Share to Others People

Sakit gigi berasal dari jantung (cardiac toothache) :

 

heart attackAngina pectoris

 

Masalah jantung seperti kejang pada jantung (angina pectoris) atau serangan jantung (acute myocardial infarction), menyalurkan sakit pada bahu, lengan dan juga rahang. Kita tahu bahwa kondisi ini dapat menyebarkan rasa sakit pada gigi.  Kadang berhubungan dengan sakit pada dada tetapi terkadang tidak. Jika  sakit gigi berasal dari jantung, biasanya rasa sakit meningkat saat gerak badan / olah raga dan menurun dengan pengobatan yang spesifik untuk jantung (seperti tablet nitrogliserin). Perawatan diarahkan pada  masalah jantung yang  mendasari, dan ini dilakukan biasanya setelah dokter gigi Anda telah mengevaluasi /memeriksa gigi Anda.

 

Sakit gigi yang berasal dari rongga yg menghubungkan hidung dengan kepala (sinus / nasal toothache) :

 

referral headache pain

 

Masalah pada sinus  rahang atas dengan atau  paranasal mucosa bisa menyebarkan  rasa sakit pada gigi atas. Rasa sakit biasanya dirasakan pada beberapa gigi seperti sakit atau linu biasa, gatal-gatal atau sakit berdenyut. Kadang  berhubungan dengan penekanan di bawah mata dan bisa meningkat bila kita menundukkan kepala, memberikan penekanan pada sinus, batuk atau bersin. Tes di lakukan pada gigi Anda, seperti tes dingin, mengunyah dan mengetuk, bisa meningkatkan rasa sakit pada sinus. Sejarah dari infeksi saluran pernapasan atas, hidung buntu atau masalah sinus seharusnya bisa menjadi petunjuk sebagai sakit gigi yang berasal dari sinus. Pengujian pada diagnosa, seperti pemeriksaan secara visual pada hidung, rontgen pada sinus (sinus X-ray atau MRI), akan menunjukkan kondisi ini. Juga, tindakan pembiusan (topical anesthesia) di daerah tersebut seharusnya dapat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Pengobatan dengan antihistamin, decongestan, dan antibiotic juga dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

 

Neoplasias dan luka pada kepala (Neoplasias and other lesions in the head) :

 

tumor atau cancer

 

Beberapa tumor, aneurism (ketidaknormalan pada pembuluh darah), dan kelainan intracranial lain bisa menyebabkan rasa sakit pada mulut atau gigi Anda. Gejala yang melibatkan gigi secara umum diiringi dengan ketidaknormalan syaraf atau gejala systemic, seperti berkurangnya berat badan, kelelahan, dan lain sebagainya. Gejala seperti ini berpengaruh lebih dari masalah gigi itu sendiri. Tumor dapat juga muncul di daerah yang lebih dekat pada syaraf gigi, yang mana,  mungkin dapat menyebabkan gigi tanggal atau berpindah. Penggambaran yang jelas pada wajah, rahang dan kepala sangat penting untuk meneliti masalah ini. Meskipun mungkin masalah ini sangat jarang terjadi, namun tetap membutuhkan perawatan atau pengobatan yang diarahkan pada  masalah yang spesifik.

 

Gangguan fungsi pada kelenjar air liur atau kelenjar ludah (salivary gland dysfunction) :

 

salivary glands

 

Pasien dengan gangguan fungsi pada kelenjar ludah dapat mengalami sakit gigi melalui cara yang berbeda. Dapat terjadi melalui penyebaran sakit dari kelenjar ludah ke gigi. Mungkin juga terjadi melalui kompromi kesehatan dari gigi dan struktur penunjang dan juga karena tidak adanya air liur yang berfungsi untuk melindungi. Dalam kasus ini, dibutuhkan pengujian terpadu dari kelenjar ludah tersebut.

 

Gangguan kejiwaan (psychological disturbances) :

 

gangguan jiwa

 

Gangguan kejiwaan juga dapat menjadi penyebab dari sakit gigi. Meskipun  kita tahu bahwa tekanan (stress), ketegangan otot, kegelisahan dan depresi dapat menyebabkan rasa sakit yang dialami, akan tetapi hubungan sebab akibat diantara faktor kejiwaan dan sakit gigi yang berasal bukan dari gigi belum dapat dibuktikan . Oleh karena itu, gangguan kejiwaan menjadi pertimbangan penambah faktor sakit gigi dan bukan penyebab dari sakit gigi.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa