Share to Others People

Pasien :      dok, kenapa ya sakit sekali gigi saya, kadang saya merasa giginya yang sakit kadang gusi yang sakit….  apa karena gigi saya ada yang lubang atau  gusinya ada yang bengkak? ..kok bisa begitu ya dok?

Dokter :     oh..sakitnya pindah-pindah ya Bu? Sebentar ya Bu..saya cek dulu..

Pasien :      iya dok..

Dokter :     (memeriksa gigi pasien)

                   Bu..ini giginya lubang parah, gusi nya meradang

Pasien :      kok aneh ya dok? giginya lubang parah tapi saya kadang merasa sakit di gusi bukan di gigi. Tapi satu saat lain giginya yang sakit. Kenapa tidak bisa di bedakan ya dok?

          Sekilas adalah sebuah cuplikan dari percakapan dokter gigi kami dengan salah satu pasien di klinik gigi kami yang merasa penasaran mengapa sakit giginya bisa membingungkan. Padahal gigi yang berlubang tapi sakitnya kadang bisa di gusi kadang bisa di gigi nya

          Berikut ini adalah penjelasan dari sakit gigi yang rasanya bisa berpindah-pindah..

          Ada alasan yang bagus mengapa keadaan seperti itu menjadi hal yang membingungkan bagi kebanyakan pasien saat sakit gigi, yang mana penyebabnya bisa dari infeksi pada gigi itu sendiri, atau dari gusinya, atau bahkan bisa menyebar dari satu sisi ke sisi lainnya. Namun, tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut, karena dokter gigi akan melakukan diagnose dan perawatan yang benar untuk mengatasi masalah tersebut.

sakit gigi pindah2 6

 

          Saat gigi mengalami kerusakan atau pembusukan, bakteri akan masuk ke dalam jaringan yang ada pada gigi tersebut, bahkan jika kerusakan atau lubang gigi sudah parah (lubang sudah dalam sekali), bakteri dapat masuk ke dalam jaringan sistem syaraf di dalam gusi.

          Jaringan syaraf adalah jaringan yang sangat sensitif terhadap rasa sakit, karena di dalamnya terdapat banyak syaraf-syaraf yang menyambung dengan organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, rasa sakit gigi yang berpindah-pindah juga bisa dikarenakan oleh bakteri yang sudah menyebar ke syaraf-syaraf pada saluran akar gigi.

          Masalah yang terletak di dalam saluran akar gigi disebut endodontik (“endo” – di dalam ; “dont” – gigi ). Gejala dari masalah tersebut dapat bermacam – macam, bisa sakit terus menerus, timbul tenggelam, terkadang sakit terkadang tidak, terkadang hanya pada gigi yang bermasalah saja atau bahkan rasa sakitnya terkadang menyebar atau berpindah – pindah. Rasa sakitnya bisa juga bisa timbul karena perubahan suhu atau tekanan untuk gigi tersebut. Serabut saraf di dalam gigilah yang menyebarkan rasa sakit tersebut akan tetapi tidak ada serabut saraf yang memberikan signal pasti bahwa ” gigi ini loh yang sakit”. Terkadang rasa sakit seolah olah berasal dari sekelompok gigi, bahkan kadang seolah berasal dari sinus jika yang sakit adalah gigi atas.

          Di dalam kenyataannya, rasa sakit mungkin menghilang atau menjadi kronis dan jaringan pulpa gigi mati namun permasalahan sebenarnya belum selesai. Problem ini dapat menyebar ke jaringan periodontal ( jaringan yang membungkus gigi), yang melekat pada tulang dan jaringan sekitar gusi. Terkadang, infeksi dari saluran akar gigi bisa menyebar keluar dari ujung akar gigi ke jaringan periodontal dan menyebabkan masalah pada gusi. Hal ini terlihat sepertinya saku gusi (periodontal pocket) yang tidak terdeteksi – berupa jaringan gusi yang tidak melekat atau gusi bengkak yang sangat sakit.

          Jika gusi kita bengkak , kita akan langsung tahu gigi yang mana yang sakit, hal ini di sebabkan karena jaringan periodontal gigi kaya akan serat saraf yang dapat menghantarkan rasa sakit tersebut, sehingga kita akan langsung tahu gigi mana yang sakit.. Kondisi  seperti ini disebut  sebagai permasalahan yang utama pada saluran akar gigi dan masalah keduanya pada jaringan di sekitar gigi / jaringan pembungkus gigi (periodontal ), artinya infeksi yang dimulai dari gigi dan menyebar ke dalam gusi.

 

root canal

 

          Namun, sakit gigi berpindah – pindah juga dapat berasal dari jaringan yang membungkus gigi (di dalam gusi). Persamaan dengan penjelasan sebelumnya adalah dikarenakan oleh bakteri atau plak yang mencapai ke garis gusi yang bisa menyebabkan peradangan dan infeksi gusi. Efek hal tersebut dapat menyebabkan tidak melekatnya jaringan gusi di sekitar  permukaan gigi disebut juga pembentukan saku gusi (periodontal pocket).

          Dalam kasus yang lebih parah, infeksi bisa menyebar ke akar gigi lalu masuk ke jaringan pulpa gigi dan menginfeksi jaringan – jaringan di dalamnya. Kondisi  seperti ini disebut juga sebagai permasalahan yang utama pada jaringan yang membungkus gigi (periodontal)  dan masalah keduanya pada saluran akar gigi.

 

gum disease

 

          Oleh karena itu, menjelaskan mengenai sakit gigi yang membingungkan bukanlah hal yang mudah juga untuk dijelaskan, saat gigi terasa sakit membuat kita merasa kebingungan gigi nya ataukah gusi yang sebenarnya sakit. Permasalahannya bisa dari saluran akar giginya atau dari jaringan gusinya atau bahkan bisa kedua – duanya. Diperlukan diagnosa yang lebih teliti untuk mengetahuinya.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa