Share to Others People

Kanker lidah merupakan salah satu bagian dari kanker mulut. Kanker lidah adalah kanker yang dapat terjadi pada daerah lidah dan sekitarnya. Kanker lidah memiliki beberapa klasifikasi, yaitu kanker mulut, kanker rongga mulut, kanker orofaringeal. Gejala yang ditimbulkan oleh kanker lidah hampir sama dengan gejala yang ditimbulkan oleh kanker mulut. Gejala yang paling sering muncul adalah terjadinya luka pada lidah atau sariawan.

2

Perbedaan antara sariawan biasa dengan sariawan yang merupakan gejala kanker lidah atau kanker mulut adalah terletak pada kekerasan dan jangka waktu sariawan tersebut tidak kunjung sembuh. Apabila sariawan biasa muncul, sariawan tersebut akan cepat sembuh bila dibiarkan ataupun diberi obat sariawan. Namun jika sariawan sudah diberi obat dan tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu sampai berminggu-minggu, hal tersebut dapat merupakan gejala awal dari kanker lidah.

3 

Gejala kanker lidah ada beberapa macam lainnya, seperti benjolan pada lidah atau penebalan pada lidah atau bagian dari rongga mulut lainnya. Nyeri pada lidah dan terkadang nyeri dapat terasa sampai ke daerah telinga. Lidah sulit untuk menelan dan mengunyah makanan, bahkan si penderita tidak dapat makan karena merasakan sakit pada lidahnya dan lidah terasa sangat kaku. Lidah yang sering berdarah juga merupakan salah satu tanda dari kanker lidah. Terdapat bisul yang berbentuk seperti kembang kol dan juga timbulnya bercak putih pada lidah dapat digolongkan juga sebagai gejala awal kanker lidah.

4

Banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan kanker lidah. Adapun faktor-faktor tersebut adalah merokok atau menghisap tembakau. Rokok ataupun tembakau memiliki kandungan nikotin dan zat karsinogenik yang dapat merusak jaringan sehat di dalam rongga mulut, pada awalnya penderita akan merasakan sakit pada tenggorokannya. Dan apabila penyebaran kanker sudah parah, efek yang dapat terjadi selanjutnya adalah pembengkakan pada daerah leher. Hal itu karena zat karsinogenik yang terdapat dalam tembakau sudah menyerang kelenjar getah bening yang berada di jaringan sekitar rongga mulut dan rahang.

Di dalam rokok juga masih banyak terkandung zat berbahaya lainnya selain nikotin, dan semua kandungan zat tersebut dapat merusak jaringan otak dan seluruh jaringan organ tubuh terutama jaringan inti dari dalam tubuh.

Mengkonsumsi alkohol adalah salah satu dari penyebab timbulnya kanker lidah. Meskipun di dalam alkohol tidak terdapat kandungan karsinogenik seperti yang dimiliki oleh rokok ataupun tembakau, namun di dalam alkohol terkandung zat etanol yang dapat mempercepat proses penyerapan zat karsinogenik yang dikonsumsi seseorang, sehingga hasilnya akan sama saja dengan perokok yaitu sama-sama zat karsinogeniknya akan diserap oleh jaringan di dalam rongga mulut dan juga jaringan tubuh yang lainnya.

5

Kanker lidah lebih banyak terjadi pada kaum pria, karena sudah terlihat jelas bahwa kebanyakan pria adalah perokok aktif dan bahkan ada yang perokok super dan juga penggemar berat alkohol.

Usia juga merupakan faktor yang dapat menimbulkan kanker lidah. Usia di atas 40 tahun jauh lebih mudah terserang kanker lidah. Apalagi jika orang tersebut adalah pengidap HIV. Para pengidap HIV memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah, jadi lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. Selain dari beberapa hal tersebut, faktor keturunan dari keluarga pengidap kanker lidah juga dapat berisiko tinggi terserang kanker lidah.

6

Orang yang sering melakukan rontgen pada daerah rongga mulut juga dapat beresiko terkena kanker lidah. Karena sinar X yang ditimbulkan oleh rontgen tersebut jika terlalu sering, lambat laun akan mempercepat proses timbulnya kanker lidah.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kanker lidah dapat dicegah dengan cara memeriksakan gigi ke dokter gigi dengan rutin minimal tiap 6 bulan sekali. Pada saat pemeriksaan, jangan lupa meminta dokter gigi untuk memeriksa kesehatan rongga mulut kita termasuk lidah kita.

7

Menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut juga merupakan salah satu cara mencegah timbulnya kanker lidah. Apabila timbul sariawan pada lidah atau pun di rongga mulut lainnya, segera diperiksakan agar dapat segera diobati oleh dokter gigi dan jangan pernah meremehkan sariawan.

8

Berhentilah merokok bagi Anda yang perokok atau pun Anda yang senang sekali mengkonsumsi bahan yang mengandung tembakau. Bagi para pecandu alkohol, sebaiknya hentikanlah meminum-minuman alkohol tersebut. Ingatlah bahwa kesehatan itu mahal harganya dan merokok dan mengkonsumsi alkohol itu dapat mengurangi jatah usia kita berada di dunia ini, karena rokok dan alkohol itu ibarat bom waktu.

9

Bagi Anda yang sudah terkena kanker lidah, jangan pernah berkecil hati, tetaplah berpikir positif bahwa kanker lidah tersebut akan sembuh. Ada banyak cara untuk mengurangi dan menghilangkan penyebaran dari sel-sel kanker tersebut, yaitu dengan cara operasi atau pengangkatan tumor atau benjolan yang terjadi pada lidah Anda. Hal kedua yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan terapi radiasi, hal ini dilakukan agar dapat memperlambat penyebaran sel kanker dan menyusutkan benjolan atau tumor pada lidah Anda. Hal ketiga yang dapat dilakukan jika penyebaran kanker sudah terkena jaringan kelenjar getah bening yaitu dengan mengkombinasikan antara terapi radiasi dengan kemoterapi.

 


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa