Tambal gigi permanen dilakukan untuk menutup lubang pada gigi yang berlubang. Tambalan gigi ada yang bersifat permanen dan sementara. Tambal Gigi permanen ini  dapat menyatu pada gigi dalam waktu lama. Jenis tambalan ini juga dibuat sedemikian rupa dari bahan yang menyerupai struktur gigi yang kokoh.

Tambal Gigi  permanen mudah terlepas oleh karena beberapa hal :

1. Terjadi kebocoran pada tambalan

‘Kebocoran’ adalah kondisi ketika bahan tambalan dan gigi tidak merekat sempurna sehingga memungkinkan serpihan makanan dan air liur memasuki atau meresap ke celah antara tambalan dan gigi. Lama kelamaan akan menyebabkan tambal gigi permanen tersebut mudah lepas.

2.Jenis / material dan bahan tambal yang salah

Ada berbagai macam jenis / material bahan tambal gigi permanen yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi masing – masing. Penggunaan jenis bahan tambal yang tidak sesuai dengan kondisi kerusakan gigi salah satunya dapat menyebabkan tambalan tersebut mudah lepas.

3. Proses penambalan yang terganggu

Pada saat proses penambalan yang seharusnya tidak boleh terkontaminasi oleh air liur terjadi kontaminasi akibat dari menutupnya mulut pasien saat ditambal, lidah pasien yang mengenai gigi yang ditambal atau jumlah air liur yang berlebihan sehingga bahan tambalan tidak dapat menempel dengan baik, sehingga tambal gigi pemanen yang di lakukan  tersebut mudah lepas

4. Kerusakan gigi yang terlalu besar sehingga bahan tambal mudah lepas

gigi lubangKerusakan gigi yang melibatkan ¼ anatomi gigi atau lebih dalam prinsip penambalan seharusnya tidak bisa ditambal biasa karena dinding penyangga bagian tersebut hilang dan harus dibuatkan mahkota gigi. Jika pasien memaksa untuk dilakukan tambal gigi permanen biasa, hal ini dapat menyebabkan bahan tambal tersebut tidak tahan lama, tambalan jadi mudah lepas

5. Kebersihan dan pemeliharaan gigi juga merupakan faktor penting dalam mempertahankan tambal gigi permanen mu agar tidak mudah lepas dan tahan lama

tambal gigi permanen pada gigi patah

6. Gigi depan yang patah dan melibatkan sebagian kecil atau besar permukaan kunyah

Gigi depan yang patah dan melibatkan seluruh permukaan kunyah biasanya jika ditambal nantinya akan mudah lepas karena dinding penyangga nya sudah tidak ada,. Dan pada kasus seperti ini  seharusnya di buatkan mahkota gigi, bukan paksakan untuk di tambal. Jika di paksakan untuk di tambal, maka tambal gigi permanen tersebut jadi mudah lepas biarpun sudah permanen.

7. Kebiasaan menggertakan gigi pada malam hari 

bruxism penyebab tambal gigi permanen lepas

Kebiasaan tersebut dapat memicu tambal gigi permanen yang di lakukan cepat aus dan lepas. Hal ini terjadi akibat dari gesekan dan tekanan pada gigi terus menerus sehingga bahan tambal terkikis menjadi tipis  dan mudah lepas.

Oleh karena itu, apabila ingin tambal gigi permanen kamu tahan lama, sebaiknya pasien memperhatikan poin berikut.

  • Harus mau lebih memperhatikan kebersihan giginya.
  • Kerusakan yang melibatkan ¼ anatomi gigi atau lebih memiliki dinding penyangga yang tinggal sedikit sehingga harus di perbaiki dengan menggunakan crown atau mahkota agar lebih tahan lama dan tidak mudah pecah.
  • Kontrol secara rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali akan sangat membantu agar bisa diketahui adanya karies sekunder (lubang gigi yang terjadi disebelah gigi yang baru ditambal – ini adalah penyebab paling sering tambalan gigi lepas).
  • Dibutuhkan ke kooperatifan atau kerjasama pasien pada proses penambalan sehingga tidak terjadi kontaminasi air liur pada proses penambalan.
  • Penggunaan Mouth Guard untuk pasien yang memiliki kebiasaan menggegratkan gigi.

Sekadar informasi saja, buat kamu yang tinggal di daerah Jawa Timur khususnya Surabaya, ada klinik gigi Surabaya yang rekomended banget, yakni Shiny Smile Dental Clinic. Didukung dengan tim dokter gigi spesialis dan dokter gigi umum, yang tentunya bisa menjadi tempat jujukan kalian yang di surabaya yang mencari tambal gigi surabaya. Dengan tempat praktek yang nyaman dan bersih, Shiny Smile Dental Clinic adalah klinik gigi kosmetik dan restorasi terkemuka di Surabaya.

Fokus utama tim Shiny Smile sebagai salah satu klinik gigi Surabaya adalah kedokteran kosmetik gigi. Kedokteran kosmetik gigi tidak hanya akan memberikan kamu kesehatan gigi dan senyum yang baru, tetapi juga  akan mengubah hidup kamu untuk selamanya. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Shiny Smile Dental Clinic di Jl. Wisma Permai Barat I No. 33 (blok LL-24), Surabaya 60115. Jika anda tertarik untuk pasang kawat gigi, Anda bisa menghubungi kami via Whatsapp di 08 223 227 3737

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa