Mengenal Tentang Terapi Akupuntur, dan Manfaatnya Untuk Anda

Akupuntur Adalah tehnik pengobatan tusuk jarum. Anda pasti pernah mendengar tentang teknik akupuntur. Ini adalah salah satu teknik terapi yang cukup terkenal dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok.

Sudah sejak lama teknik terapi tersebut digunakan, dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kini terapi tersebut sudah dikenal luas tidak hanya di negeri asalnya, namun di mancanegara, termasuk Indonesia.

Akupuntur Adalah

Pada dasarnya teknik akupuntur adalah teknik pengobatan, dengan menggunakan jarum yang cukup tipis, dan dimasukkan ke dalam bagian tubuh seseorang yang sedang sakit. Termasuk salah satu teknik pengobatan kuno, yang sudah diturunkan secara turun temurun, kurang lebih selama 2500 tahun.

Apabila ditelaah lebih dalam, teknik akupuntur sendiri, merupakan teknik holistic, yang menyalurkan arus energy untuk menyembuhkan penyakit, atau disebut dengan qi atau chi. Ketika aliran energy tidak stabil, maka dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Tujuan dari akupuntur adalah, untuk memulihkan kondisi kesehatan, design meningkatkan energi dalam tubuh seseorang. Caranya dengan menusukkan jarum ke titik tertentu, untuk merangsang syaraf otot dasar dalam tubuh manusia, agar dapat bekerja dengan baik.

Titik titik akupuntur

Teknik dasar dari akupuntur sendiri, yaitu lebih pada menyalurkan energi chi ke dalam tubuh seseorang yang sedang sakit. Tujuannya agar aliran energinya jadi seimbang, dan tubuh jadi sehat.

Seorang ahli akupuntur biasanya akan menggunakan setidaknya 14 buah jarum, yang akan digunakan untuk membuka jalur energi, dan dikenal dengan sebutan meridian. Artinya terapis tersebut akan menusukkan jarum jarum tersebut, pada titik tertentu di sepanjang jalur meridian tersebut.

Jarum yang sudah disterilkan sebelumnya tersebut, akan dimasukkan ke bawah kulit, dan tidak sampai masuk ke dalam timbunan lemak, yang ada di  bawah lapisan kulit secara perlahan namun pasti.

Adapun titik akupuntur yang dimiliki manusia sendiri, jumlahnya cukup banyak, sekitar 400 hingga 500 titik. Titik titik tersebut berhubungan dengan sistem organ tubuh internal. Berikut ini adalah titik akupuntur yang dipetakan menjadi 14 titik saluran meridian utama, yaitu :

  1. Paru paru, sebanyak 1 buah titik
  2. Usus besar, sebanyak 20 buah titik.
  3. Perut, sebanyak 45 buah titik.
  4. Limpa, sebanyak 21 buah titik
  5. Jantung, sebanyak 9 buah titik.
  6. Usus halus, sebanyak 19 buah titik.
  7. Kandun kemih, sebanyak 67 buah titik.
  8. Ginjal, sebanyak 27 buah titik.
  9. Pericardium sebanyak 9 buah titik.
  10. Triple energizer, yaitu organ yang hanya diakui oleh pengobatan Tiongkok, namun tidak diakui oleh pengobatan dunia barat, sebanyak 23 buah.
  11. Kantung empedu, sebanyak 44 buah.
  12. Hati, sebanyak 14 buah,
  13. Governing vessel, sebanyak 28 buah. Bagian ini juga disebut dengan lautan Yang.
  14. Conception vessel, sebanyak 24 buah. Bagian ini, disebut juga dengan lautan Yin.

Manfaat akupuntur adalah

Penggunaan jarum akupuntur ini,terbukti mampu merangsang produksi zat penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Namun selain itu, masih ada manfaat lain, ketika seseorang menggunakan teknik terapi yang satu ini, antara lain :

  1. Mengatasi migrain dan sakit kepala

Dalam teknik terapi akupuntur ini, akan dilakukan pada titik titik yang mampu merangsang syaraf untuk melepaskan hormon endorphin. Umumnya titik titik yang dimaksud berada di bagian kepala. Hormon endorfin sendiri, nantinya akan membantu mengurangi rasa sakit. Sehingga mampu mengatasi nyeri pada kepala atau juga migrain.

Selain itu akupuntur juga mampu mengubah peredaran darah pada otak, serta menambahkan aliran darah bagian thalamus. Dimana bagian tersebut, bertugas untuk menyampaikan pesan rasa sakit dan juga perasaan atau panca indra lainnya.

  1. Mengurangi nyeri punggung bawah

Bagi Anda yang sering mengeluh nyeri pada punggung bawah, lantaran segudang aktivitas yang dilakukan, maka coba saja terapi akupuntur. Karena salah satu manfaat teknik terapi akupuntur, ternyata terbukti, mampu mengurangi nyeri di bagian punggung bawah.

Tekniknya kurang lebih sama, yaitu menggunakan jarum akupuntur, untuk memberikan rangsangan pada beberapa titik syaraf, agar mengeluarkan hormon endorphin. Hasilnya nyeri pada punggung bawah, perlahan akan mulai reda, dan pasien, dapat melakukan berbagai aktivitas secara leluasa kembali.

  1. Meredakan nyeri radang sendi

Penyakit radang sendi, atau yang kerap disebut dengan arthritis ini, memang paling sering terjadi di bagian lutut. Teknik akupuntur tersebut terbukti mampu mengatasi masalah nyeri pada punggung bawah, terutama untuk radang sendi ringan atau sedang. Penggunaan secara tepat dan rutin. Mampu mengatasi masalah tersebut.

Sedangkan untuk kondisi yang lebih berat, memerlukan kombinasi pengobatan, antara akupuntur,dengan obat anti nyeri, serta fisioterapi.

  1. Memperlambat penuaan pada kulit

Manfaat lain dari teknik terapi akupuntur adalah mampu memperlambat proses penuaan dini. Kali ini, jarum yang digunakan, akan membantu memperlancar aliran darah dan menjaga elastisitas kulit.

Teknik terapi ini dikenal juga dengan istilah akupuntur kosmetik. Pihak terapis akan menusukkan jarum pada beberapa titik tertentu yang ada di bagian kepala, wajah dan juga leher.

  1. Mampu mengatasi obesitas

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa ternyata terapi akupuntur, juga dapat meningkatkan sistem  metabolisme tubuh seseorang, mampu menurunkan stress, serta mampu menurunkan nafsu makan. Artinya seseorang yang sedang melakukan program diet, dapat menggunakan teknik akupuntur tersebut.

Tapi, walaupun teknik akupuntur adalah tehnik yang  Anda gunakan. Anda yang sedang melakukan program diet, tetap harus mengkonsumsi makanan secara seimbang, dengan pola makan yang baik, serta olahraga yang teratur.

  1. Mempercepat proses pemulihan stroke

Penggunaan teknik terapi akupuntur, juga dapat dilakukan, untuk seseorang yang sedang menderita stroke. Syaratnya terapi tersebut harus dilakukan secara tepat dan juga rutin. Hasilnya kemampuan gerak pada pergelangan tangan dan bahu akan mengalami peningkatan yang cukup baik. Tidak hanya tangan, demikian juga dengan bagian tubuh lainnya.

Selain itu, penggunaan teknik tusuk jarum juga mampu meringankan rasa sakit dan juga rasa tidak nyaman akibat stroke. Apabila dikombinasikan dengan fisioterapi, maka pengobatan pasca stroke, akan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Klinik akupuntur terdekat  

Teknik terapi akupuntur, tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Jika Anda hendak menggunakan teknik terapi tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan baik, seperti:

  • Pastikan dokter atau terapis sudah mempunyai sertifikat akupuntur atau ijazah sekolah Akupuntur. Umumnya terapis professional, akan memajang sertifikat tersebut di tempat terapinya.
  • Pastikan teknik penggunaan jarum akupuntur sudah sesuai dengan prosedur atau standar aturan yang ada. Seperti selalu mengganti jarum akupuntur setiap satu pasien dan tidak menggunakan lagi jarum tersebut, dan yang lainnya.
  • Terapis yang baik, akan selalu menanyakan tentang kondisi pasien, dan juga rekam medis pasien, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Saat ini mencari terapi akupuntur tidak terlalu sulit. Anda dapat mencarinya di Shiny Smile Clinic, hubungi kami dengan klik di sini. Dokter akupuntur di tempat kami sangat berpengalaman dan lulusan sekolah Akupuntur di China. Ada baiknya jika Anda mencari terapi akupuntur yang berpengalaman, dan tahu titik titik akupuntur yang harus di harus di lakukan tusuk jarum untuk hasil yang benar benar efektif. Tujuannya, agar Anda mudah mencapai tempat tersebut, dan dapat melakukan terapis secara rutin, Sehingga proses terapi berlangsung secara baik dan maksimal.