Share to Others People

Anda bingung untuk memilih antara self-ligating braces atau konvensional braces yang ingin digunakan untuk merapikan gigi Anda? Berikut kami punya beberapa informasi yang bisa kami sampaikan.

 

gambar 1

Self-Ligating Braces merupakan teknologi kawat gigi cekat (behel) terbaru yang dapat bergerak lebih mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada Conventional Braces. Dalam perawatannya, Self Ligating Braces tidak menggunakan karet, akan tetapi pada bracesnya memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan dan mempunyai sistem buka tutup sendiri. Oleh karena itu tanpa karet, tekanan yang biasanya menimbulkan rasa sakit dari tekanan karet tidak lagi dirasakan. Behel ini pun memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pasien dan pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

 

gambar 2

 

Conventional Braces merupakan tipe braces yang paling banyak digunakan dan paling murah harganya. Dalam pemakaiannya dapat ditambahkan elastik dari karet yang warna dan bentuknya bermacam – macam sehingga cocok bagi mereka yang ingin tampil beda dan atraktif.

 

Gambar 3

 

Berikut Perbedaannya :

SELF – LIGATING BRACES

CONVENTIONAL BRACES

 

Self-ligating braces tidak perlu tie wires atau elastic ligatures untuk menahan lengkungan kawat ke braces, namun ada penahannya semacam “pintu” yang dibuat ke dalam masing – masing braces.

Perlu karet elastic sebagai penyangga kawat agar tidak bergerak.

Rasa sakit yang dialami lebih sedikit, karena tidak menggunakan karet elastic yang dapat memberikan tekanan terhadap gigi.

Rasa sakit cukup sering pada saat awal kontrol gigi, karena karet elastic memberikan tekanan terhadap gigi.

mempunyai ukuran behel yang lebih kecil dari behel biasa, menggunakan tenaga minimal selama perawatan namun relatif lebih cepat dengan tingkat ketidaknyamanan yang minimal.

Ukuran behel yang lebih besar, sehingga tidak jarang orang  sariawan karena mengalami gesekan dengan braces.

Menggunakan metode yang meniadakan friksi, namun tenaga yang minimal ini justru mampu menjadikan perawatan menjadi lebih cepat.

Menggerakkan gigi dengan tenaga dan friksi yang besar dan cenderung memaksa tubuh untuk segera berubah.

Pencabutan lebih jarang dilakukan. Jika mungkin ada, itupun biasanya hanya untuk kebutuhan estetika paras wajah pasien.

Agar mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggerakkan gigi, umumnya selalu dilakukan pencabutan gigi pasien yang sehat.

Tidak banyak yang menggunakan kawat pada saat perawatan, sehingga pembersihan karang gigi menjadi lebih mudah.

Banyak menggunakan kawat pada proses perawatan sehingga untuk membersihkan karang gigi menjadi agak sulit.

Kebersihan mulut lebih terjaga karena pembentukan karang gigi dan potensi gigi berlubang menjadi berkurang

Membutuhkan disiplin yang tinggi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Karena Conventional braces menggunakan karet elastic untuk penyangga, sehingga banyak sisa makanan yang menempel dan dapat berpotensi membuat gigi yang berlubang.

Rentang kontrol bagi pengguna Self-Ligating braces lebih panjang, dan tidak memerlukan banyak penyesuaian sehingga pasien tidak perlu terlalu sering kontrol.

Rentang kontrol bagi pengguna Conventional braces lebih singkat, karena braces konvensional memerlukan tenaga besar yang akan terus berkurang dengan cepat, sehingga perlu kontrol yang teratur.

Biaya lebih mahal daripada Konvensional braces.

Paling murah harganya dibandingkan jenis braces yang lain.

Suplai darah pada jaringan periodonsium tidak terganggu, karena tetap mempertahankan kekuatan atau gaya yang optimal.

Bisa menghambat suplai darah pada jaringan periodonsium, kalau kekuatan atau gaya penarikan yang diberikan cukup besar.

 


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa