Penyebaran ke sinus hidung :

sinus1

Sinus hidung dari tengkorak dapat langsung terinfeksi melalui penyebaran infeksi dari gigi dan jaringan sekitar rongga mulut, yang menyebabkan sinusitis. Lubang pada dinding sinus juga dapat disebabkan oleh karena infeksi. Sinusitis yang berasal dari gigi terjadi bersamaan dengan sinus pada rahang atas (sinus maksilaris), oleh karena gigi geraham rahang atas dan jaringan sekitarnya letaknya paling dekat dengan sinus. Oleh karena itu, sinusitis pada rahang atas dapat terjadi karena penyebaran infeksi dari pembengkakan periapikal yang menerobos melubangi dasar sinus melibatkan mukosa sinus. Gigi yang terkontaminasi atau pecahan akar pada saat pencabutan dapat masuk ke dalam sinus rahang atas, merangsang terjadinya infeksi.

sinus hidung

Kebanyakan infeksi sinus rahang atas bukan berasal dari gigi, tapi penyebabnya adalah infeksi saluran pernafasan atas, saat infeksi terjadi pada daerah hidung menyebar ke sinus. Infeksi di salah satu sinus bisa menyebar melalui rongga hidung ke sinus yang lain, sehingga menyebabkan komplikasi yang serius pada pasien, seperti infeksi pada rongga tengkorak dan otak. Jadi, sinusitis ini sangat penting untuk dirawat secara cepat oleh dokter dari pasien tersebut untuk menghilangkan infeksi awal.

sinusitis

Gejala sinusitis adalah sakit kepala, biasanya di daerah dekat sinus yang terkena dan hidung berbau busuk atau turun ke daerah faring, kemungkinan bersamaan dengan demam dan lemas. Kulit daerah sinus yang terinfeksi bisa menjadi terasa perih, panas, dan kemerahan karena bengkak / radang  pada daerah tersebut. Bisa terjadi dyspnea, juga rasa sakit, saat jalan hidung dan sinus ostia menjadi tertutup oleh karena efek dari bengkaknya jaringan yang ada pada sinus. Pada awalnya, bukti radiografi atau rontgen dari sinusitis adalah menebalnya dinding sinus. Pemeriksaan sinusitis selanjutnya mungkin menunjukkan peningkatan gambaran warna putih dan mungkin lubang. Sinusitis akut biasanya ditangani dengan pengobatan antibiotik, ditambahkan pengeluaran cairan melalui penggunaan decongestan. Operasi mungkin dapat diindikasikan untuk sinusitis rahang atas yg kronis / menahun untuk memperbesar ostia pada dinding lateral rongga hidung, sehingga pengeluaran cairan dapat menghentikan efek dari infeksi tersebut.

Penyebaran di aliran darah :

pembekuan pembuluh darah

Infeksi dari gigi dan jaringan sekitar rongga mulut dapat menyebar ke kepala dan leher melalui sistem pembuluh darah karena bakteri pathogen dapat berjalan ke dalam pembuluh darah dan membawa infeksi yang ada di daerah rongga mulut menuju ke jaringan atau organ lainnya. Penyebaran infeksi gigi dengan melalui aliran darah dapat terjadi dari bakteri yang ada di pembuluh darah  atau pembuluh darah yang terinfeksi. Bakteri yang berjalan di dalam darah dapat menyebabkan perpindahan infeksi bakteri bersamaan dengan perawatan gigi. Seseorang dengan resiko yang tinggi untuk terinfeksi endocarditis mungkin memiliki bakteri ini yang keluar dari dalam jaringan, menyebabkan infeksi yang cukup berat di  dalam jantung, sehingga menyebabkan kerusakan jantung yang parah dan fatal. Pasien tersebut mungkin membutuhkan pengobatan antibiotic untuk mencegah infeksi bakteri pada saat menjalani perawatan gigi.

penyumbatan-pembuluh-darah-jantung

Bekuan pembuluh darah atau thrombus yang terinfeksi dapat keluar dari dalam dinding pembuluh darah dan berjalan sebagai embolus. Emboli dapat berjalan di dalam pembuluh darah, melewati rongga mulut menuju ke daerah seperti pembuluh darah sinus dalam tulang cranial. Oleh karena di dalam rongga tulang cranial terdapat pembuluh darah yang dapat mengalir ke dalam dan keluar tulang ini.