidak ada,. Dan pada kasus seperti ini  seharusnya di buatkan mahkota gigi, bukan paksakan untuk di tambal. Jika di paksakan untuk di tambal, maka tambalan tersebut jadi mudah lepas.

 

 

 

7.Kebiasaan menggertakan gigi pada malam hari 

Kebiasaan tersebut dapat memicu tambalan pada gigi cepat aus dan lepas. Hal ini terjadi akibat dari gesekan dan tekanan pada gigi terus menerus sehingga bahan tambal terkikis menjadi tipis  dan mudah lepas.

Oleh karena itu, apabila ingin tambalan tersebut tahan lama, sebaiknya pasien memperhatikan poin berikut.

        • Harus mau lebih memperhatikan kebersihan giginya.
        • Kerusakan yang melibatkan ¼ anatomi gigi atau lebih memiliki dinding penyangga yang tinggal sedikit sehingga harus di perbaiki dengan menggunakan crown atau mahkota agar lebih tahan lama dan tidak mudah pecah.
        • Kontrol secara rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali akan sangat membantu agar bisa diketahui adanya karies sekunder (lubang gigi yang terjadi disebelah gigi yang baru ditambal – ini adalah penyebab paling sering tambalan gigi lepas).
        • Dibutuhkan ke kooperatifan atau kerjasama pasien pada proses penambalan sehingga tidak terjadi kontaminasi air liur pada proses penambalan.
        • Penggunaan Mouth Guard untuk pasien yang memiliki kebiasaan menggegratkan gigi.

Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa