Share to Others People

Retainer (behel lepasan) adalah sebuah alat ortodonti yang dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien, yang berguna untuk menahan gigi pada posisinya yang sudah benar setelah perawatan behel cekat. Retainer dapat berupa kawat yang terdapat lapisan akrilik untuk menyambungkan kawat-kawat tersebut. Retainer juga dapat berupa lapisan plastik transparan yang bentuknya sudah sesuai dengan posisi gigi geligi.

b

Retainer / behel lepasan digunakan setelah selesainya proses perawatan behel cekat atau permanen atau yang kita sebut braces. Retainer mempunyai fungsi untuk melindungi gigi yang telah rata untuk tetap pada posisinya, selain itu retainer juga dapat berfungsi untuk mereposisi gigi geligi yang mungkin ada beberapa yang belum rata setelah pemakaian behel cekat selesai dan juga untuk menyelaraskan rahang dengan susunan gigi geligi agar menjadi rata dan indah pada saat dilihat.

c

Retainer ada yang memakai kawat aktif atau klamer, kawat tersebut memiliki fungsi untuk menggerakkan gigi geligi jika gigi geligi tersebut ada yang belum rata setelah pemakaian behel cekat.

e

Kawat pasif pada retainer digunakan untuk mempertahankan posisi gigi geligi agar tetap pada posisi barunya setelah perawatan behel cekat. Oleh karena itu, pemakaian retainer harus teratur dan tidak boleh sering dilepas karena posisi gigi geligi dikhawatirkan akan kembali pada posisi semula seperti sebelum perawatan behel cekat.

Terkadang juga jika pasien merasa tidak nyaman pada saat menggunakan retainer, biasanya retainer jadi jarang digunakan. Padahal penggunaan retainer sangatlah penting agar posisi gigi geligi tetap pada tempatnya yang sudah rata posisinya sesuai dengan lengkung pada rahang.

f

Penggunaan retainer lebih nyaman daripada penggunaan behel cekat, karena retainer lebih mudah dibersihkan karena dapat dilepas dan jika terlihat jelek estetika bisa dapat cepat diganti sesuai dengan keinginan estetika pasien. Sedangkan penggunaan behel cekat memerlukan sikat gigi khusus untuk membersihkan sela-selanya.

g

Perkembangan peralatan canggih juga diciptakan untuk mengganti retainer yang terbuat dari kawat dan plat akrilik dengan retainer yang lebih nyaman digunakan pasien. Retainer tersebut adalah aligner yang terbuat dari bahan yang transparan dan lentur seperti karet. Bahan pembuatan aligner mirip dengan alat gigit pada gigi geligi penderita bruxism ketika tidur.

h

Aligner memiliki nilai estetika yang jauh lebih baik daripada retainer yang terbuat dari kawat dan plat akrilik. Karena kawat yang terletak di depan gigi geligi depan baik rahang atas maupun rahang bawah akan dapat terlihat. Aligner disebut juga dengan behel tanpa kawat, dan warnanya yang transparan tidak akan terlihat jika kita sedang menggunakannya.

i

Seperti retainer kawat, aligner juga mudah untuk dibersihkan karena dapat dilepas dan tanpa memerlukan sikat gigi khusus untuk membersihkannnya.


Share to Others People

228 Comments

  • Devina
    Posted 03/04/2015 at 16:04 0Likes

    Kalo belum pernah pake behel cekat, bisa ga pake retainer? Makasih:)

    • shinysmile168
      Posted 19/05/2015 at 09:44 0Likes

      selamat pagi Devina..
      untuk retainer bisa digunakan meskipun belum pernah memakai behel cekat..
      tapi hasilnya jauh lebih bagus dan lebih cepat rapi giginya jika memakai behel cekat terlebih dahulu..karena perawatannya lebih terkontrol

  • ayik
    Posted 18/05/2015 at 12:39 0Likes

    selamat siang, biaya buat pasang retainer berapa ya?
    Terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 19/05/2015 at 09:46 0Likes

      selamat pagi Ayik..
      saya cindhy dari shiny smile dental clinic..
      maaf..kami baru cek comment dari Ayik..
      untuk pemasangan retainer saat ini di klinik kami sekitar RP 400.000 untuk tiap rahangnya…

      ada yang bisa kami bantu lagi?
      terima kasih telah mengunjungi website kami dan merespons artikel yang kami buat 🙂

    • cintami
      Posted 09/08/2016 at 10:51 0Likes

      Kk di klinik tmn ku pasang retener 300 rb per rahang kl atas bawah 600 rb jika minat call di 0822-1187-1884 a.n cintami

  • candra
    Posted 30/05/2015 at 12:38 0Likes

    Untuk alamat kliniknya dimana ya

    • shinysmile168
      Posted 01/06/2015 at 12:21 0Likes

      selamat siang Pak Chandra..
      alamat klinik gigi kami di jalan wisma permai barat 1 blok LL nomor 24 surabaya Pak

      • agus
        Posted 27/01/2018 at 11:00 0Likes

        Dijual g retainerny???

  • ARDY
    Posted 01/06/2015 at 11:18 0Likes

    Pagi, mau Tanya berapa biaya untuk buat dan pasang Aligner ?
    terima kasih

    • shinysmile168
      Posted 01/06/2015 at 12:57 0Likes

      selamat siang Pak Ardy..
      kalau boleh saya lihat kasus giginya dulu Pak..karena tidak semua kasus gigi dapat memakai aligner..
      apakah memungkinkan untuk Pak Ardy datang ke klinik gigi kami?

  • ARDY
    Posted 03/06/2015 at 08:53 0Likes

    Selamat pagi,
    menyambung pertanyaan saya, kasus saya yaitu ketika saya berobat pada dokter gigi untuk mengikat/splint 1 gigi atas yang goyang….namun dokter tersebut berpendapat bahwa splint pakai fiber tidak akan stabil dan harus menggunakan kawat behel dan akhirnya terpasang behel pada rahang atas saja.
    sampai saat ini saya merasa tidak nyaman memakai behel dan ada rasa takut, sekarang sudah berjalan +/- 2 bulan dan saya untuk memutuskan untuk di buka behelnya dan mengikat gigi yg goyang dengan fiber splint.
    pertanyaan saya,apakah behel yg sudah terpasang 2 bulan bisa dilanjutkan dengan memakain retainer atau aligner ? mohon di info.
    terima kasih.

    • shinysmile168
      Posted 03/06/2015 at 12:48 0Likes

      SELselamat siang Pak Ardy..
      maaf sebelumnya Pak..apakah Pak Ardy bersedia untuk dilihat dulu kondisi giginya oleh dokter gigi di klinik kami?
      untuk konsultasi langsung di klinik kami tidak dikenakan biaya kok Pak..

  • ARDY
    Posted 04/06/2015 at 12:41 0Likes

    Mohon maaf, kliniknya ada dijakarta ga ? saya baru baca kliniknya di Surabaya ya ?
    satu pertanyaan, mana yang lebih tepat jika Gigi goyang splinting pakai behel atau non behel/ fiber.

  • ARDY
    Posted 04/06/2015 at 12:43 0Likes

    Mohon maaf, kliniknya ada dijakarta ga ? saya baru baca kliniknya di Surabaya ya ?
    satu pertanyaan, mana yang lebih tepat jika Gigi goyang splinting pakai behel atau non behel/ fiber.
    Karena yg saya tahu jika memakai behel ada tekanan terhadap gigi, apakah yang mempengaruhi jika gigi goyang di splint dengan behel ? demikian.
    terima kasih.
    salam.

    • shinysmile168
      Posted 04/06/2015 at 16:50 0Likes

      maaf Pak..klinik kami sementara ini hanya ada di Surabaya..
      untuk gigi splinting tidak disarankan untuk memakai bracket, karena pemakaian bracket pada gigi splinting akan menyebabkan gigi makin goyang

      • ARDY
        Posted 05/06/2015 at 11:24 0Likes

        Dikirain ada di Jakarta juga kliniknya, jadi yang tepat gigi goyang harus di splinting dengan Fiber ? bukan dengan bracket ?
        karena saat ini saya, ada gigi goyang di atas namun dokter gigi saya memakai bracket sebagai splinting….jadi salah ya ? lalu jika bracket yg sudah dipasang selama 2 bulan dan di lepas,apakah tidak apa2 ?
        thanks, ardy

        • shinysmile168
          Posted 05/06/2015 at 14:39 0Likes

          selamat sore Pak Ardy…maaf Pak..
          mengenai advice kami yang tadi..itu hanya sebatas gambaran dari kasus yg Bapak informasikan kepada kami..karena kami tidak melihat secara langsung kondisi gigi Pak Ardy..
          tapi alangkah lebih baiknya jika dokter gigi di klinik kami dapat melihat secara langsung kasus gigi yang Bapak miliki..

  • salma
    Posted 15/06/2015 at 21:15 0Likes

    Bu saya mau nanya. Kalo saya ada retainer tapi gak saya saya pake. Nah gigi saya lumayan tonggos lagi. Kalo saya skrng gunain lagi buat boleh gak bu? Eeknya gigi saya bisa mundur lagi gak? Makasih bu

    • shinysmile168
      Posted 16/06/2015 at 15:26 0Likes

      selamat sore bu Salma..
      menjawab pertanyaan Bu Salma mengenai retainer gigi…
      menurut kami…dicoba saja dulu Bu..
      karena biasanya kalau retainer sudah lama tidak digunakan..ukurannya sudah tidak sesuai dengan bentuk gigi geligi Ibu yg sekarang.. tapi dicoba dulu saja retainernya

  • salma
    Posted 15/06/2015 at 21:23 0Likes

    Bu saya mau bertanya. Dulu saya pernah pakai behel. Lalu saya lepas. Pas di lepas saya disuruh pake retainer. Berhubung pake retainer gak enak. Jadi gak saya gunain bu selama satu tahun. Karena gak di pake pake gigi saya maju lagi bu. Kalo saya pake retainernya lagi bakalan ngaruh gak bikin gigi saya mundur lagi?? Terima kasih bu. Tolong di jawab ya bu.

    • shinysmile168
      Posted 16/06/2015 at 15:28 0Likes

      dicoba dulu Bu retainernya..kalau memang bisa pas dan masih ada tempat di giginya masih ada kemungkinan giginya bisa mundur lagi..tapi dicoba dulu ya Bu retainernya..

      terima kasih telah mengunjungi website kami 🙂

  • sarini
    Posted 15/06/2015 at 21:49 0Likes

    selamat malam , saya kan punya gigi gingsul dua di atas nah gigi saya yang tengah itu kurang rapi ,apa bisa pakai behel tapi gingsulnya tetap ada ? terimakasih ☺

    • shinysmile168
      Posted 16/06/2015 at 15:31 0Likes

      selamat sore Bu Sarini..

      terima kasih sebelumnya..sudah mengunjungi website klinik kami..

      menjawab pertanyaan dari Bu Sarini mengenai gigi gingsul tetap ada setelah memakai behel
      iya bisa bu kalau tetap ingin ada gingsulnya..tapi apakah tidak sayang Bu?
      karena tujuan dari pemakaian behel terutamanya untuk merapikan semua susunan gigi geligi

  • sarini
    Posted 17/06/2015 at 07:32 0Likes

    oh begitu ,terimakasih.
    sayang si ,tapi saya takut pas gigi saya rata malah lebih tidak indah dari susunan gigi sebelumnya hehe
    oh ia kalo untuk harganya apakah sama atau berbeda kalo begitu?
    terima kasih

    • shinysmile168
      Posted 17/06/2015 at 10:55 0Likes

      untuk tetap ada gingsulnya setelah pemakaian behel..harganya sama Bu dengan gigi yang diratakan secara keseluruhan

      terima kasih atas responnya 🙂

  • Anissa NJ
    Posted 27/06/2015 at 20:22 0Likes

    Dok kan saya dulu pake bracket ya . trus saya pake retainer mungkin sudah 1,5 th dok . nah 3minggu terakhir ini saya gak pake retainer nya . skrg saya coba pake lg tp yang rahang bawah agak susah . geraham kiri saya sakit . apa sebaiknya dipakai lg atau gmn ya dok? Saya takut gigi saya yang bawah kembali seperti awal

    • shinysmile168
      Posted 29/06/2015 at 11:09 0Likes

      selamat siang mbak Annisa..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic

      dicoba untuk dipakai dulu ya mbak..karena retainer kalau sudah dilepas 1 minggu saja akan sangat memungkinkan sudah tidak bisa dipakai lagi, karena posisi gigi sudah sedikit berubah..
      kalau memang sudah tidak bisa dipakai..dengan terpaksa harus buat retainer yg baru mbak..

      demikian advice dari kami..dimohon untuk konsultasi dengan dokter gigi yang membuatkan mbak Annisa retainer terlebih dahulu sebelum membuat retainer lagi..

      terima kasih

      • Nurhayati
        Posted 05/01/2018 at 06:36 0Likes

        bu saya kan udah 3 tahun pasang kawat gigi tapi belum lepas
        Saya pasang pehel di tukang gigi
        Ap bisa pasang ritaener di tempat lain.

  • Lina Chandra
    Posted 28/06/2015 at 18:53 0Likes

    Hallo Pak..

    Anak saya sudah 2.5 tahun ini memakai behel (dimulai sejak umur 9 thn). Dikarenakan gigi depan sedikit maju.

    Saya ingin behel segera dilepad krn mempengaruhi bentuk wajahnya. Tapi dokter bilang harus menunggu geraham tumbuh.
    Benarkah demikian.

    Mohon advicenya.

    terima kasih.

    • shinysmile168
      Posted 29/06/2015 at 11:18 0Likes

      selamat siang Bu Lina..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic

      mohon maaf sebelumnya Bu..kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat kasus giginya..
      sebelum memutuskan hal yang besar..dimohon untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi yang memasang bracket anak Bu Lina..
      sekali lagi kami memohon maaf ya Bu..

  • disn
    Posted 04/07/2015 at 09:59 0Likes

    Dok mau tanya kegunaan retainer bawah yg permanen untuk apa ya?dan klo sudah menggunakan retainer lepas selama setahun apakah gigi akan berubah lagi atau tidak,terima kasih.

    • shinysmile168
      Posted 04/07/2015 at 13:59 0Likes

      selamat siang…
      maaf Pak / bu..retainer yg biasa kami gunakan bukan yg permanen..tapi yg lepasan..gunanya untuk menjaga agar posisi gigi geligi yang telah dirawat dengan bracket cekat tetap pada posisinya yg sudah diatur dengan rapi..
      jika retainer yg telah digunakan selama 1 tahun dilepas..posisi gigi geligi akan sangat memungkinkan untuk berubah kembali Pak / Bu..
      tapi mohon maaf sebelumnya..karena dokter gigi di klinik kami harus melihat dulu kondisi dari gigi geligi Bapak / Ibu sebelum memberikan advice..

      terima kasih telah mengunjungi website shiny smile dental clinic 🙂

  • miraa
    Posted 07/07/2015 at 16:06 0Likes

    mau tanya, shinysmiledentalclinic udah ada cabang di batam belum ya?? thanks

    • shinysmile168
      Posted 08/07/2015 at 09:23 0Likes

      selamat pagi Bu Mira..

      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      maaf Bu..klinik kami masih ada di surabaya saja

  • Yeremia
    Posted 08/07/2015 at 01:09 0Likes

    Dok mau tanya, saya kurang dari setahun ini telah melaksanakan lepas behel, saya juga diberi oleh dokter saya retainer, tapi yang transparan, tapi selang 4 bulan yg lalu, setelah lepas behel retainer gigi atas saya hilang, karna sedang terbatas biaya, jadi ayah saya tdk mau menelfon dokter saya dulu, jadi sekitar 9 bulan an lah saya tidak pernah memakai retainer transparan saya yg atas, saya juga mengakui gigi saya juga sedikit berubah dr setelah dicopot, lalu apakah yang harus saya perbuat ya dok, apakah gigi saya masi bisa kembali lagi? Tolong dijawab ya dok, terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 08/07/2015 at 09:27 0Likes

      selamat pagi Yeremia…

      terima kasih telah mengunjungi website shiny smile dental clinic…

      menjawab pertanyaan Yeremia tadi..lebih baik dibicarakan dulu dengan dokter gigi yang dulu memasang bracket dan retainer untuk Yeremia…
      karena kalau retainer tidak dipakai sudah lama..kemungkinan untuk posisi gigi berubah memang sangat besar..
      karena retainer seharusnya dipakai rutin setelah perawatan bracket yg cekat dilepas..

  • Rahmah
    Posted 13/07/2015 at 09:54 0Likes

    Dok, saya mau tanya, kalo pake retainer ini bisa lepas pasang gak dok? Soalnya saya malu kalo pake ini keluar rumah, jadi dipakenya kalo ada di rumah dan ketika tidur

    • shinysmile168
      Posted 13/07/2015 at 16:17 0Likes

      selamat sore mbak Rahmah..

      terima kasih telah mengunjungi website kami..shiny smile dental clinic

      iya mbak,,retainer memang bisa dilepas pasang…
      anjuran terbaiknya memang digunakan setiap hari mbak..
      tapi bisa juga digunakan pada saat tidur malam

      demikian advice dari kami…
      terima kasih

  • ami
    Posted 17/07/2015 at 01:56 0Likes

    Dok, aku udh pake behel kira2 3taunan. Terus setelah lepas bracket, disuruh pake retainer. Aku males pakenya, eh pas sekalinya make setelah sekian lama gadipake, gigi rahang bawahku rasanya ngilu banget. Aku harus terus lanjutin pake apa gimana yah? thank u:)

    • shinysmile168
      Posted 29/07/2015 at 08:35 0Likes

      selamat pagi mbak Ami..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…
      kalau mbak Ami bersedia..bisa datang langsung ke tempat praktek kami..untuk dilihat dulu kondisi giginya oleh dokter gigi kami mbak…
      karena kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat kondisi giginya mbak Ami yg ngilu..

  • Sera
    Posted 20/07/2015 at 14:57 0Likes

    Siang bu mau bertanya. Untuk gigi taring yang berukuran kecil sehingga membuat jarang yang lebar, apakah bisa diperbesar ukurannya?

    • shinysmile168
      Posted 29/07/2015 at 08:39 0Likes

      selamat pagi mbak Sera..
      terima kasih telah mengunjungi website shiny smile dental clinic

      kalau mbak Sera bersedia..apa bisa datang langsung ke klinik kami untuk dilihat secara langsung oleh dokter gigi kami mengenai kondisi gigi yg mbak Sera tanyakan..
      karena kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat secara langsung kondisi giginya mbak Sera..

  • Rita
    Posted 29/07/2015 at 09:06 0Likes

    Saya sudah menggunakan bracket selama kurang lebih 7 tahun karena harus mereposisi rahang. Oleh dokter bracket sudah disarankan untuk dilepas, karena hasil sudah baik dan dilanjutkan dengan pemasangan retainer. Namun saya masih bingung apakah

  • Rita
    Posted 29/07/2015 at 09:08 0Likes

    Maaf saya belum selesai menuliskan pertanyaan sudah ter post…

    Dokter memberikan dua alternatif retainer, yang permanent dan lepasan. Apa perbedaan dan keuntungan keduanya, dan sebaiknya menggunakan retainer jenis yang mana ya dokter?

    • shinysmile168
      Posted 29/07/2015 at 16:38 0Likes

      selamat sore Bu Rita…
      terima kasih telah mengujungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      menjawab pertanyaan dari Bu Rita..
      mengenai perbedaan dan keuntungan pemakaian retainer permanen dan lepasan..

      pada dasarnya..fungsi keduanya sama Bu..
      hanya saja lebih menguntungkan retainer yg lepasan..karena bisa dibersihkan pada saat dilepas..
      untuk retainer yg permanen tidak bisa dibersihkan Bu..

  • yuli
    Posted 29/07/2015 at 21:12 0Likes

    Selamat mlm, saya mau tanya kan saya bntar lagi mau lepas behel saya, soalnya saya mau pindah tmpt tinggal nah sygnya gigi bawah saya belum terlalu rapi dan masih ada yg renggang. Tpi nanti kan saya pake retainer, apakah retainer itu bakal ngebantu ngerapihin gigi bawah saya yg agak longgar apa ngga? Trmksh☺

    • shinysmile168
      Posted 31/07/2015 at 09:47 0Likes

      selamat pagi Bu Yuli…
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      menjawab pertanyaan dari Bu Yuli..
      maaf sebelumnya Bu..kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat secara langsung kondisi dari gigi bawahnya Bu Yuli..
      namun kalau hanya sekedar renggang saja..retainer bisa berfungsi untuk merapikan gigi bawahnya Bu Yuli..
      kalau Ibu bersedia..Ibu bisa datang ke klinik kami untuk dilihat secara langsung kondisi giginya Bu Yuli oleh dokter gigi di klinik kami Bu..
      konsultasi saja tidak dikenakan biaya kok bu..

      terima kasih

  • nadila
    Posted 18/08/2015 at 17:26 0Likes

    sore dok 🙂
    saya mau tanya range harga pasang braket di shinysmile berapa ya buat satu rahangnya?

    • shinysmile168
      Posted 20/08/2015 at 10:30 0Likes

      selamat pagi Bu Nadila…

      terima kasih telah mengunjungi dan merespons website shiny smile dental clinic..

      mengenai harga bracket yg bisa dipasangkan di klinik kami..ada bermacam-macam Bu..
      karena tergantung dari jenis bracket yg akan dipasangkan..

      mnegenai informasi yg lebih lengkapnya..Bu Nadila bisa datang ke klinik kami untuk konsultasi langsung dengan dokter gigi kami..
      konsultasi saja..tidak dikenakan biaya kok Bu…tidak jadi pasang di tempat kami, hanya konsultasi saja tidak apa-apa kok Bu..

      terima kasih

  • Diahk
    Posted 20/08/2015 at 17:07 0Likes

    Selamat siang. Saya memakai retainer sudah 2 tahun. Tapi di tahun ke dua, saya jarang memakainya. Anjuran dokter saya selama 4thn harus dipakai alldays. Saya memakainy hanya malam saja itupun kadang saya lepas. Memang sih ketika memakainya lagi gigi saya merasakan ngilu. Menurut dokter apakah saya harus konsultasi lagi atau harus memakainya setiap hari lagi? Thanks.

    • shinysmile168
      Posted 21/08/2015 at 10:10 0Likes

      selamat pagi mbak Diah..

      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan dari mbak Diah..
      saran dari kami..lebih baik dikonsultasikan lagi mbak dengan dokter giginya mbak Diah..
      karena retainer memang harus selalu dipakai mbak..paling tidak memang saat tidur malam setiap hari…
      karena retainer kalau tidak dipakai dalam jangka waktu beberapa hari saja..kemungkinan besar ukurannya sudah tidak sesuai dengan gigi mbak Diah…

      demikian advice dari kami..
      semoga berkenan untuk mbak Diah..
      terima kasih

  • lisaa
    Posted 22/08/2015 at 01:44 0Likes

    dok saya ingin bertanya . sebelumbya saya sudah pernah menggunakan bracket pada rahang atas saya karena gigi pada rahang atas jarang jarang. setelah lepas gigi saya menjadi rapih dan bagus lalu skrg saya rutin menggunakan retainer lepasan. tp setelah diperhatikan rahang atas saya terlihat sedikit maju dan gigi tertarik ke arah dalam. saya ingin menggunakan behel lg.pertanyaan saya jika saya menggunakan behel lg untuk rahang atas apa tidak ada efeknya? lalu apakan gigi saya akan di cabut untuk memperoleh ruang . sedangkan gigi bungsu pada rahang atas saya blm tumbuh sehingga jumlah gigi saya 12 jika di cabut sisa 10. jika gigi pada rahang atas saya di cabut apakah pada rahang bawah juga harus di cabut? dan harus menggunakan bracket jg? sedangkan gigi bawah saya sudah bagus dan rapih . tp gigi bawah saya berjumlah 14 jika tidak dicabut dan gigi atas saya berjumlah 10 jika di cabut dan di pasang bracket apa tidak masalag dok???
    terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 22/08/2015 at 08:20 0Likes

      selamat pagi Bu Lisa..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan-pertanyaan dari Bu Lisa..
      apakah Bu Lisa bisa datang ke klinik kami untuk dilihat dulu kondisi gigi dan rahangnya oleh dokter gigi kami…
      karena kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat kondisi gigi dan rahangnya terlebih dahulu Bu…agar tidak terjadi kesalahpahaman..
      untuk konsultasi saja di tempat praktek kami tidak dikenakan biaya kok Bu..free..

      terima kasih atas kesediaannya untuk merespon website..dimohon untuk dipertimbangkan terlebih dahulu ya Bu.. 🙂

  • alex
    Posted 30/08/2015 at 04:01 0Likes

    salam,
    saya ingin bertanya ttg retainer
    untuk harga retainer untuk rahang atas berapa ya??
    kebetulan punya saya rusak.
    TQ sebelumnya

    • shinysmile168
      Posted 31/08/2015 at 10:36 0Likes

      selamat siang Pak Alex..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari pak Alex..di klinik kami untuk retainer per rahangnya saat ini dikenakan 400 ribu rupiah pak..
      kalau pak Alex bersedia..bapak datang ke klinik kami untuk konsultasi langsung dengan dokter gigi kami jika ingin membuat retainer di klinik kami..

      terima kasih

  • yuli
    Posted 02/09/2015 at 21:44 0Likes

    Slmt malam, saya ingin bertanya kan saya udh sekita 1 bln ini lepas behel trs udh lepas saya seminggu setelah nya langsung pake retainer yg atas nya krn wktu itu yg bwh nya ga pas sm gigi. Udh gitu saya dibuatin lgi dan dikirim soalnya saya pindah k luar kota, tapi masalahnya retainer yg bawah itu ga se nyaman yg diatas mksd nya retainernya tuh rada ga klop bgt gitu ke gigi nya. Itu gmn ya kira2? Apa itu ngasih efek ke gigi apa ngga? Dan sebaiknya retainer bawah itu saya gunakan apa ngga? Trmksh

    • shinysmile168
      Posted 04/09/2015 at 08:39 0Likes

      selamat pagi Bu Yuli…
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website kami…

      mengenai pertanyaan dari Bu Yuli..
      untuk retainer rahang bawah yg kurang pas dengan giginya..kalau memang retainernya tidak bisa pas saat dipasang ke gigi bawahnya..
      lebih baik dibuatkan yg baru Bu..karena setiap pembuatan retainer harus dengan cetakan model gigi yg terbaru Bu agar pas saat dipasangkan ke giginya..dan memang retainer harus digunakan setiap hari setelah behel cekat dilepas..
      tapi dicoba dulu untuk digunakan ya Bu retainer bawahnya dan dikonsultasikan lagi dengan dokter gigi yg membuatkan retainernya ya Bu..

      demikian advice dari kami..semoga dapat bermanfaat untuk bu Yuli..
      terima kasih

  • Akbar
    Posted 03/09/2015 at 14:39 0Likes

    Gigi saya agak maju sedikit, saya belum pernh pake kawat yg permanen, bila pke retainer apa bisaa mengatasi gigi saya yang maju sedikit ? Mksh:)

    • shinysmile168
      Posted 04/09/2015 at 08:50 0Likes

      selamat pagi Pak Akbar..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan Pak Akbar..
      bisa pak menggunakan retainer..tapi tidak bisa semaksimal seperti kawat permanen..karena retainer adalah kawat lepasan..
      kalau bapak bersedia..bapak bisa datang konsultasi langsung dengan dokter gigi kami..untuk dilihat dulu kondisi giginya..
      untuk konsultasi saja tidak dikenakan biaya kok Pak..tapi dimohon untuk appointment terlebih dahulu sebelum datang ke klinik kami..

      terima kasih

  • lidya
    Posted 03/09/2015 at 14:47 0Likes

    Sy ingin brtnya
    Sya psang bhel sdh 1 thn tpi hnya gigi atas, tpi 2 ggi bgian blkang tdk dpsangi bhel. Dn ggi atas yg tdk d psngi bhel slah stunya d cbut krna mahkotanya pcah.
    Skrg ada ruang bkas ggi yg dcbut, sy ingin lpas bhel krna sdh hmpir 9 bln sy tdk prnh kntrol lgi soalny sdh pndah kluar kota.
    Apakah lepas behel bsa didokter lain yg bkn mmsang bhel prtma kli?
    Jka d lpas ggi sy akan brgeser mnmpti ruang ksong mski memakai retainer?
    ataw sy prlu mnambah ggi plsu di tmpt ksong bkas ggi d cbut?

    • shinysmile168
      Posted 04/09/2015 at 08:56 0Likes

      selamat pagi Bu Lidya..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Lidya..
      saran dari kami..sebelum dilepas behelnya lebih baik dikonsultasikan dulu Bu dengan dokter gigi yg memasangkan behel untuk Bu Lidya..
      karena pelepasan behel adalah hal yg besar..meskipun pelepasan behel bisa dilakukan oleh lain dokter..
      mengenai penambahan gigi palsu..dokter gigi kami harus melihat dulu Bu kondisi giginya Bu Lidya..
      karena kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat kondisi giginya secara langsung..

      demikian advice dari kami..semoga dapat menjadi pertimbangan untuk Bu lidya sebelum melepas behel permanennya..karena harus dipikirkan secara matang..
      terima kasih 🙂

  • loecyana
    Posted 05/09/2015 at 11:01 0Likes

    Dok..sy mau tnya..saya udh 5th pake behel..trz sy lepas..hbis itu sy disuruh pake retainer..mslhnya..retainernya sakit klo dipkai..trz nglepasnya jg sgt susah klo pas mau pake mzti pngen nangis krna sakut..pertanyaan sy..ap yg sbaiknya sy lakukan dok utk mengatasi mslh itu…trz bahan yg baik dlm retainer spy nyaman dan mudah di pake itu ap..mksih sblmnya..

    • shinysmile168
      Posted 08/09/2015 at 10:16 0Likes

      selamat pagi Bu Loecyana…
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan dari Bu Loecyana..
      saran dari kami lebih baik hal tersebut dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi yg membuatkan Ibu retainer…
      bahan retainer lepasan biasanya terbuat dari akrilik Bu..
      kalau yg lebih tidak terasa sakit adalah menggunakan invisalign seperti plastik bening yg ukuran sesuai dengan gigi geligi Ibu..
      tapi retainer lepasan bentuk kawat saat ini adalah salah satu solusi terbaik untuk dipasangkan setelah menggunakan bracket cekat…

      demikian advice dari kami..semoga dapat bermanfaat untuk Bu Loecyana…
      terima kasih 🙂

  • henli
    Posted 07/09/2015 at 13:17 0Likes

    selamat siang, sy baru saja buat retainer.. bahan ny pink tranparan ada gliter2 (bintik wrna warni) gitu dan terlihat kurang meyakinkan menurut sy.. apakah memang ada bahan untuk retainer yg seperti itu dan aman untuk digunakn? terima kasih..

    • shinysmile168
      Posted 08/09/2015 at 10:21 0Likes

      selamat pagi Bu Henli…
      teirma kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Henli…
      bahan retainer lepasan yg berkawat memang pada umumnya berwarna pink..yg terbuat dari akrilik dan memang digunakan untuk plat retainer atau gigi palsu yg menggunakan plat..mengkilap normal tanpa gliter..
      mungkin gliter ditambahkan sendiri oleh pembuat retainernya Bu..
      karena setahu kami..plat retainer berwarna pink tanpa mengkilap gliter Bu…

      demikian advice dari kami…semoga dapat berkenan untuk Bu Henli..
      terima kasih

  • santy
    Posted 08/09/2015 at 17:21 0Likes

    Dok saya mau tny dulu saya pernah padang behel dan setelah lepas disuruh pasang retainernya yg transpara selama 2 thn oleh dkternya dan saya ikutin saran dr dktr itu..tp saya merasa skrg gigi saya sdkt berubah.apakah bisa kalau misalnya saya pasang lagi retainer baru?krn yg lama sudah rusak.thx

    • shinysmile168
      Posted 09/09/2015 at 08:18 0Likes

      selamat pagi Bu Santy..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Santy..
      bisa Bu membuat retainer yg baru lagi..dan saran dari kami lebih baik memakai retainer lepasan yg kawat..
      karena retainer lepasan yg kawat lebih bagus untuk mempertahankan posisi gigi geligi setelah pemakaian kawat gigi cekat..

      demikian advice dari kami..semoga dapat bermanfaat untuk Bu Santy..
      terima kasih

  • santy
    Posted 09/09/2015 at 09:24 0Likes

    Terimakasih dok

    tapi kalau saya pake lg retainer yg kawat apa bisa memperbaiki kembali gigi saya ?
    Thx

    • shinysmile168
      Posted 09/09/2015 at 12:02 0Likes

      iya bisa Bu…tapi hasilnya tidak bisa semaksimal seperti penggunaan kawat gigi yg cekat ya Bu..
      saran dari kami..lebih baik dikonsultasikan dulu dengan dokter gigi yg membuatkan retainer Bu Santy..
      atau kalau ibu mau..ibu bisa datang ke klinik kami untuk konsultasi dengan dokter gigi kami agar dilihat dulu kondisi giginya..
      untuk konsultasi saja gratis kok Bu..tidak harus membuat retainer di klinik kami 🙂
      kondisi giginya dilihat dulu oelh dokter gigi kami..agar dokter gigi kami dapat menyarankan solusi terbaik untuk kasus gigi Bu Santy 🙂

      terima kasih 🙂

  • santy
    Posted 10/09/2015 at 07:55 0Likes

    Saya posisi dijakarta..apa ada buka cabang dijkt?
    Dok harga retainer kawat kira2 berapa?
    Tq

    • shinysmile168
      Posted 10/09/2015 at 14:17 0Likes

      selamat siang Bu Santy…
      maaf Bu..klinik gigi kami masih ada di surabaya saja…
      untuk retainer di klinik kami lebih sering menggunakan yg kawat..per rahangnya dikenakan Rp 400.000 Bu…

  • ferry
    Posted 23/09/2015 at 21:21 0Likes

    malam dok, saya mau konsul,, gigi saya kan tidak rapih, belom pernah menggunakan kawat gigi, untuk merapihkan apa boleh menggunakan retainer langsung tanpa penggunaan kawat gigi..?

    • shinysmile168
      Posted 25/09/2015 at 08:49 0Likes

      selamat pagi Pak Ferry..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mohon maaf sebelumnya ya pak..kemarin klinik kami libur,,jadi baru bisa baca dan balas comment dari pak Ferry..
      mengenai pertanyaan dari pak Ferry…

      bisa pak menggunakan retainer..tapi hasilnya tidak bisa semaksimal memakai kawat gigi yg permanen atau bracket…
      saran dari kami alangkah lebih baiknya untuk menggunakan bracket pak..agar hasilnya bisa lebih maksimal untuk merapikan gigi geligi pak Ferry…

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat bermanfaat untuk pak Ferry..
      terima kasih

  • Paulina
    Posted 26/09/2015 at 22:21 0Likes

    Halo sy mau tny retainernya 1 macam apa 2 macam(pagi & malam) ya dok? Soalnya di drg st ktnya beda retainer antara siang & malam? Bahan retainernya keras / lentur dok? Thx

    • shinysmile168
      Posted 28/09/2015 at 08:32 0Likes

      selamat pagi Bu Paulina..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Paulina..
      di klinik kami hanya menggunakan retainer yg berkawat Bu (yg keras)..bukan retainer yg bahannya lunak..
      penggunaannya seharusnya setiap hari Bu..tanpa dilepas kalau memang pasien kurang nyaman dalam menggunakannya..biasanya hanya digunakan waktu tidur malam Bu..

      demikian advice dari kami…
      semoga dapat berkenan dan bermanfaat untuk Bu Paulina..

      terima kasih

  • Putri
    Posted 11/10/2015 at 16:36 0Likes

    Sore dok.. Sy sdh lepas behel seminggu yg lalu. Tp retainer yg sya pesan blm jadi2.. Kira2 gigi saya bakal berubah lgi gaa dok? Krn tdk secepatnya pake retainer.

    • shinysmile168
      Posted 12/10/2015 at 11:32 0Likes

      selamat siang mbak Putri…
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan dari mbak Putri..
      memang biasanya dalam jangka waktu seminggu retainer sudah dipasang mbak..
      coba ditanyakan lagi ke dokter gigi tempat mbak Putri pesan retainernya..

      demikian jawaban dari kami..
      semoga dapat berkenan untuk mbak Putri..

      terima kasih 🙂

  • Septi
    Posted 18/10/2015 at 14:18 0Likes

    mau tanya dok..
    Saya udh pake behel lebih dr 5 th, pernah mutasi ke luar kota slama 2tahun, selama perawatan 2 kali di slising sampe sekarang gigi depan susah sekali turun jd kalo gigit belum bisa, gigi sudah rata cuma ya kaya belum klop gitu antara atas dan bawah, sya minta lepas behel beberapa bulan kedepan krn sdh bosan, mau tanya apa nanti kalo pake retainer kalopun rutin dipake ada kemungkinan buat renggang krn 2 jali slissing, pake retainer baiknya berapa tahun agar ggi tidak renggang dok? Lepas behel ada rasa takut kalo gigi bakal relaps…
    Terima kasih

    • shinysmile168
      Posted 19/10/2015 at 14:03 0Likes

      selamat siang Bu Septi..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan Bu Septi..
      kalau masalah renggangnya, kalau retainer dipakai terus..kemungkinan untuk renggang ada tapi sedikit sekali..
      sebaiknya retainer dipakai minimal 2 tahun..lebih lama lebih bagus Bu..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat bermanfaat untuk menjadi pertimbangan Bu Septi sebelum melepas behelnya..

      terima kasih 🙂

  • Poppy
    Posted 26/10/2015 at 10:15 0Likes

    Slmt siang dok.. saya mau tanya
    Saya sdh pakai behel hampir 3thn dah mulai merasa bosan. Saya ingin copot bagian atas saja lalu pakai retainer..tp yg bawah tidak sy copot behel dl..apakah ada pengaruh? Atau aman2 saja? Trmksh

    • shinysmile168
      Posted 26/10/2015 at 15:37 0Likes

      selamat sore Bu Poppy..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan dari Bu Poppy..
      kami harus melihat kondisi gigi dari Bu Poppy secara langsung..agar tahu kasus gigi Bu poppy seperti apa..
      sebelum kami memberikan advice kepada Bu Poppy..
      agar tidak terjadi kesalahpahaman..
      kalau ibu bersedia..ibu bisa datang ke klinik gigi kami..untuk konsultasi saja tidak apa-apa kok Bu..
      konsultasi saja tidak dikenakan biaya..

      terima kasih

  • risaa
    Posted 26/10/2015 at 14:46 0Likes

    Harga pasang bracket di klinik anda berapa? Check up tiap minggu kah? Biaya check up brp?

    • shinysmile168
      Posted 26/10/2015 at 15:41 0Likes

      selamat sore Bu Risaa..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Risaa..
      kalau ibu tidak berkeberatan..apakah kami boleh melihat terlebih dahulu kondisi giginya ya Bu?
      kalau ibu bersedia..ibu bisa konsultasi langsung dengan datang ke klinik gigi kami..
      kami akan menjelaskan mengenai semua jenis bracket yg ada di klinik gigi kami dan juga harga-harganya..berserta penjelasan mengenai waktu kontrol dan biaya yg dikenakan tiap kontrolnya..
      konsultasi saja tidak dikenakan biaya kok Bu 🙂
      mengenai waktu kontrol setelah pemasangan..di klinik kami biasanya per bulan Bu kontrolnya..

      semoga advice dari kami dapat menjadi pertimbangan untuk Bu Risaa.. 🙂
      terima kasih

  • rpa
    Posted 15/11/2015 at 10:46 0Likes

    dok emang retainer bisa ngerapiin gigi?

    • shinysmile168
      Posted 16/11/2015 at 15:27 0Likes

      selamat sore Bu Rissa..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Rissa..
      iya bisa Bu retainer untuk merapikan gigi..tapi hanya untuk kasus gigi yang sangat ringan saja Bu..

      terima kasih

  • Fitri
    Posted 16/11/2015 at 13:09 0Likes

    Dok saya mau tanya. Saya udah 3thn memakai behel. Seminggu yg lalu saya baru melepas. Kemudian saya memakai retainer. Baru kemarin saya mencoba memakai retainer. Tapi gigi graham kiri saya terasa sakit. Padahal saat dicoba retainernya sangat pas dengan gigi saya. Mohon advice nya 🙂

    • shinysmile168
      Posted 16/11/2015 at 15:34 0Likes

      selamat sore Bu Fitri..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Fitri..
      kalau retainer sudah dilepas..biasanya memang memerlukan penyesuaian lagi dengan kondisi gigi Ibu..dan pasti akan ada rasa sakit..
      karena kondisi gigi ibu sudah mengalami perubahan karena retainer tidak langsung dipakai setelah lepas behel..
      alangkah lebih baiknya retainer yang ibu miliki dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi tempat ibu melepas behel dan membuat retainer tersebut..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan bagi Bu Fitri..
      terima kasih

  • kahira
    Posted 22/11/2015 at 10:25 0Likes

    Retainer dapat digunakan saat makan atau tidak?saya agak kerepotan kalau harus lepas copot retainer saat makan,karena saya sering ngemil

    • shinysmile168
      Posted 23/11/2015 at 10:01 0Likes

      selamat pagi Bu Kahira..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan ibu..
      untuk retainer yg kawat bisa bu tetap digunakan saat makan..
      tapi untuk retainer yg seperti plastik bening ya tidak bisa digunakan untuk makan bu..

      demikian advice dari kami..
      terima kasih

  • Duanda Gumilar
    Posted 25/11/2015 at 19:43 0Likes

    Dok saya mau tanya. Saya sedang memakai behel,dokter saya bilang dalam waktu dekat akan lepas behel. Dokter saya juga bilang setelah itu harus memakai retainer. Tapi melihat komentar komentar di atas setelah 2 tahun memakai retainerpun susunan gigi ada yang kembali seperti semula tidak rapi. Maka apakah ada batas waktu sebaiknya menggunakan retainer agar gigi tidak kembali seperti awal?terimakasih dok

    • shinysmile168
      Posted 26/11/2015 at 10:52 0Likes

      selamat siang pak Gumilar..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      menngenai pertanyaan dari bapak..
      pemakaian retainer minimal 2 tahun pak..namun semakin lama dipakai semakin baik..tidak ada batas waktu tertentu..
      tapi setelah pemakaian 2 tahun..retainer dapat dipakai rutin setiap hari minimal 2 jam dalam sehari..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan bagi bapak sebelum melepas kawat gigi permanennya ya pak..
      semoga advice kami juga dapat bermanfaat bagi bapak..
      terima kasih

  • Manda
    Posted 25/11/2015 at 22:43 0Likes

    Malam, untuk retainer berapa lama pemakaiannya sampe tidak di perlukan lagi untuk di pakai? Selama pemakaian retainer harus kontrol rutin ke drg?

    Trms.

    • shinysmile168
      Posted 26/11/2015 at 10:55 0Likes

      selamat siang Bu Manda..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari bu Manda..
      pemakaian retainer minimal 2 tahun Bu..namun semakin lama dipakai semakin baik..
      selama pemakaian retainer tidak perlu kontrol ke dokter gigi..selama retainer tidak longgar atau pecah..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat bermanfaat untuk Bu Manda..

      terima kasih

  • rona yunus
    Posted 26/11/2015 at 11:55 0Likes

    Dok, Pemakaian behel pada rahang atas saja apakah tidak apa2 dok? apakah pemakaian behel pada rahang atas saja akan membuat gigi bergerak seperti semula setelah pelepasan behel tersebut?
    Trims

    • shinysmile168
      Posted 26/11/2015 at 16:35 0Likes

      selamat sore Bu Rona..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      sebaiknya behel dipasang rahang atas dan rahang bawah..
      setelah behel dilepas..akan memperkecil kemungkinan untuk berubah seperti semula..jika retainer digunakan secara rutin..

      demikian advice dari kami..semoga dapat menjadi pertimbangan bagi ibu..
      terima kasih

  • Lusiana
    Posted 26/11/2015 at 12:19 0Likes

    Selamat siang dok,apakah retainer harus diganti tiap periode tertentu misalnya sebulan sekali atau tergantung kondisi gigi?untuk retainer kawat apakah juga perlu adanya penggantian periodik?terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 26/11/2015 at 16:38 0Likes

      selamat sore Bu Lusiana..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      untuk pemakaian retainer..tidak perlu penggantian secara periodik..
      hanya perlu diganti kalau retainer rusak..
      untuk retainer kawat juga begitu Bu..penggantian hanya apabila kawat patah atau plat dasar retainer tersebut pecah ..

      demikian advice dari kami..semoga dapat berkenan untuk ibu..
      terima kasih

  • Akmalia
    Posted 29/11/2015 at 23:02 0Likes

    Selamat malam, saya mau tanya, saya menggunakan retainer transparan kurang lebih sudah satu tahun setelah behel dilepas, tapi seringnya saya pakai waktu menjelang tidur malam saja, 3 minggu terakhir ini saya uda jarang pakai dan efeknya gigi depan saya sedikit maju dan berantakan. Akhirnya saya mencoba pakai retainer lagi tapi rasanya ga enak sekali ngilu2, sepertinya antara retainer dan gigi sudah gak cocok. Dulu saya memakai behel di gigi bagian atas dan bawah, tapi sebenarnya yg bermasalah hanya bagian atas (satu gigi depan miring/gingsul), nah saya berkeinginan untuk menggunakan behel lagi tp hanya bagian atas saja, kira2 kalo pasang disni biayanya brp? Terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 01/12/2015 at 11:56 0Likes

      selamat siang Bu Akmalia…
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Ibu..
      kalau ibu bersedia..apakah boleh kami lihat dulu Bu kondisi giginya secara langsung..
      saat konsultasi akan kami jelaskan juga mengenai biaya pemasangan dan jenis-jenis behel yg ada di klinik kami..
      konsultasi saja gratis kok Bu..
      kalau ibu bersedia datang..ibu dapat menghubungi hotline kami yg tertera pada website kami..

      demikian advice dari kami..semoga dapat menjadi pertimbangan untuk Bu Akmalia datang di klinik kami..
      terima kasih

  • Ayu
    Posted 30/11/2015 at 08:52 0Likes

    Saya pke behel hampr 2 tahun. Saya tertarik mlakukan veneer gigi stelah lepas behel. Apakah boleh habis veneer lgsung pake retainer?

    • shinysmile168
      Posted 01/12/2015 at 11:59 0Likes

      selamat siang Bu Ayu..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Ibu..
      kami harus melihat dulu kondisi gigi dari ibu secara langsung..
      karena kami tidak bisa memberikan advice apabila kami belum melihat kondisi gigi ibu..
      dan juga ibu menginginkan veneer yg porcelain atau yg komposit?

      demikian advice dari kami..
      kalau ibu bersedia datang ke klinik kami..ibu dapat membuat jadwal appointment melalui hotline klinik kami yg ada pada website kami..
      terima kasih

  • Jimni
    Posted 06/12/2015 at 07:56 0Likes

    Halo shiny smile dental clinic, saya sudah memakai behel selama 1 tahun lebih, dan kemarin sudah dilepas, susunan gigi saya pun sudah lebih rapi dari sebelumnya, tapi saya tidak dikasih retainer oleh dokter gigi yg menangani gigi saya, saya tanya kenapa, dia bilang sebenanrnya tidak perlu soalnya gigi saya sudah lumayan rapat, bagaimana pendapat shiny smile dental clinic? Apakah lebih baik saya minta dibuatkan retainernya?

    • shinysmile168
      Posted 07/12/2015 at 10:33 0Likes

      selamat pagi Pak Jimni..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari bapak..
      tujuan utama dari penggunaan retainer setelah lepas behel yang cekat adalah agar posisi gigi yg sudah rapi tersebut tidak kembali ke posisi semula..
      alangkah lebih baiknya kalau dikonsultasikan lagi dengan dokter gigi Anda,,agar dibuatkan retainer..
      karena dikhawatirkan gigi yang sudah rapi tersebut kembali ke posisi semula apabila tidak dipasang retainer..

      demikian advice dari kami…
      semoga dapat menjadi pertimbangan untuk Pak Jimni..
      terima kasih

  • Reza H
    Posted 12/12/2015 at 22:38 0Likes

    Selamat malam dok…
    Saya mau tanya, saat ini saya sedang memakai behel dulu pasangnya di jakarta karna kebetulan dulu kerjanya di jakarta, skrg ingin saya lepas karna saya rasa gigi saya sudah rapi. Apakah bisa saya melepas ditempat dokter dan sekalian ingin buat retainer karena skrg kerja saya di surabaya. Trimakasih..

    • shinysmile168
      Posted 15/12/2015 at 16:51 0Likes

      selamat sore Pak Reza..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari bapak..
      kami bisa melepaskannya pak…dan membuatkan retainer,,
      tapi sebelumnya apakah bapak sudah berkonsultasi dengan dokter gigi bapak yg memasangkan behel bapak kalau bapak sudah mau melepas behel?
      karena melepas behel merupakan sebuah hal yg besar..
      tapi kalau bapak bersedia..bapak bisa berkonsultasi dulu dengan dokter gigi kami secara langsung..
      akan kami lihat terlebih dahulu kondisi gigi bapak terlebih dahulu..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan bagi bapak sebelum melepas behel tersebut..

      terima kasih

  • Eka Wahyu
    Posted 13/12/2015 at 18:58 0Likes

    Selamat malam dok, apakah bisa bracket gigi depan saya dilepas dan digeser posisinya? Karena posisinya terlalu kebawah dan membuat saya susah menutup mulut. Saya baru memakai behel beberapa minggu yang lalu. Terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 15/12/2015 at 16:53 0Likes

      selamat sore bu Eka..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic…

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      apakah kami boleh melihat terlebih dahulu kondisi gigi dari ibu..
      karena kami tidak bisa memberikan advice tanpa melihat kondisi giginya terlebih dahulu..
      kalau ibu bersedia..ibu dapat datang ke klinik kami untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi kami..
      konsultasi saja gratis kok Bu..

      terima kasih

  • dhani
    Posted 17/12/2015 at 17:01 0Likes

    Gigi sy goyang yg graham atas trus di iket dngan kawat tp kayaknya gak banyak berpengaruh, apakah di viber splnting bs lebih baik…!? Karna di dokter sebelumnya tidak menyediakan splinting dari viber..
    Apakah dibtempat dokter menyediakan viber splinting.,,?
    Biayanya berapa!?
    Alamat prakteknya d surabaya dimana…!! ?
    Tirakasih

    • shinysmile168
      Posted 18/12/2015 at 11:06 0Likes

      selamat siang Pak Dhani..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      maaf pak..di klinik kami saat ini belum menyediakan viber splinting..
      alamat praktek kami di jl. wisma permai barat I blok LL nomor 24 surabaya..

  • naftali
    Posted 18/12/2015 at 08:54 0Likes

    Selamat siang, saya pakai behel sudah 2 tahun dan baru saja dilepas, hanya untuk pemakaian retainer sangat tidak nyaman untuk bicara, apalagi makan. Kira2 brapa jam minimal setiap harinya retainer harus dipakai supaya gigi saya tidak kembali ke asal atau bergeser lagi. Apa kekurangan retainer permanent, bisa merusak gigikah jika akan dicabut pemakaiannya.

    Terima kasih atas jawabannya.

    • shinysmile168
      Posted 18/12/2015 at 11:09 0Likes

      selamat siang Bu Naftali..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      pemakaian retainer minimal pada saat tidur malam setiap hari bu..
      retainer permanen tidak merusak gigi bu..apabila ibu rajin membersihkan gigi dan retainer tersebut..

      demikian advice dari kami..
      terima kasih

  • Cindy
    Posted 18/12/2015 at 15:45 0Likes

    Hallo selamat sore dok..
    Sya sudah pakai retainer palstik selama 2 tahun, tpi retainer sya ada yg bolong2 gt bagian bawahnya..
    Apakah fungsi retainer masih bisa d gunakan semestinya, Walaupun masih pas d gigi sya tpi sedikit agak longgar sih krn 2 thn tsb sya belum pernah ganti retainer?
    Dan setahun belakangan ini retainer sya pakai ketika tidur sja hari hari jarang sya pakai
    Lalu sya lihat lihat kok gigi sya yg atas agak maju lagi walaupun ga separah dulu..
    Apa sya harus pakai behel lagi?

    • shinysmile168
      Posted 19/12/2015 at 12:00 0Likes

      selamat siang Bu Cindy..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Cindy..
      kalau gigi majunya parah dan tidak bisa dirapikan lagi dengan retainer..berarti harus pakai behel lagi Bu..
      tapi kalau majunya tidak parah..dan masih bisa dirapikan lagi..dengan menggunakan retainer lepasan yg kawat..

      demikian advice dari kami..
      terima kasih

  • ayusyarif
    Posted 24/12/2015 at 09:13 0Likes

    dok, saya sudah melepas behel kira-kira satu tahun yang lalu, saya baru tahu kalo retainer sangat di anjurkan untuk mempertahankan bentuk gigi stlah penggunaan bracket karena tidak diberikan oleh dokter saya. untuk mengembalikan bentuk gigi saya apakah harus menggunakan bracket kmbali atau bisa dgn menggunakan retainer saja?

    • shinysmile168
      Posted 24/12/2015 at 10:00 0Likes

      selamat pgi Bu Ayu..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      mohon dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi yang memasangkan behel Bu Ayu dulu..
      agar dicekkan posisi gigi ibu sekarang seperti apa..
      apabila sekarang posisi gigi sudah berubah tapi tidak terlalu parah..tidak seperti sebelum menggunakan behel..masih bisa dirapikan dengan retainer Bu..karena retainer hanya dapat merapikan sedikit sekali gigi yang tidak rata..
      tapi apabila sekarang posisi gigi ibu sudah berubah banyak..ya harus menggunakan bracket lagi..

      kalau ibu bersedia..ibu dapat datang ke klinik kami untuk konsultasi gigi dengan dokter gigi kami..

      agar dapat dilihat kondisi gigi ibu sekarang apakah perlu pakai bracket lagi atau hanya menggunakan retainer saja..
      karena kami tidak dapat memberikan advice tanpa melihat terlebih dahulu kondisi gigi ibu secara langsung..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan bagi Bu Ayu..
      terima kasih

  • sella
    Posted 04/01/2016 at 22:11 0Likes

    Selamat malam dok sya ingin bertanya , saya sudah memasang behel sekitar 3 tahun. Saya memasang behel hanya pada bagian gigi atas , Saya berniatan ingin melepas behel, katanya kan sehabis melepas behel harus memakai retainer sedangkan gigi saya ada gingsul dok gimana ya apa saya bisa memakai retainer sedangkan gigi saya ada gingsul? Trmakasih; )

    • shinysmile168
      Posted 05/01/2016 at 11:30 0Likes

      selamat siang Bu Sella
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      semua posisi gigi bisa diberi retainer Bu..
      tapi kami juga ingin tahu..tujuan dari ibu menggunakan retainer untuk apa ya Bu?
      apakah tidak sayang kalau behel dilepas padahal posisi gigi belum rata?
      sebelum behel dilepas..saran dari kami..dimohon untuk dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi Bu Sella..tempat yg biasa ibu kontrol behel..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan untuk ibu sebelum behel dilepas..

      terima kasih

  • Dwina
    Posted 05/01/2016 at 18:33 0Likes

    Saya mau tanya dok
    Gigi saya satu ada yg menjorok ke dalam jadi tidak rata sama gigi yang lain tapi cuman satu gigi saja yang menjorok ke dalam itu apa bisa di perbaiki pakai retainer ? Tapi saya belum pernah pakai behel. Terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 06/01/2016 at 09:35 0Likes

      selamat pagi Bu Dwina..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Ibu..
      kami harus melihat terlebih dahulu kondisi gigi dari ibu..
      karena dikhawatirkan versi gigi dari sudut pandang ibu berbeda dengan sudut pandang kami..
      oleh karena itu..alangkah lebih baiknya kalau kami dapat melihat kondisi gigi ibu secara langsung..agar tidak terjadi kesalahpahaman..
      jika ibu tdak berkeberatan..ibu dapat datang ke klinik kami untuk konsultasi dulu..
      konsultasi saja tidak dikenakan biaya kok Bu..gratis..

      jika ibu tertarik..ibu dapat menghubungi hotline kami untuk membuat appointment terlebih dahulu..
      08-223-227-3737

      semoga dapat menjadi pertimbangan untuk ibu..
      terima kasih

  • Wiwin
    Posted 06/01/2016 at 19:08 0Likes

    Mlm dok..
    Sy mau tanya..awalnya gigi depan sy renggang..sm dktr gigi di crown.trnyata hasil gigi tidak sama warnanya..rencana mau saya lepas..itu gimana dok? Mengingat gigi sya sudah diasah sebagian.
    Mhon dijwab.terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 07/01/2016 at 11:13 0Likes

      selamat siang Bu Wiwin..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      saran dari kami..memang harus dilepas Bu kalau mau ganti warna..diganti dengan crown yg baru yg warnanya sesuai dengan yg ibu inginkan..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat bermanfaat bagi ibu..
      terima kasih

      • Wiwin
        Posted 08/01/2016 at 21:23 0Likes

        Tindakan selain di crown lg apa ya dok?

        • shinysmile168
          Posted 09/01/2016 at 09:02 0Likes

          selamat pagi Bu Wiwin..

          maaf bu..tidak ada tindakan selain dicrown..
          karena gigi sudah terlanjur diasah untuk tempat gigi palsu crown

  • Loli
    Posted 08/01/2016 at 18:48 0Likes

    Dok saya mau tanya apakah bisa melakukan perbaikan gigi gingsul tanpa harus pake behel tetapi menggunakan retainer ?

    • shinysmile168
      Posted 09/01/2016 at 08:59 0Likes

      selamat pagi Bu Loli..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      retainer berbeda fungsi dengan behel Bu..
      retainer hanya untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah rapi setelah dibehel..bukan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata..
      sedangkan behel berfungsi salah satunya adalah untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata..
      untuk merapikan gigi gingsul menjadi rata posisinya dengan gigi yang lain..saran dari kami adalah dengan memakai behel Bu..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan untuk Bu Loli..
      terima kasih

  • Ana
    Posted 09/01/2016 at 18:59 0Likes

    Dok, sya rencananya mau lepas behel krn sdh 3thn memakai dan dokter saya bilang sudah maksimal gigi saya ditarik. Yang saya bingung gigi tempat dipasangnya cincin behel agak renggang dgn gigi yg paling belakang padahal sebelumnya gak renggang yg belakang. Saya tanya ke dokter saya katanya gigi paling belakang saya mau dipasang behel juga. Baiknya gimana ya dok, apa gak apa-apa saya lepas behel saya walaupun gigi paling belakang ada yang renggang? Mksh.

    • shinysmile168
      Posted 11/01/2016 at 12:54 0Likes

      selamat siang BU Ana..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      gigi akan tetap renggang meskipun dilepas behelnya..
      kalau ibu mau ya ditunggu sampai giginya rapat Bu..daripada terlanjur dilepas behelnya..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat menjadi pertimbangan untuk Bu Ana sebelum melepas behel..
      terima kasih

  • Fini
    Posted 11/01/2016 at 02:27 0Likes

    Selamat pagi dok ..

    Dok saya mau tanya, saya kan habis lepas behel.. sebelum dilepas, saya konsultasi ke dokternya.. kalo gigi saya yg atas masih pengen mundur lagi bagaimana dok? Dokternya menyarankan untuk di kikir karena saya sudah cabut gigi 4. Karena saya takut ngilu kl di kikir, saya memutuskan tidak usah saja. 2 bulan kemudian dokternya bilang, bulan depan bisa dilepas behelnya karena gigi saya sudah rapi dan rapat, dan menyarankan untuk memakai retainer agar giginya tetap rapi. Tapi setelah dilepas behelnya, gigi yg atas masih kelihatan blm turun banget.
    Pertanyaannya dok, kl sekarang gigi yg atas di kikir.. apa masih memungkinkan bisa mundur lagi? Soalnya model gigi saya yg atas besar-besar. Sekarang saya pakai retainer yg lepasan tp dipakainya bila malam saja karena tdk nyaman waktu bicara bila digunakan 24jam.

    Terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 11/01/2016 at 12:56 0Likes

      selamat siang Bu Fini..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      kalau kami boleh tahu..retainer lepasan yang digunakan yg kawat lepasan atau yang bening seperti plastik ya Bu?

  • Fini
    Posted 11/01/2016 at 02:38 0Likes

    Selamat pagi dok

    Dok saya mau tanya, saya habis lepas behel.. tp setelah dilepas gigi yg atas blm turun bgt. Kl sekarang gigi atas di kikir, apa masih memungkinkan bisa mundur lagi dok kl hanya memakai retainer yg lepasan? Soalnya gigi atas saya modelnya besar-besar. Sebelum dilepas sudah di konsultasikan ke dokternya & dokternya menyarankan utk di kikir bila masih pengen mundur lagi karena sebelumnya sudah dicabut 4.

    Terimakasih

    • shinysmile168
      Posted 11/01/2016 at 12:56 0Likes

      apa kami boleh tahu retainer yg digunakan yg kawat atau yg bening ya Bu?

  • Fini
    Posted 11/01/2016 at 15:25 0Likes

    Retainer yg bening dok

    • shinysmile168
      Posted 12/01/2016 at 16:35 0Likes

      maaf bu..kalau retainer bening tidak bisa digunakan..
      karena fungsi dari retainer hanya untuk mempertahankan posisi gigi setelah dibehel…bukan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata atau ingin diubah posisinya..

  • Mylla rahman
    Posted 17/01/2016 at 20:38 0Likes

    Selamat malam Dok,

    Dok, sya mau tanya, retainer bisa di gunakan untuk merapatkan gigi yg tidak terlalu parah gak?, gigi atas saya agak renggang karna abis cabut gigi telat pake gigi tiruan. Trimakasih dok

    • shinysmile168
      Posted 18/01/2016 at 11:07 0Likes

      selamat siang Bu Mylla..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      apakah kami boleh lihat kondisi gigi ibu terlebih dahulu?
      kalau ibu bersedia,,ibu bisa datang ke klinik kami untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi kami..
      konsultasi saja tidak dikenakan biaya kok Bu..
      karena kalau tidak melihat kondisi giginya secara langsung..dikhawatirkan berbeda versi gigi renggang sedikit dari ibu dengan versi gigi renggang sedikit menurut kami..

      mengenai retainer..hanya berfungsi untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah ada atau yg sudah bagus setelah memakai behel..
      bukan untuk memperbaiki posisi gigi yg tidak bagus menjadi bagus..

      demikian advice dari kami..
      apabila ibu berkenan datang ke klinik kami..
      ibu dapat menghubungi kami untuk membuat jadwal terlebih dahulu di 08-223-227-3737
      terima kasih

  • Dian
    Posted 17/01/2016 at 22:57 0Likes

    selamat malam dok, saya mau tanya dulu saya sudah 5thn pakai behel permanen dan sudah dilepas 1,5thn lalu, tetapi krn waktu itu mau pindah ke luar kota jd saya tdk sempat utk memesan retainernya, dan skrg gigi atas saya ada space lagi.. tidak seperti semula setelah baru lepas behel. pertanyaan saya apakah bisa jika saya ingin memakai retainer? tanpa harus memakai behel lagi?

    • shinysmile168
      Posted 18/01/2016 at 11:09 0Likes

      selamat siang Bu Dian..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      retainer hanya berfungsi untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah ada Bu..bukan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak bagus menjadi bagus..
      kalau ibu bersedia..ibu dapat datang ke klinik kami untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi kami..agar kami dapat melihat kondisi gigi ibu terlebih dahulu..
      karena kami tidak bisa memberikan advice sebelum melihat kondisi gigi ibu secara langsung..

      terima kasih

  • iman
    Posted 18/01/2016 at 22:05 0Likes

    selamat mlam dok
    sy mau tanya skrang posisi saya di padang dan baru dipasang behel 3 hari yg lalu tapi mslahnya aq mau pulkam ke gresik buln maret apkah saya bisa mlnjutkan prwatan gigi saya ke klinik anda

    • shinysmile168
      Posted 19/01/2016 at 17:37 0Likes

      selamat sore Pak Iman..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari bapak..
      maksudnya kontrol behel ya Pak?
      bisa pak ke klinik kami untuk kontrol behelnya..

      terima kasih

  • Nia
    Posted 19/01/2016 at 20:06 0Likes

    Selamat malam dok,
    Saya mau tanya, saya sdh lama pake behel, tp 2 graham paling blakng itu sama dokter sy dipakein behel yg bentuknya ring Kalau nnti pemakaian behel sy selesai dan dicopot apakah klo sdh pake retainer nnti selah selah yg bekas ring nya itu bisa rapat dok? Kalo sy pake behel 4tahunan, kira2 brapa th lagi utk pemakaian retainernya? Mhon infonya dok.
    Sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih.

    • shinysmile168
      Posted 20/01/2016 at 10:40 0Likes

      selamat pagi Bu Nia..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari Bu Nia..
      sebelum bracket dilepas (setelah ring dilepas)..ibu bisa minta ke dokter gigi ibu untuk merapatkan posisi gigi geraham yang renggang tersebut bu..
      karena kalau sudah terlanjur dilepas dan renggangnya gigi belum dirapatkan..gigi akan tetap renggang..tidak bisa dirapatkan dengan retainer..
      retainer hanya untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah ada..bukan untuk memperbaiki posisi gigi agar lebih bagus..
      penggunaan retainer selama 6 bulan awal digunakan setiap hari 24 jam..setelah itu dilanjutkan penggunaannya boleh setiap tidur malam saja setiap hari..
      penggunaan retainer minimal 2 tahun Bu..meskipun selama apapun sebelumnya ibu pakai bracket..

      demikian advice dari kami..
      semoga dapat bermanfaat untuk Bu Nia..
      terima kasih

  • iman
    Posted 19/01/2016 at 20:50 0Likes

    trimksih dok
    .aq mau tanya lagi knpa yh gigiku trutma pd rahang rsanya sakit stelh psang behel .. kpan skit ini hilang dok

    • shinysmile168
      Posted 20/01/2016 at 10:42 0Likes

      selamat pagi Pak Iman..

      rasa sakit pada saat awal penggunaan bracket adalah wajar pak..
      karena gigi geligi bapak masih menyesuaikan dengan tarikan dari bracket tersebut..
      mengenai hilangnya rasa sakit..lama kelamaan kalau bapak sudah terbiasa..rasa sakit akan semakin berkurang pak..

  • arini
    Posted 11/02/2016 at 09:32 0Likes

    dok saya mau tanya gigi saya sebelah kanan Dan kiri beda yg sebelah kiri kecil kecil Dan sebelah kanan itu sedikit panjang Dan agak maju jadi jatuh nya mulut keliatan miring rencana nya saya pengen pasang behel, apa itu solusi yang tepat?

    • shinysmile168
      Posted 11/02/2016 at 15:38 0Likes

      selamat sore Bu Arini..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      penggunaan behel adalah salah satu cara yg tepat untuk merapikan gigi..
      tapi mengenai masalah gigi yang panjang sebelah..bisa digunakan veneer gigi bu..agar giginya bentuknya sama kanan dan kiri..

      terima kasih

  • Debrina
    Posted 18/02/2016 at 19:54 0Likes

    Dok saya baru saja copot behel, langkah selanjutnya berarti kudu pake retainer ya? Brp biaya total pasang retainer disni?
    Kalo nggak pake retainer pasti bakal berantakan lagi giginya?

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:09 0Likes

      selamat pagi Bu Debrina..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..
      mohon maaf karena email kami dalam beberapa minggu ini mengalami kerusakan..jadi comment dari ibu baru masuk ke website kami..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      kalau ibu tidak berkeberatan..
      apa boleh kami lihat dulu kondisi giginya secara langsung ya bu? karena kami tidak bisa memberikan saran sebelum melihat kondisi gigi dari ibu secara langsung..
      memang setelah lepas behel seharusnya memakai retainer..agar gigi yang sudah rapi dapat dipertahankan posisinya..
      kalau ibu berkenan untuk kami lihat dulu kondisi giginya..
      ibu dapat menghubungi hotline kami di 08-223-227-3737 untuk kami buatkan jadwal kedatangan terlebih dahulu..

      terima kasih

  • Lasma
    Posted 19/02/2016 at 15:57 0Likes

    Dok saya mau nanyak, saya sdh 3 tahun lbh pkai behel, hasilnya kurang memuaskan dok, gigi depan saya tetap jrng” ditambah lgi gigi dpn saya goyang dok, saya tkt gigi dpn jdi copot, itu gmn ya dok??? Kalau tumbuh lagi gk apa”, nich gk mungkin tumbuh lagi dok, krn umur saya udh 26

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:14 0Likes

      selamat pagi Bu Lasma..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..
      mohon maaf karena email kami dalam beberapa minggu ini mengalami kerusakan..jadi comment dari ibu baru masuk ke website kami..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      kalau ibu bersedia..apa boleh kami lihat dulu kondisi gigi goyangnya seberapa parah ya bu?
      setelah pasang behel memang ada beberapa kasus gigi yang goyang…tapi tidak goyang sekali..
      kami ibu berkenan..ibu bisa datang ke klinik kami untuk dilihat terlebih dahulu kondisi gigi goyangnya seberapa parah..
      karena kami baru bisa memberikan saran untuk solusinya setelah melihat kondisi gigi ibu..
      jika ibu bersedia datang..ibu dapat menghubungi hotline kami untuk membuat jadwal perjanjian kedatangan..
      di 08-223-227-3737

      terima kasih

  • aisya
    Posted 19/02/2016 at 17:56 0Likes

    Biaya untuk saat ini pakai retainer? Retainer bisa untuk gigi yang maju dan belum pernah pake behel gpp ta?

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:16 0Likes

      selamat pagi Bu Aisya..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..
      mohon maaf karena email kami dalam beberapa minggu ini mengalami kerusakan..jadi comment dari ibu baru masuk ke website kami..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      retainer hanya digunakan untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah ada bu..bukan untuk merapikan gigi yang kurang bagus posisinya..
      kalau untuk merapikan gigi..salah satunya dengan memakai behel..

      terima kasih

  • ima
    Posted 20/02/2016 at 22:04 0Likes

    Dok saya mau tanya, begini sekitar satu bulan yg lalu saya lepas behel..kebetulan kata dokter saya tidak perlu pake retainer..berhubung saya punya gigi palsu diantara gigi yg asli..tpi gigi palsu trsbut bisa lepas pasang, jadi katanya bisa jadi penahan jg…tpi setelah beberapa hari ini..gigi depan spertinya akan kembali ke posisi semula..jadi apakah saya harus pakai retainer dok? Mohon sarannya yah.. Thankyou^^

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:24 0Likes

      selamat pagi Bu Ima..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..
      mohon maaf karena email kami dalam beberapa minggu ini mengalami kerusakan..jadi comment dari ibu baru masuk ke website kami..

      setelah membaca penjelasan dari ibu..
      sepertinya memang harus memakai retainer bu kalau tidak parah posisinya..
      tetapi kalau ibu bersedia..ibu bisa datang ke klinik kami untuk dilihat dulu kondisi giginya sudah seberapa parah posisinya..
      karena kalau sudah parah posisi kembalinya..harus memakai behel lagi bu..
      oleh karena itu..kami perlu tahu dulu kondisi giginya sudah seberapa parah kembalinya ke posisi semula..

      terima kasih

  • Priska
    Posted 21/02/2016 at 02:43 0Likes

    Selamat pagii…hallo shiny dental clinic..mau iktn konsul donk..

    Sy blm pernah pasang behel permanen…saat ini sy merasa gigi saya baik2 saja..hanya saja gigi bagian kirq atas antra taring belakang dan geraham yg dsebelahnya terdapat sedikit ruang yg menyebabkan makanan terselip disitu…hal tsb membuat kenyamanan berkurang krn seringkali makanan yg terselip susah diambl hingga gusi memjadi bengkak..apalh hal tsb bisa diatasi dg pemakaian behel retainer saja???dan brp kr2 biayanya…trmkasih

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:28 0Likes

      selamat pagi Bu Priska..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..
      mohon maaf karena email kami dalam beberapa minggu ini mengalami kerusakan..jadi comment dari ibu baru masuk ke website kami..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      kami harus melihat kondisi gigi ibu terlebih dahulu sebelum memberi saran..
      untuk retainer..fungsinya hanya sebagai alat untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah ada..bukan untuk menggeser gigi geligi atau merapikan gigi geligi..
      kalau ibu berkenan..ibu dapat datang ke klinik kami untuk dilihat kondisi renggang giginya..
      ibu dapat menghubungi hotline kami di 08-223-227-3737 untuk membuat jadwal kedatangan terlebih dahulu..

      terima kasih

  • ida indriyani
    Posted 22/02/2016 at 19:14 0Likes

    dok saya mau tanya gigi saya tidak rapi, dan menurut saya sangat tidak rapi karna gigi taringnya maju dan gigi lainnya jadi berantakan, untuk pemasangan behel gigi kira” berapa ya ?? terima kasih 🙂

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:31 0Likes

      selamat pagi bu Ida..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..
      mohon maaf karena email kami dalam beberapa minggu ini mengalami kerusakan..jadi comment dari ibu baru masuk ke website kami..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      apa boleh kami lihat dulu kondisi giginya ya bu?
      di klinik kami tersedia beberapa macam behel dan harganya juga berbeda-beda..
      tergantung dari ibu mau pasang behel yang seperti apa..yang dari metal atau ceramic atau sapphire..
      kalau ibu berkenan ibu dapat datang ke klinik kami terlebih dahulu..konsultasi saja gratis kok Bu..
      sebelumnya ibu dapat menghubungi hotline kami di 08-223-227-3737 untuk membuat jadwal kedatangan..

      terima kasih

  • Dinda
    Posted 26/02/2016 at 05:34 0Likes

    Dok, dokter saya menyarankan pemasangan retainer hanya 6 bulan. Sedangkan saya baca di komentar yg sudah2 pemasangan retainer sampai bertahun2. Brp lama waktu pemasangan retainer yg efektif dok? Terimakasih..

    • shinysmile168
      Posted 27/02/2016 at 10:34 0Likes

      selamat pagi bu DInda..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      saran dari kami pemakaian retainer digunakan pada 6 bulan pertama digunakan full seharian..setelah itu digunakan seperti lama waktu ibu menggunakan behel cekat..
      hal tersebut untuk mengantisipasi agar gigi tidak kembali ke posisi semula..

      terima kasih

  • Lamusya
    Posted 27/02/2016 at 14:46 0Likes

    Selamat siang, saya mau tanya saya pakai retainer baru sekitar 3 minggu tp hari ini retainer saya kena panas dan bentuknya berubah. Bagaimana ya solusi baiknya?

    • shinysmile168
      Posted 29/02/2016 at 12:12 0Likes

      selamat siang Bu lamusya..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website shiny smile dental clinic..

      mengenai pertanyaan dari ibu..
      solusinya adalah ditunjukkan dan dikembalikan ke dokter gigi yang membuatkan ibu retainer..untuk dilihat apakah bisa diperbaiki atau tidak..
      jika tidak bisa diperbaiki lagi..kemungkinan akan dibuatkan retainer yg baru bu..agar ibu dapat menggunakan retainer lagi..

      terima kasih

      • shally
        Posted 07/03/2017 at 23:24 0Likes

        Dok, saya mau tanya. Jika lepas behel apa wajib pakai retainer? Terimakasih

  • Denisa
    Posted 14/03/2016 at 18:36 0Likes

    Saya mau tanya, gigi yang jarang(ada spasinya) bisa rapat lagi gak kalo pakai retainer?

  • Siswaty
    Posted 17/03/2016 at 09:14 0Likes

    Dear Shinysmile,

    Doc mohon penjelasannya, apakah setelah memakai retainer hrs tetap control ke dokter gigi secara teratur seperti waktu pakai behel? Dan apakah retainer itu sendiri bisa diadjust/dikencangkan?
    Sedikit informaai dokter sy berdomisili di kota lain kd selama 3 thn saya selalu kontrol teratur, minggu lalu behel sy bru sj dibuka dan diganti dgn retainer, namun malangnya pd hari kedua (belum 24 jam) retainer bgn atas saya jatuh dan rusak, lalu utk 1 mgu gigi atas sy tdk pakai retainer krn hrs menunggu yg baru dan sy kembali ke kota dmna sy tinggal. Setelah seminggu gigi atas depan sy sdh ada space sedikit (inilah alasan sy pakai behel krn gigi atas jarang sebelumnya) dan kondisi retainer yg baru sy terima longgar, kt dokter krn belum di adjust.
    Yg menjadi permasalahan adalah beberapa bln terakhir ini sy merasa tdk nyaman karena dokter sy tidak suka ditanya-tanya, padahal selama 3 thn tersebut saya jarang tanya-tanya. Ini berawal krn sy tya kpn behel dibuka krna kebetulan wktu itu pacar agak krg suka krn sdh lama kok behel blm dibuka, setelah pertanyaan itu sy lsg diblock oleh dokter di medsos yg selama ini media kami berkomunikasi kalau buat appointment, duh sakitnya tuh di sini doc! Intinya beliau gk suka ditanya-tanya pdhl setelah itu memang ada jg saya tya/konsultasi seputar kondisi gigi saya via sms dengan susternya dan mslh retainer tahan berapa lama apakah hrs diganti dlm kurun waktu tertentu, sy kira ini pertanyaan lumrah tapi beliau ini kurang suka. Sekedar catatan dokter ini adalah spesialis ortho dan di kota sy wktu itu belum ada spesialis, dan beliau memang bagus dan terkenal tapi dengan pelayanan seperti ini saya sangat kecewa, pertanyaan sy yg terakhir (maaf ya Dpc panjang) apakah boleh jika saya pindah dokter gigi, skrg sdh ada spesialis di kota saya meskipun dr segi ilmu msh kalah dgn dokter sy, mohon penjelasannya doc, terima kasih banyak.

  • Ping
    Posted 24/03/2016 at 15:57 0Likes

    Apakah retainer yg sdh rusak dapat diperbaiki?

  • maman
    Posted 27/04/2016 at 20:50 0Likes

    dok.mw nnya lebih bagus memasang retainer lepasan atau yg permanen.
    trima ksih.

  • novie
    Posted 15/05/2016 at 13:40 0Likes

    selamat siang bu,…sy mohon advece nya sy sdh 5th pakai behel diusua 39, namum geraham sprtinya jd ga raoatbbagian atas ada selisih longgarsdkiiit sekaki tp mknan bs nyelip . tapi sepertunya gigi sy sdh maksimal ga bs digerakkan kg krn kalo digerakkan ke kiri yg kanan akqn renggang, sy sdh capeeek bgt kontrol doc yg antriannya panjanggg. sy akanpakai retainer dianjurkan yg beningmacam plastik, apakah hrs control klau tdk salah sy baca di keterangan ibu doc diatas dua minggu seklai hrs gnti retainer? apa benar atau tdk usah kontrol selama ga beberubah mengingat synakan pindah luar kota dan usia sy ygskrg sdh 40th lebih.apakah cocok retainer bening spy tdk usah kontrol , seperti advice doc saya? tks banyak atas advjcenya sy tunggu ya doc.

  • aisah
    Posted 02/06/2016 at 16:46 0Likes

    permisi saya mau tanya, jadi gini saya kan sudah pakai behel menurut saya sekarang gigi saya sudah rapi jadi saya ingin melepas behel saya. kalau saya mau bikin retainernya saja apa bisa? biaya berapa? trus syarat yang diperlukan apa saja kalau mau bikin retainer apakah membutuhkan cetakan gigi juga?

  • dina
    Posted 30/06/2016 at 01:07 0Likes

    malam dok,saya ada masalah dgn gigi depan renggang 1cm apa dgn memakai behel gigi saya bs rapat lg dan brp thn memakai behelnya kira”brp biaya unt pasang behel

  • chaa
    Posted 05/08/2016 at 09:28 0Likes

    Buu sy mau tanya teman dekat saya kan pakai bhel tp di tukang gigi ini dia mau lepas kr ke hrus ok retainerretainer jg gk

  • chaa
    Posted 05/08/2016 at 09:30 0Likes

    Mohon jawabannya ibu ya soal ny temen saya bingung bgt ini sdh mau di lepas behel ny kira kira mau dleps ttp ditukng gigi dan hrus mggunakan retainer ya ? Dan mau tny saya kalau gk pk retainer itu gigi kita akn berubah spt semula atau malah bertambah parah ? Mohon jwbnya ny bu mksh

  • Heri hermawan
    Posted 13/08/2016 at 07:31 0Likes

    Dok saya kan sudah memakai behel 3 tahun dan sekarang baru memakai retainer untuk pemakaian retainer kira2 sehari berapa jam ya?

  • Andi
    Posted 18/08/2016 at 18:13 0Likes

    Dok mau nanya nih, saya udh 3th make behel lalu saya copot dan 1th lebih ga make behel, lalu saya balik lg ke dokter saya dan disarankan pakai retainer, tp menurut saya kurang nyaman pakai retainer.
    Dan baru 5 bln pemakain retainer saya patah dok.
    Sepertinya saya mau balik lg pakai behel. Itu gmn ya dok apalah masa memungkin kan meratakan gigi lg? Terimakasih

  • Refsiela Dwiharki
    Posted 26/08/2016 at 23:13 0Likes

    Saya sudah 1 minggu melepas behel. Tetapi dokter saya tidak memberikan atau menyuruh pakai retainer dan saya takut gigi saya kembali ke bentuk semula

  • awan
    Posted 01/09/2016 at 21:31 0Likes

    dok mau nanyak
    kemarin saya lepas bracket, sy di anjurkan memakai retainer, tapi retainernya jdnya kisaran satu minggu, tapi selepas sy pakek bracket gigi sy mulai jarang lagi, apa retainer bisa mengembalikan posisi gigi sy yg jarang itu seperti semula?
    terimakasih

  • nuri
    Posted 15/09/2016 at 20:14 0Likes

    Bu dokter saya mau tanya penggunaan retainer yg baik seperti apa waktu nya? Apakah setiap malam atau setiap hari? Dan bagaimana caranya agar jika retainer dilepas giginya sudah tidak bergeser kembali? Karena menurut saya penggunaan retainer ini jd ketergantungan, bisa bisa saya seumur hidup pakai retainer. Terima kasih sebelumnya.

  • Arsat
    Posted 29/09/2016 at 18:21 0Likes

    Mas mau tanya kalo buat gigi tonggos tanpa pemasangan braket langsung retainer boleh ngak ya
    Makasih mas

  • Santy yunita
    Posted 15/10/2016 at 05:47 0Likes

    Selamat pagi dok saya berniat untuk menggunakan behel lepas pasang saya mau tanya untuk proses dan manfaatnya dok seperti apa yah? Dan apakah behel lepas pasang, bisa dibuka dan dipasang tanpa bantuan dokter? Satu lagi dok apakah behel lepas pasang dpt memperbaiki posisi rahang ? Terimakasih

  • Farah
    Posted 08/11/2016 at 16:17 0Likes

    Apakah ada kemungkinan gigi kembali keposisi awal walau sudah memakai renteiner?

  • Santi
    Posted 11/11/2016 at 19:14 0Likes

    Dok mau tanya, aku baru pake retainer 2 minggu karna kasus gigiku tidak parah, hanya renggang dua di bagian atas. Apakah benar bisa di rapatkan hanya dengan retainer? Tapi retainer saya di aktifkan dan setiap minggu aku wajib kontrol. Menurut dokter bagaimna? Apakah benar begitu?

  • Annisa Probowati
    Posted 12/11/2016 at 11:41 0Likes

    Selamat siang..
    Izin konsul ya dok. Sy telah selesai perawatan memakai behel cekat selama +-3tahun. Dan kemarin saya mulai memakai retainer. Baru satu hari kemarin sy memakainya, sy lepas kok gigi sy renggang (agak membuka sedikit seperti yg dulu sblm sy memakai behel). Nah, apakah retainer ini dapat merapatkan gigi sy kembali seperti yg sy inginkan dok? Krn masalah sy memakai behel adalah merapatkan gigi sy yg renggang. Trimakasih, mohon dibantu ya dok:)

  • Damar
    Posted 15/11/2016 at 15:38 0Likes

    saya mau tanya, gigi saya kan jarang – jarang ya dok dan belum pernah memakai kwat gigi sebelumnya,, apa boleh memakai retainer dan apa bisa merapatkan gigi saaya

  • manggala
    Posted 16/11/2016 at 20:27 0Likes

    halo saya mau tanya, saya sudah memakai behel bracket selama 2 tahun dan diharuskan dilepas karna kepentingan pekerjaan,sekarang sudah seminggu semenjak saya lepas behel, apakah penggunaan retainer juga berfungsi merapikan gigi yang masih belum rata sempurna setelah penggunaan behel bracket ?

  • Laras
    Posted 01/12/2016 at 07:40 0Likes

    Saya mau bertanya bagusan retainer yang kawat apa yg plastik dok? Trus kalo yg bening kan harus diganti tiap 2 minggu,nah kalo yg kawat itu gimana diganti jg kah ?

  • Novarida
    Posted 07/12/2016 at 13:00 0Likes

    Saya mau nanya. Saya baru aja lepas behel , kira kira berapa lama yah waktu kemungkinan gigi bergeser? selain pakai retainer untuk mempertahankan gigi, bisa pakai apa lagi yah?
    Terus saya penasaran, pakai behel kan untuk memperbaiki struktur gigi yang berantakan, yang saya tau, pemakaian behel itu minimal 4 tahun, dan pastinya gigi menjadi rapi permanent. Tapi ko liat dari comenant di atas, setelah lepas behel cepet banget yah pergeseran giginya. Padahal katanya dokter kan hasil pake behel itu rapih permanent. Kenapa bisa bergeser lagi ya?

  • muhajir pratama
    Posted 14/12/2016 at 07:08 0Likes

    dok apa bisa memasang reteiner tanpa memakai bracket terlebih dahulu. soalnya gig atas saya ini maju ke depan

  • Prazara
    Posted 14/12/2016 at 14:08 0Likes

    Dok saya kan pasang behel,gigi atas nd bawah di cabut masing-masing 2,apakah jika nanti di cabut tidak pasang retainer akan ompong seperti dulu di cabut ?

  • lusy
    Posted 23/12/2016 at 01:27 0Likes

    Dok mau nnya,, say punya kbiasaan mendrong gigi atas dengan gigi bawah saat tidur, yg mmbuat perselisihan gigi saya semakin jauh, jika di banding dengan gigi bawah,, baik nya saya gunakan retainer atau ada solusi lain dok,, salam

  • fery
    Posted 23/12/2016 at 12:38 0Likes

    Salam bu dok.
    Saya mau nanya ni dok. Jika kronologis keadaan gigi rahang atas saya yg sdh 2 thn pemakaiannya dan sdh 2 gigi saya dicabut yakni disamping gigi taring kedua2 dicabut. Apakah mempengaruhi mengecilnya rahang atas? Sebab dok, 2 gigi seri/depan saya jg sedikit nongos dan muncul kerutan di antara pipi dengan mulut. Dan nampak sekali jika saya baru bangun tidur, bibir saya mengecil dan ditengah bibir saya mancung. Jadinya saya kurang confidence tampil dengan teman2, apalagi ditempat keramaian. Mohon diberikkan solusi dok?

  • rismaneli
    Posted 24/12/2016 at 20:59 0Likes

    Kak,,aku udah pake behel 2 tahun trus ramadhan 2016 kemarin dilepas,,tapi aku merasa gigi aku masih maju sedikit dan dokter yg masangin behel aku juga gak nyaranin buat pake retainer ,,jadi aku gak pake retainer buat sekian lamanya ini,,dan sebaiknya aku langsung lanjut pake retainer apa pasang behel lagi trus pake retainer?
    Dan kalo pasang retainer apa harus k tmpat dokter yg masangin behel aku kemarin ,,apa boleh k dokter lain,??
    Apakah retainer lepasan harus d kontrol? Setiap Berapa llama

  • rismaneli
    Posted 24/12/2016 at 20:59 0Likes

    Kak,,aku udah pake behel 2 tahun trus ramadhan 2016 kemarin dilepas,,tapi aku merasa gigi aku masih maju sedikit dan dokter yg masangin behel aku juga gak nyaranin buat pake retainer ,,jadi aku gak pake retainer buat sekian lamanya ini,,dan sebaiknya aku langsung lanjut pake retainer apa pasang behel lagi trus pake retainer?
    Dan kalo pasang retainer apa harus k tmpat dokter yg masangin behel aku kemarin ,,apa boleh k dokter lain,??
    Apakah retainer lepasan harus d kontrol? Setiap Berapa llama komtr

  • yuki
    Posted 20/01/2017 at 12:32 0Likes

    dok saya mau tanya,bagaimana cara membersihkan retainer lepas-pasang yang baik dan benar 🙂

  • nita
    Posted 21/01/2017 at 22:32 0Likes

    Dok saya memasang behel sudah 1 bulan. setelah saya baca komentar di atas. apakah retainer penting? terus kata dokter min penggunaan retainer 2thn atau lebih, akan lebih bagus. nah setelah pemakai an retainer contoh selama 3thn. apakah gigi tidak akan kembali lagi ke bentuk semula? atau malah sama aja akan kembali. berarti yg memakai behel sia sia karena giginya akan kembali ke bentuk semula juga.

  • Jessica
    Posted 19/02/2017 at 00:27 0Likes

    Dok saya mau nanya, saya udh lepas behel hampir satu tahun tapi belom pernah make retainer dan akhirnya dua gigi depan saya renggang, Kira2 solusinya apa dok? Makasih

  • puspa
    Posted 19/02/2017 at 15:10 0Likes

    selamat sore dok
    saya mau nanya sebelumnya saya kan kecelakaan teruss gigi saya copot dan dikasih gigi pasangan , apakah bisa kalo dipakaiin behel ??

  • etna
    Posted 24/02/2017 at 13:34 0Likes

    numpang tanya. anak saya, 16th, sdh hampir 3 thn memakai behel cekat. skrg katanya sdh waktunya dilepas untuk diganti dengan retainer lepas. bolehkah tetap memakai behel cekat tanpa diganti retainer smp betul2 sdh bisa bebas dr behel? adakah kerugiannya jika terus memakai behel cekat, selain dr segi estetika? terima kasih sblmnya

  • Novi
    Posted 28/02/2017 at 12:07 0Likes

    Dok, pemaikaian retainer stelah pasang bracket sampai brapa lama ya? Trimakasih

  • Abrar
    Posted 11/03/2017 at 19:40 0Likes

    saya kan sudah lepas behel sekitar 1.5 thaun tetapi tidak memakai rentainer, apakah ada pengaruhnya buat gigi saya.

    terima kasih

  • Lisa
    Posted 24/03/2017 at 12:31 0Likes

    Selamat siang dokter…
    Saya sudah memakai retainer selama 1,5tahun setelah pemakaian behel.
    3 bulan lalu retainer saya hilang dan saya tidak pakai lagi.
    Tapi saya merasa kalau posisi gigi saya berubah.
    Apakah saya harus pakai retainer kembali atau ada cara lain untuk mamperbaiki seperti posisi semula?
    Terima kasih….

  • Adila Lancaster
    Posted 08/04/2017 at 09:43 0Likes

    Permisi dok sy mau Tanya . Saya Udah lepas behel cekat, masalah nya saya males pake retainer ,Trs Gigi atas saya jd agak maju lagi dok. Kalau pake retainer lg , Gigi atas saya bs mundur lg gak ya dok . Tolong dijawab ya & Makasih 🙂

  • Halimah
    Posted 11/04/2017 at 02:58 0Likes

    Dok saya mau tanya ini..
    Sebelumnya saya pernah pasang behel cekat selama 2/3 Bulan pemakaian tidak lama kemudian saya lepas, saya merasa gigi di sebelah kanan saya bergerak padahal behelnya sudah saya lepas. Apakah itu tidak berdampak apa-apa dok? Dan apakah gigi yg sudah terpasang behel akan kembali kesemula atau sebaliknya. Tolong info ya dok

  • santi
    Posted 16/04/2017 at 19:58 0Likes

    Ass.. selamat mlm dok saya mau tanya saya udh lepas memakai behel selama 1 bln tapi saya gak pernah memakai rentiner apakah bermasalah atau tidak..

  • eka
    Posted 07/05/2017 at 05:40 0Likes

    Mau nny nih Dok, aku Uda pasang behel kurang lebih 1thun lebih ..
    Rencananya aku mau lepas behel nih tapi kalo gak mau pake rentainer giginya bisa balik kek dlu gak dok…

  • cosmetic dentist albany
    Posted 16/08/2017 at 20:37 0Likes

    Thank You For Enlightiment. I would like to know
    much about bad breath causes and treatment and prevention measure.

  • MS
    Posted 16/08/2017 at 22:30 0Likes

    Dok. Gigi bagian atas saya agak maju dan miring ke kanan. Apa bisa pakao retainer atau aligner? Brp biayanya dok? Thx

  • Nova dwi
    Posted 03/11/2017 at 17:39 0Likes

    Sore dok, mau tanya klo pke reteiner tapi sebelumnya nggk pke yg brecket cekat bisa nggk giginya jadi rata? Klo bisa itu sekitar berapa bulan ya dok?

  • Desy
    Posted 17/12/2017 at 16:55 0Likes

    Dok, saya mau tanya nih, saya udah di behel hampir 2 tahun dan mau saya lepas. Tapi saya ga mau pakai retainer. Itu boleh ga ya.? Terimakasih

  • Rahyuni
    Posted 20/12/2017 at 00:45 0Likes

    Buuu saya skrg gak pake retainer soalnya lagi mudik ketinggalan selama 2 minggu apa gak akan berubah giginya?

  • Rahyuni
    Posted 20/12/2017 at 00:46 0Likes

    Kapan gigi bisa rapih dan gak usah pake retainer?

    • Rahyuni
      Posted 20/12/2017 at 00:47 0Likes

      PAdahal saya sudah pake behel dan retainer sudah rapih kapan gak harus pake retainer ?

  • Alfia
    Posted 22/12/2017 at 10:52 0Likes

    Halo, saya sudah kurang lebih 5 thn pasang behel, trs rencananya saya mau lepas behel dan dipasang rentainer. rentainer yang kawat itu biya kira” berapa? Trs setelah dipasang harus kontor atau bisa lepas pasang sendiri gak perlu ke dokter? Trs pasang rentainer berapa lama? Terimakasih.

  • Shidha
    Posted 23/12/2017 at 12:51 0Likes

    Saya sudah pakai behel di rahang atas saya selama 7bulan..tapi sy merasa gigi atas saya maju dok..antara rahang atas n bawah gigi depan tdk bisa menggigit..sudah sy tanyakan dokter sy dan katanya memang tempat gigi sudah sangat ngepas..bisa kasih solusi dok?

  • rian
    Posted 03/01/2018 at 19:52 0Likes

    Dok sy mau bertanya, sy sdh 5 thn pasang gigi behel, lalu hari ini d lepas dok.. nah skrng sy hrs menunggu retainer ny jadi sktr 1 minggu.. prtanyaanya apakah nnti akan trjdi prubahan pada gigi sy yg sdh rapi dok krna hrs menunggu baru bs pasang retainer ny 1 minggu?

  • delia
    Posted 08/01/2018 at 01:51 0Likes

    dok gigi saya sudah rapih namun besar2, dan rahang atas saya lebar, jika saya menggunakan retainer apakan akan mempengaruhi bentuk rahang? karena sebelumnya saya belum pernah pakai behel.. mungkin jika retainer bisa merubah bentuk rahang saya, saya hanya menggunakan retainer saja. mohon dijawab dok, terimakasih

  • Mila
    Posted 25/01/2018 at 12:49 0Likes

    dok saya sudah menggunakan retainer. sebelum pemasangan behel cekat gigi atas saya di cabut bagian kiri dan kanan. dan kalo ingin retainernya dilepas harus pasang gigi paslu krna ada ruang di belakang karna di cabut dlu. apakah kalo sudah pasang gigi nanti posisi gigi nya tetap bagus apa ada kemungkinan kembali keposisi semula sebelum penakaian gigi ??

    • Mila
      Posted 25/01/2018 at 12:51 0Likes

      dok saya sudah menggunakan retainer. sebelum pemasangan behel cekat gigi atas saya di cabut bagian kiri dan kanan. dan kalo ingin retainernya dilepas harus pasang gigi paslu krna ada ruang di belakang karna di cabut dlu. apakah kalo sudah pasang gigi nanti posisi gigi nya tetap bagus apa ada kemungkinan kembali keposisi semula sebelum pemakaian behel cekat ??

  • Nur fadhilatul fitria
    Posted 08/04/2018 at 11:38 0Likes

    Berapa harganya dok??

  • Doni
    Posted 27/04/2018 at 13:55 0Likes

    Apakah behel jenis retainer dapat merapikan gigi ? Dan apa ada tibul masalah jika hanya memasang behel dirahang bawah saja?

  • KangBae
    Posted 09/06/2018 at 23:10 0Likes

    Dokter, selamat malam saya mau bertanya kalau retainer itu diganti setiap bulan atau hanya dipakai saja agar bentuk posisi gigi tidak berubah?, maaf sebelumnya saya juga pernah menggunakan behel 4 bulan dan gigi saya juga dirasa sudah sangat rapi total, tapi beberapa minggu kemudian gigi saya agak merenggang kembali dan akhirnya sekarang saya pakai behel lagi. Dan apakah memakai behel ada rentang waktu minimal nya? Lalu pemakaian retainer ini harus sekali untuk yang sudah memakai behel atau tidak apa apa tidak memakai retainer ?

    • Admin
      Posted 10/04/2019 at 10:02 0Likes

      Hallo kak, retainer tidak perlu diganti setiap bulan kok. tp pemakaian retainer setelah melepas behel itu seharusnya 6bulan dipakai selama 24 jam (kecuali makan). setelah 6 bulan hanya dipakai ketika tidur saja. waktu yg baik menggunakan retainer adalah 2 tahun kak 🙂 . untuk rentan waktu pemakaian behel itu untuk masing-masing kasus berbeda kak, jadi tidak bisa memperkirakan harus berapa lama.

  • nathalie
    Posted 10/11/2018 at 19:39 0Likes

    malam dok, kan saya sudah dibehel sekitar 2 tahunan dan udh dicopot sekitar 4 atau 5 bulan yang lalu. saya dikasi retainer yang transparan, terus saya pake dan saya suka copot copot retainernya krn saya suka ngemil. terus karena sering dicopot, saya suka lupa memakai retainer tsb. ttp retainer selalu saya pake setiap hari namun tidak 24 jam full, nah terus gigi atas saya jadi agak maju, tapi gak parah. saya mau mundurin giginya lg, tapi tanpa kawat, gimana ya? apa bila saya melanjutkan pemakaian retainernya, gigi saya bisa agak mundur lg? mksh dok

    • Admin
      Posted 10/04/2019 at 09:51 0Likes

      Hallo kak, harusnya pemakaian retainer setelah lepas behel itu digunakan full 24 jam (selain makan) selama 6 bulan. setelah 6 bulan baru digunakan hanya ketika tidur saja kak. kalau pemakaiannya tidak rutin, gigi yg sudah dibehel lama-lama akan kembali ke posisi semula. lebih baik datang ke Dokter gigi spesialis ortho kak untuk konsultasi langsung agar dokternya tahu kondisi giginya 🙂

  • istiqamah
    Posted 21/01/2019 at 07:56 0Likes

    Ma’af dok, saya mau nanya, saya sdh lama dok pakai retainer, trus retainernya sdh mau rusak, kalau saya minta bikinkan di tempat dokter tp pakai patung gigi yg sdh jadi, apakah bisa dok? Terimakasih

    • Admin
      Posted 10/04/2019 at 09:48 0Likes

      Hallo kak, kalau boleh tahu retainernya sudah berapa lama? disarankan kalau mau bikin retainer baru, giginya dicetak lagi kak. karena biasanya kalau sudah lama giginya juga berubah dan tidak sama dengan model gigi yg lama 🙂

  • Vonny
    Posted 21/04/2019 at 17:15 0Likes

    Dok mau tanya…saya sudah menggunakan behel selama 10bulan karena ingin meratakan gingsul saya.Sekarang gingsul saya sudah turun tapi kenapa gigi bagian depan saya jadi maju yah ? Apakah nanti akan kembali normal seperti dulu ?

    • Admin
      Posted 23/04/2019 at 11:21 0Likes

      Terima kasih sudah menghubungi Shiny Smile Dental Clinic. Menjawab pertanyaan saudari Vonny, mengenai behel, karena kami tidak melihat secara langsung kasusnya. Maka yang bisa kita berikan hanya kemungkinan kemungkinan. Gigi saudari Vonny maju setelah gingsulnya turun, kemungkinan karena tidak di lakukan pencabutan, sehingga tempatnya gigi gingsul tersebut di ambil dari gigi sebelahnya, dengan memaksa gigi sekitarnya bergerak untuk memberikan tempat pada gigi gingsul tersebut. Dalam hal ini adalah gigi bagian depan nya. Semoga jawaban kami memuaskan saudari Vonny, jikalau ingin langsung berkonsultasi, bisa hubungi kami di 08 223 227 3737. atau datang langsung ke klinik kami di Wisma Permai Barat I no. 33 (blok LL – 24)Surabaya. Terima kasih

  • Trackback: Retainer , perlukah? - Veneer gigi, Kawat gigi, Pemutih gigi
  • Dwi
    Posted 52 mins ago at 03:45 0Likes

    Dok, saya ingin bertanya
    Apakah setelah penggunaan retainer sesuai dengan anjuran dan prosedur yang telah ditentukan nantinya gigi yang sudah dipertahankan posisi kerapiannya tersebut bisa kembali ke struktur gigi sebelum behel dan retainer ( berantakan)?

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa