Share to Others People

Saat ini banyak sekali gaya hidup manusia yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut menjadi semakin buruk. Gaya hidup atau kebiasaan buruk tersebut seperti sering sekali makan makanan dan minum minuman yang manis-manis tapi kurang teratur menggosok gigi. Hal tersebut lambat laun akan menyebabkan gigi yang awalnya bagus dan sehat menjadi berlubang bahkan bisa menyebabkan ngilu jika lubang itu sudah terlalu dalam.      

Lubang pada gigi dalam kedokteran gigi disebut juga karies gigi. Karies gigi adalah penyakit infeksi yang dapat merusak struktur dari gigi itu sendiri dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Penyebab dari karies gigi adalah bakteri dan gula. Bakteri mengubah sisa makanan yang mengandung gula menjadi asam, dan asam inilah yang akhirnya dapat menyebabkan gigi berlubang.

Pada awalnya lubang kecil yang terbentuk di email gigi atau permukaan gigi akan menjadi celah dan sisa makanan akan tersangkut di lubang tersebut. Perlahan namun pasti, bakteri akan mengubah lubang tersebut menjadi semakin besar dan semakin dalam yang akan membuat si penderita akan merasakan linu atau ngilu.

Dalam kedokteran gigi, untuk menangani kasus gigi berlubang bisa dilakukan tindakan penambalan untuk bagian gigi yang telah rusak (bagian dari gigi yang mengalami karies/berlubang). Ada juga tambalan cor / indirect filling yang dibuat untuk menggantikan bagian gigi yang berlubang, salah satu bahan yang digunakan adalah logam. Tambalan cor / indirect filling  tersebut biasa disebut dengan dental alloy restoration.  Adapun macam-macam dental alloy restoration yaitu onlay, inlay dan full cast crown.

Logam yang digunakan untuk dental alloy restoration yaitu emas, campuran antara platinum dengan silver yang menghasilkan warna silver, dan juga copper yang menghasilkan warna kuning. Campuran yang digunakan untuk logam tersebut adalah nickel chromium alloys, cobalt chromium alloys, titanium dan titanium alloys.

Apa sih amalgam itu?

gambar54

Amalgam adalah bahan yang digunakan untuk penambalan gigi berlubang. Bahan ini digunakan sejak jaman dahulu kala. Secara bahasa amalgam adalah bahan yang mengandung merkuri dengan tambahan logam lainnya, biasanya terdapat campuran silver. Merkuri merupakan logam yang mudah berinteraksi dengan air. Merkuri dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit, pernafasan dan makanan atau minuman. Merkuri organic merupakan bentuk senyawa organic yang tercemar melalui udara dan pernafasan.

Pada saat dilakukan tindakan penambalan gigi dengan menggunakan amalgam, proses penghalusan atau pengeburan amalgam di dalam mulut dapat menghasilkan endapan kandungan merkuri yang dapat tertelan dan racun dari merkuri tersebut dapat mengendap dalam tubuh. Endapan kandungan merkuri di dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada paru-paru dan kegagalan pernafasan yang dapat mengakibatkan kematian.

Seiring dengan banyaknya penelitian mengenai bahaya dari penggunaan merkuri untuk bagian tubuh termasuk gigi dan mulut, lambat laun tambalan amalgam ditinggalkan oleh dokter gigi dan beralih menggunakan komposit sebagai bahan tambal.

Apa sih inlay itu?

gambar53

Metal Inlay adalah tambalan cor atau disebut juga “indirect  filling”,  yang digunakan untuk menambal bagian gigi yang berlubang pada sebagian kecil permukaan gigi dan bagian dalam gigi. Metal Inlay merupakan pengganti tambalan gigi amalgam yang berbahan dasar logam. Bisa dari campuran logam atau juga dari bahan dasar emas. Kata inlay berarti tambalan tersebut terletak di dalam, di tengah dari gigi. Disebut “indirect filling” karena tambalan tersebut tidak langsung di buat di dalam mulut, seperti amalgam, akan tetapi harus melalui proses pencetakan dulu, untuk kemudian dipasang / dilekatkan di dalam mulut.

gambar55

Apa sih onlay itu?

gambar56

Metal Onlay adalah tambalan cor atau indirect filling  yang digunakan untuk menambal  bagian gigi yang berlubang yang meliputi salah satu permukaan mahkota gigi dan ada juga yang sampai setengah mahkota gigi. Kata onlay berarti di atas, tambalan tersebut sudah berada di atas gigi meliputi salah satu permukaan gigi atau bahkan seluruh permukaan  gigi. Onlay lebih besar daripada inlay. Metal Onlay  pun juga bisa dari campuran logam atau dari emas. Proses pembuatan onlay sama dengan inlay, harus melalui proses pencetakan dulu. Setelah itu baru dilekatkan di dalam mulut.

Apa sih full cast crown itu?

gambar57

Full cast crown adalah gigi tiruan mahkota penuh yang terbuat dari logam. Full cast crown menggantikan keseluruhan dari mahkota gigi yang rusak dan telah dipreparasi. Berbahan dasar campuran logam atau emas.

Apabila terbuat dari emas, kekuatannya paling tinggi dibandingkan logam maupun tambalan lainnya Dapat pecah di bagian tepi sedikit demi sedikit
Menggunakan lem sebagai bahan perlekatan, sehingga sewaktu-waktu dapat lepas Langsung melekat di gigi, tetapi bisa pecah sedikit demi sedikit di bagian tepi yang menempel di gigi dan dapat tertelan pecahan tersebut tanpa disadari
Tidak bisa digunakan untuk orang yang alergi logam Dapat menyebabkan kerusakan jaringan paru-paru dan kegagalan pernafasan apabila terhirup, serta dapat menyebabkan penyakit di bagian pencernaan apabila tertelan
Dapat langsung dipoles pada saat proses pembuatan Pada saat dilakukan penambalan, tidak dapat langsung dipoles karena memerlukan waktu 24 jam untuk amalgam agar dapat mengeras sempurna di seluruh bagiannya
Dapat digunakan dalam jangka panjang Dapat digunakan dalam jangka panjang, namun dapat pecah bagian tepinya sedikit demi sedikit
Lebih mengkilap daripada tambalan amalgam Kurang mengkilap dibandingkan dengan inlay onlay
Harganya lebih mahal daripada tambalan amalgam Harganya lebih murah daripada inlay onlay
Sangat bagus untuk gigi belakang karena daya tahannya bagus terhadap daya kunyah yang kuat Tidak bisa dilakukan proses penambalan langsung pada dua sisi (gigi kanan dan gigi kiri), karena proses mengerasnya yang lama
tidak terdapat kandungan bahan logam yang berbahaya bagi tubuh Terdapat kandungan merkuri yang berbahaya bagi tubuh
   

Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa