Share to Others People

Masih ingat sebuah lagu di masa kanak – kanak ini:

Burung kakak tua, hinggap di jendela…
Nenek sudah tua giginya tinggal dua…

Kita di masa kita tua nanti

Lagu anak – anak yang sangat populer itu tanpa kita sadari memberi sedikit gambaran kita tentang masa tua kita. Masa di mana kita sudah menjadi tua dan gigi – gigi kita sudah mulai tanggal. Bisa bayangkan tidak bagaimana penampilan kita jika hanya mempunyai gigi yang tinggal beberapa? Pasti kita merasa malu karena kita sudah menjadi ompong. Dan pastinya kita akan kerepotan menutupi mulut saat kita berbicara dengan orang lain. Apakah kita tidak merasa malu saat kita mau memberi senyum kepada orang yang kita sayangi tapi gigi kita ompong? Duh, pasti tidak mau kalau hal ini terjadi di dalam hidup kita.

Tenang, tenang. Jangan panik dulu. Gigi ompong sudah bukan menjadi masalah besar untuk saat ini. Di era yang super modern seperti saat ini, para pakar di bidang kedokteran gigi juga tidak mau kalah dalam menunjukkan kemajuan teknologi di dunia perawatan dan kesehatan gigi. Untuk mengatasi kegelisahan orang – orang tentang gigi tanggal, kini hadir sebuah inovasi yang bernama implan gigi.

Implan gigi sudah mulai dikenal oleh masyarakat sudah cukup lama. Yang merasa belum tahu banyak  tentang implan gigi, kini sudah saatnya untuk menyiapkan hati, jiwa dan raga untuk membaca artikel ini, karena artikel ini akan menyuguhkan beberapa informasi mengenai implan gigi.

Implan gigi atau bahasa kerennya dental implant merupakan sebuah terobosan yang ditawarkan oleh dunia kedokteran gigi, di mana gigi implan atau gigi buatan ditanam di dalam gusi dan tulang kita untuk menggantikan gigi kita yang sudah tanggal dengan melalui sebuah tindakan pembedahan.

Nah, dengan demikian, begitu gigi – gigi kita mulai tanggal, kita tidak perlu khawatir lagi dengan penampilan kita. Tinggal pakai gigi implan, kita tidak perlu takut lagi untuk menghabiskan masa tua kita tanpa gigi.

Bersiap untuk implan

Meski kemungkinan efek samping untuk implan gigi sangat kecil, tidak semua orang bisa melakukan implan gigi lho. Pasien yang bisa melakukan implan gigi ialah hanya pasien yang sehat. Pasien yang kondisi kesehatannya kurang dan tingkat kebersihan oral yang rendah pun tidak diperbolehkan untuk melakukan implan seperti penderita HIV/AIDS, diabetes dan kelainan tulang. Tidak hanya itu saja, pasien yang mempunyai kebiasaan merokok pun tidak diperbolehkan untuk melakukan implan gigi karena akan mempengaruhi proses penyembuhan pasca pemasangan implan. Di samping itu, implan gigi hanya dianjurkan pada pasien yang berusia di atas 17 tahun. Karena, masa sebelum 17 tahun ini merupakan masa di mana massa tulang dibentuk secara sempurna.

Setelah dipastikan kondisi tubuh pasien fit untuk melakukan implan, jangan lupa untuk mengecek riwayat kesehatan pasien. Sekedar memastikan untuk tindakan – tindakan yang bisa diambil pasca pemasangan implan. Pasien juga diwajibkan untuk melakukan pengambilan X-ray untuk mengetahui kondisi, ketebalan dan ada tidaknya kelainan pada tulang gigi.

Jika kondisi pasien sudah memenuhi syarat, barulah implan gigi bisa dilakukan. Perawatan pasca implan pun dianggap mudah, pasalnya pasien hanya dianjurkan untuk melakukan perawatan gigi seperti perawatan gigi biasa. Menggosok gigi sehari 2 kali dengan pasta gigi dan melakukan check up secara berkala. Mudah kan? Tunggu apa lagi.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa