Share to Others People

Pada bagian pertama proses pembuatan gigi tiruan porselen terakhir kita sudah membahas sampai dengan pembuangan malam pada model cetakan yang akan dicasting logam. untuk bagian kedua, sekarang kita akan membahas mengenai proses casting koping sampai dengan hasil akhir dari pembuatan gigi tiruan logam porselen.

  1. Setelah proses peng’oven’an selesai, logam yang utuh yang telah diukur cukup untuk mengisi lubang dari bentuk model malam yang telah bersih di dalam cetakan, yang nantinya akan membentuk koping (kerangka) logam. Logam tersebut dilelehkan.

 

 cast.torch2

casting process

 

  1. Setelah logam dilelehkan, bagian luar dari cetakan dipanasi juga dengan api casting sampai warna cetakan tersebut memerah. Hal ini dilakukan agar logam yang masuk ke dalam cetakan koping (kerangka) tersebut merata ke semua bagian cetakan koping dan dapat membentuk koping dengan sempurna.
  2. Setelah itu cetakan diletakkan di mesin casting (pengisian) logam untuk dimasukkan logam cair. Mesin casting (pengisian) logam ada yang memakai centrifugal dan ada juga yang sudah modern tanpa harus melakukan casting (pengisian) logam dengan cara manua; seperti casting centrifugal.

 castingrings06

cad cam

 

  1. Setelah cetakan terisi logam, cetakan tersebut ditunggu hingga dingin sekitar kurang lebih selama satu jam, agar logam tersebut benar-benar mengeras dan membentuk koping (kerangka) secara sempurna.
  2. Setelah satu jam, bahan tanam tuang yang sudah dingin tadi dihancurkan untuk mengeluarkan cetakan dari koping (kerangka) logam tersebut.

 n

 

  1. Setelah koping (kerangka) diambil, sandblasting (penggunaan kekuatan angin dan pasir halus) untuk membersihkan sisa-sisa bahan tanam tuang yang masih menempel pada koping logam.

             Namun, penggunaan sandblaster jangan terlalu keras kekuatan anginnya dan ujung alat sandblaster yang mengeluarkan angin jangan terlalu didekatkan dengan logam, karena dapat menyebabkan ukuran koping logam menjadi tidak pas dengan model cetakan gigi aslinya (logam jadi sedikit melebar).

 vacuum-system-master-blaster

 

  1. Setelah disandblasting, segera potong bagian sprue yang masih menempel pada koping logam dengan disk logam. Bagian luar koping logam tidak boleh dipulas halus karena bagian koping logam akan ditempelkan porcelain, dan bagian dalam servikal tidak boleh dipulas kasar maupun halus karena bagian tersebut yang akan menempel pada gigi asli yang telah dipreparasi.

 

4 

metal disk

 

  1. Hasil cetakan bentuk koping logam yang didapat akan seperti ini, kemudian masukkan secara bergantian ke dalam mesin ultrasonic yang memiliki dua bagian yaitu yang berisi alkohol lalu masukkan juga ke dalam bagian yang berisi air steril (aquades).

 koping

 

  1. Berikut ini kita akan mulai memasuki tahap pelapisan porcelain di atas koping (kerangka) logam. Hal pertama yang harus dilakukan adalah proses slurry (pelapisan koping logam dengan sedikit pelapis dasar porcelain, digunakan sebagai pengikat untuk logam dan porcelain). Slurry bisa juga disebut bagian opaque (opak) yang menutupi bagian logam agar warna gelapnya tidak menembus keramik. Proses slurry hanya dilakukan sekali dan harus merata satu lapis saja, jangan terlalu tebal.

 f

slurry1

 

              Setelah dilapisi slurry, kemudian koping logam tersebut diletakkan di mesin furnace (mesin pembakaran gigi porcelain) dengan suhu                     untuk slurry.

 furnace4

 

  1. Setelah dilapisi bagian opaque (slurry), kemudian dilapisi dengan dentin porcelain. Dentin porcelain didapatkan dengan cara mencapurkan bubuk porcelain dengan cairan yang khusus digunakan untuk porcelain, dengan adukan yang merata dan konsisten.

17 Touati

g

             Jangan lupa untuk melakukan teknik kondensasi setelah membentuk gigi dengan porcelain sebelum dimasukkan ke dalam mesin                            furnace (mesin yang digunakan untuk pembakaran gigi porcelain). Teknik ini dilakukan agar air yang terserap terlalu banyak di dalam                  porcelain dapat dikeluarkan, karena jika terdapat banyak kandungan air di dalam bentukan porcelain tersebut akan dapat                                          mengakibatkan keretakan (cracking) pada porcelain pada hasil porcelain setelah dibakar.

             Adapun teknik-teknik yang dapat digunakan untuk mengkondensasi porcelain adalah :

  1. Dengan teknik getar atau ketuk yaitu dengan menggetar-getarkan atau mengetuk koping logam yang telah dijepitkan pada gunting logam secara perlahan, agar porcelain yang menempel tidak rontok (berjatuhan).
  2. Dengan cara penyerapan yaitu setelah diketuk-ketuk secara perlahan, bentukan porcelain yang terlihat basah tersebut diserap airnya dengan menggunakan tissue halus dan ditempelkan secara perlahan.

 

             Perpaduan kedua teknik di atas dapat menghasilkan bentukan porcelain yang lebih baik dibandingkan hanya dilakukan salah satunya                  saja.

 

  1. Bentukan porcelain yang telah siap dimasukkan ke dalam mesin furnace yang telah diatur suhunya, segera diletakkan di atas tray yang tersedia untuk memasukkannya di dalam furnace.

 

 a

furnace3

 

Masukkan porcelain tersebut ke dalam mesin furnace, porcelain sangat memerlukan proses drying (pengeringan) selama 5 menit untuk mengeringkan sisa air yang masih terdapat pada porcelain. proses drying dilakukan dengan cara meletakkan porcelain ke dalam furnace tetapi mesin furnace belum tertutup rapat.

 121212212

 

Setelah proses drying, kemudian saatnya untuk melakukan teknik pembakaran. Adapun macam-macam ukuran suhu mesin furnace porcelain adalah :

  1. High fusing 1300o C – 1370o C

Suhu ini digunakan untuk proses pembakaran pada elemen gigi tiruan seperti pada logam.

  1. Medium fusing 1090o C – 1260o C

Suhu ini digunakan untuk proses pembakaran pada gigi tiruan logam porcelain (porcelain fused to metal) dan juga untuk all porcelain (semua bagiannya menggunakan porcelain, termasuk juga bagian koping atau kerangkanya).

  1. Low fusing 870o C – 1065o C

Suhu ini juga dapat digunakan untuk proses pembakaran pada gigi tiruan logam porcelain (porcelain fused to metal) dan juga untuk all porcelain (semua bagiannya menggunakan porcelain, termasuk juga bagian koping atau kerangkanya).

  1. Ultra low fusing 870o C

Suhu ini digunakan untuk proses pembakaran gigi tiruan jembatan (bridge) atau mahkota (crown).

 

Setelah pembakaran pada bagian dentin dan pembentukan (grinding) sesuai dengan bentuk gigi asli, kemudian lapisi bagian porcelain dengan lapisan enamel porcelain untuk menambah translusensi (tingkat kecerahan pada gigi porcelain) agar gigi porcelain mirip dengan gigi asli.

 g

 

Kemudian lakukan pembakaran sekali lagi seperti suhu pada saat pembakaran dentin porcelain. Bila bentuk dari gigi porcelain yang sudah jadi tersebut dirasa masih belum sempurna, lakukan grinding sekali lagi.

 

 05c Etienne

 

Berikut ini adalah gambaran dari pembetukan gigi porcelain yang sudah dibakar untuk dibentuk mirip seperti gigi asli :

 

 Sets-laboratory-Blocks5

Sets-laboratory-Blocks7

 

Lalu lakukan tahapan glazing pada gigi porcelain yang sudah jadi tersebut dengan cara melapisinya dengan lapisan glazing (lapisan yang digunakan untuk gigi porcelain agar terlihat mengkilap dan halus). Lapisan glazing akan memperkecil permukaan porselen yang terlihat kasar.

 pfm-gold

glaz1

glaz2

 

Ada juga teknik pembuatan gigi tiruan porselen dengan cara CAD-CAM atau dengan menggunakan kecanggihan computer tanpa harus melalui berbagai macam proses yang serumit itu, namun ketelitian dan kepandaian dalam mengolah aplikasi di dalam computer harus dimiliki oleh tekniker lab yang mengerjakannya.

Berikut ini adalah contoh gigi tiruan porselen dari hasil pembuatan dengan teknik CAD-CAM :

 

 cad4

cad-cam-technology

18

 

 

  1. Seperti itulah proses pembuatan gigi tiruan logam porselen, yang setelah jadi langsung dikirim dari lab gigi kepada dokter gigi untuk dipasangkan kepada pasiennya.

 

 6

restorative-bridges

 

 

 

 

 

 


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa