Share to Others People

Pernahkah Anda mengalami gigi yang tidak berlubang tapi rasanya sakit atau ngilu?

Pernahkah Anda berpikir bahwa tidak semua sakit gigi asalnya dari gigi yang berlubang?

Pernahkah Anda berpikir bahwa ada banyak faktor di luar gigi yang dapat menyebabkan sakit gigi?

Tertarik untuk tahu lebih lanjut? Baca artikel di bawah ini …

 

Beberapa pasien memiliki pengalaman sakit gigi yang terus-menerus tanpa mempunyai masalah gigi yang kelihatan nyata seperti gigi rusak, yang dapat menjelaskan mengapa sakit gigi tersebut terus menerus. Pasien-pasien tersebut mungkin sudah mengunjungi beberapa dokter gigi dan dokter gigi spesialis untuk mencari solusi dari penyakit gigi yang mereka alami, dan mungkin sudah melakukan perawatan saluran akar gigi, pencabutan gigi atau pun perawatan gigi lainnya namun tidak ada hasil yang nyata.

Jadi sakit gigi yang bukan berasal dari gigi meliputi beberapa kondisi yang mana rasa sakit itu berasal dari struktur jaringan yang berada di luar gigi yang bermasalah. Karena sakit tersebut terasa seperti sakit gigi, penyebabnya bisa sulit untuk diketahui  dan membingungkan untuk dokter gigi dan pasien itu sendiri.

 

APA YANG BIASANYA DIALAMI PASIEN…

Rasa sakit gigi yang penyebabnya bukan berasal dari gigi dapat muncul dalam berbagai  macam keluhan. Beberapa pasien merasakan rasa sakit yang tidak terlalu parah tetapi beberapa lainnya bisa merasakan sakit yang menyiksa, seperti sakit terus menerus, sakit yang menusuk dan sebagainya. Sakit tersebut bisa terus menerus, bisa juga datang dan pergi. Sakit tersebut biasanya dirasakan pada gigi atau di daerah sekitar gusi dan tulang. Bahkan tidak disangka-sangka, rasa sakit bisa berpindah-pindah dari satu gigi ke gigi yang lain dan bahkan berubah ke sisi satunya di dalam rongga mulut. Sakit tersebut bisa dialami dari berminggu-minggu sampai beberapa tahun.

root canal therapycabut gigi

Sakit gigi tersebut dapat membuat beberapa pasien menjalani beberapa perawatan gigi di gigi-gigi yang berbeda sebelum diketahui  diagnosa yang pasti. Sangat penting untuk mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu , karena beberapa tindakan perawatan gigi yang sudah terlanjur dilakukan tidak bisa dikembalikan lagi seperti semula atau  tidak bisa diubah lagi, contohnya perawatan saluran akar gigi atau pencabutan gigi.

Sakit gigi biasanya terjadi akibat masalah gigi seperti peradangan di dalam jaringan pulpa gigi (syaraf gigi) oleh karena gigi lubang, masalah gusi atau penyakit dalam jaringan periodontal (jaringan yg ada di sekitar gigi). Masalah gigi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan peradangan di dalam syaraf gigi, jaringan penyangga gusi dan tulang. Dokter gigi dapat melakukan perawatan gigi atau gusi, dan rasa sakit akan sembuh setelah perawatan.

Sebuah sakit gigi yang bukan berasal  dari gigi adalah penyebab lain dari rasa sakit tersebut. Jika dulu  rasa sakit gigi yang terus menerus tetapi penyebabnya tidak di ketahui  disebut juga dengan sakit gigi atypical  atau atypical odontalgia. Akan tetapi karena penyebab pasti dari jenis sakit ini semakin di mengerti, sebutan/ istilah sakit  tersebut semakin jarang dipakai

Menentukan penyebab dari sakit gigi yang terus menerus, beberapa kondisi harus di pertimbangkan. Kondisi- kondisi  ini termasuk di dalamnya adalah  masalah yang berasal dari  gigi maupun yang bukan  berasal dari gigi.

 

Gigi retak  (Cracked tooth):

gigi retak

Gigi yang retak atau gigi pecah yang tidak lengkap adalah sebuah kemungkinan yang bisa menjadi penyebab dari sakit gigi yang terus menerus. Namun, karena penyebab yang ditimbulkan tidak dapat dilihat secara nyata, mungkin sulit untuk diketahui / di identifikasikan. Sebuah diagnosa biasanya bisa dibuat dengan transiluminasi (pantulan cahaya yang terang dari gigi) atau tes gigitan pada gigi. Keretakan gigi seringkali ditangani dengan penggunaan band, dengan sebuah mahkota gigi, atau dengan perawatan saluran akar gigi. Apabila keretakan gigi terjadi di dalam akar gigi, pencabutan gigi dapat menjadi pilihan untuk penanganannya.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa