Share to Others People

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas mengenai macam-macam gigi tiruan lepasan dan cekat. Dan kita telah mengetahui bahwa pada gigi tiruan cekat terdapat salah satu contoh yaitu gigi tiruan logam porselen atau biasa kita kenal sebagai porcelain fused to metal (PFM).

Selain kita dapat mengenal macam-macam gigi tiruan, dalam pembahasan kali ini kita juga dapat mengetahui proses dari pembuatan gigi tiruan logam porselen (porcelain fused to metal/PFM).

Adapun tahap-tahap dalam pembuatan gigi tiruan logam porselen (porcelain fused to metal/PFM) yaitu :

  1. Dokter gigi memotong gigi pasien yang akan dibuatkan crown atau bridge gigi logam porselen untuk dijadikan abutment dari gigi tiruan logam porselen.

 teeth_preparation_device

 

  1. Setelah melakukan preparasi pada gigi pasien, kemudian dokter gigi mencetak gigi pasien tersebut untuk dikirim ke lab gigi

 

 cetak gigi

cetak model gigi

 

  1. Sebelum cetakan gigi dikirim ke lab gigi, dokter gigi mencocokkan warna gigi yang akan dibuat sesuai dengan gigi sebelah yang telah dipreparasi.

warna gigi 

  1. Kemudian cetakan double impression tersebut dikirim ke lab, lalu pihak lab akan mengecor cetakan double impression tersebut dengan bahan cetak gypsum.

 

 cor cetakan

q

 

  1. Model gigi tersebut kemudian diberikan pin untuk menopang kekuatan dari cetakan abutment gigi yang akan dibuatkan logam porselen.

 spruing4 - Copy

  1. Setelah diberi pin, model gigi abutment dipotong sesuai dengan bagian tiap giginya.

 

l - Copy 

  1. Model gigi tersebut kemudian diletakkan pada articulator, agar posisi model gigi sesuai dengan garis median (garis tengah tubuh). atau lebih mudahnya disusun pada okludator.

 

 art

artic

 

  1. Kemudian gigi abutment diukir untuk diperjelas garis servikalnya.

 l

 

  1. Setelah batas garis servikalnya diperjelas, lalu model abutment tersebut dilapisi dengan lem yang cepat kering dan tidak meresap di model gigi satu lapis saja (pada umumnya dengan menggunakan alteco). Tujuannya yaitu agar ada sedikit space untuk logam porselen terhadap gigi abutment yang asli. Dan jangan lupa memperjelas garis servikal dengan cara ditandai dengan pensil tinta.
  2. Kemudian memasuki tahap waxing atau pelilinan malam, jangan lupa untuk memberi separator terlebih dahulu atau minyak pelindung satu lapis saja agar lilin malam tidak menempel pada model gigi abutment dan dapat dilepas pasang.

 

m

waxing bridge

waxing

pelilinan malam

 

      11.    Setelah tahap waxing sudah dilakukan dan dipastikan bahwa batas-batas bentuk dan ketebalan dari lilin malam tersebut sudah sesuai                  dengan bentuk abutment, kemudian dilakukan tahap spruing (pemberian sprue). Sprue dipasang dengan kemiringan sekitar 400                             sampai 450.

 

spruing5

spruing3

spruing4

spruing6

 

     12. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah tahap penanaman model di dalam tabung kecil (bumbung tuang logam) sebelum dilakukan             proses casting logam.

 

 tabung tanam tuang

spruing-2

 

             Adapun posisi peletakan model sebelum dituangkan bahan tanam tuang (phosphat bonded) yaitu :

 

 casting-procedures

     13.   Bahan tanam tuang (phosphate bonded) dituangkan terlebih dahulu ke dalam model malam untuk mengisi bagian servikal (bagian                         model malam yang membetuk gigi yang sudah dipreparasi).

 

r

     14.   Setelah dituangkannya bahan tanam tuang, tunggu sekitar kurang lebih satu sampai dua agar bahan tanam tersebut setting (kering                         sempurna dan sudah tidak dalam tahap setting/terasa panas, namun sudah terasa dingin bila dipegang)

     15.   Setelah setting, lelehkan malam di dalam cetakan tersebut dengan meletakkannya di atas api kompor dengan posisi lubangnya                                 menghadap api. Namun jangan terlalu lama melelehkannya, karena dikhawatirkan cetakan di dalamnya menjadi retak (sekitar 30                         sampai 45 menit).

     16.   Lalu letakkan cetakan tersebut ke dalam oven kurang lebih sekitar 200 celcius sampai 9200 celcius selama kurang lebih 30 menit.

 

oven3

oven2

 

 

 


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa