Share to Others People

Pertolongan / yang diharapkan (getting help / what to expect) :

 

dentist1

 

Adalah hal yang biasa jika para pasien telah mengunjungi beberapa ahli untuk masalah gigi mereka, termasuk dokter umum, dokter gigi, ahli syaraf, dokter THT, dokter gigi spesialis bedah, dengan harapan mereka dapat menemukan solusi untuk masalah gigi mereka.

Seorang dokter gigi yang berpengalaman di bidang rasa sakit wajah dan mulut  harus melakukan evaluasi  dan penilaian dengan teliti untuk  membantu mengidentifikasi masalah. Jika kelainan gigi tidak dapat dideteksi melalui pemeriksaan klinis yang lengkap, pengujian, rontgen (X-ray) dan pengujian lainnya, dokter gigi seharusnya waspada sebelum melakukan sebuah tindakan perawatan gigi yang tidak akan bisa kembali lagi seperti perawatan saluran akar gigi atau pencabutan gigi, sebelum diagnosa yang tepat diketahui.

Jika gigi sehat, penelitian mengenai rasa sakit yang bukan berasal dari gigi adalah tahap berikutnya. Ada beberapa gejala yang menandakan bahwa penyebab rasa sakit Anda, mungkin bukan berasal dari gigi. Termasuk rasa sakit pada beberapa gigi, rasa sakit yang berpindah-pindah dari satu gigi ke yang lainnya, rasa sakit yang menusuk atau yang sifatnya seperti terbakar, terjadi terus menerus, terjadi sebentar-sebentar tanpa keluhan dari organ / jaringan lain di lar gigi. Rasa sakit juga tidak menghilang ketika struktur gigi di bius atau jika Anda melakukan satu atau lebih perawatan gigi dan rasa sakit masih terasa, masalah tersebut mungkin bukan berasal dari gigi Anda.

 

Untuk menangani masalah Anda dan agar hasilnya dapat terlihat, sangat disarankan untuk memeriksakan masalah Anda kepada dokter gigi yang memiliki pengetahuan mengenai penyakit gigi dan mulut.

 

Apa yang diselesaikan di kantor dokter (what will be done at the doctor’s office) :

 

dentist

 

Dokter gigi Anda akan mengumpulkan keluhan klinis yang telah terjadi, mendengarkan dengan seksama deskripsi dan hubungan hubungan rasa sakit yang Anda rasakan.  Dokter gigi pastinya juga  menanyakan mengenai berapa lama rasa sakit tersebut Anda alami, bagaimana awal mulanya, karakteristik rasa sakitnya (kualitas, intesitas, terus menerus atau tidak, spontan atau harus ada pancingan nya dulu ), faktor faktor yang mengganggu dan menghilangkan dan perawatan dan konsultasi terdahulu seperti apa.

Lalu, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara fisik, akan melihat rasa sakit yang ditimbulkan dengan menyentuh daerah rasa sakit tersebut dan kemungkinan juga akan menekannya dan juga pada daerah di sekitar rasa sakit tersebut. Beberapa tes mungkin dilakukan, sebagai contoh tes panas dan dingin pada daerah yang terasa sakit atau pun pada bagian yang tidak terasa sakit, bahkan akan melakukan penyuntikan atau pembiusan pada daerah yang terasa sakit (beberapa bagian yang disuntik akan terasa kaku).

Ada beberapa tes diagnosa, seperti MRI atau CT scan (rontgen), yang akan digunakan dokter gigi untuk meneliti masalah yang Anda alami, dan bahkan sangat penting untuk mengetahui keberadaan kondisi lain yang lebih parah.

Penelitian masih dilakukan untuk mempelajari mekanisme spesific dan keadaan yang menyebabkan sakit gigi yang bukan berasal dari gigi dan perawatan yang dipilih. Mencari  diagnosa yang tepat dan perawatan untuk masalah gigi Anda bisa menjadi sangat membingungkan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, keterbukaan mengenai masalah yang Anda alami kepada dokter gigi Anda adalah hal yang sangat penting.

 

Demikian artikel ini kami bahas, agar dapat menjadi pertimbangan untuk Anda mengenai pentingnya pemeriksaan gigi secara rutin dan juga agar terhindar dari sakit gigi yang berasal dari berbagai organ tubuh. Kesehatan adalah hal yang sangat berharga.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa