Share to Others People

Anda bisa menjaga kesehatan mulut dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Tetap menjaga kestabilan kadar glukosa di dalam tubuh. Dokter akan membantu mengendalikan angka atau kadar glukosa darah agar tetap stabil. Selain itu, dokter juga akan menyarankan tentang apa yang sebaiknya dilakukan apabila kadar glukosa darah terlalu rendah atau terlalu tinggi.
  2. Menjaga pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat, serta mengikuti anjuran makanan yang diperbolehkan dan tetap mengikuti aturan dokter maupun ahli diet Anda.
  3. Tetap membersihkan gigi dengan rutin menyikat gigi setidaknya sebanyak 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Dimana kandungan fluoride inilah yang melindungi gigi dari kerusakan

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat menyikat gigi dengan baik, yaitu :

    • Sikat gigi secara teratur di pagi hari, menjelang tidur, dan tiap kali sesudah mengonsumsi makanan bertepung atau kudapan manis.
    • Pakai sikat gigi lembut.
    • Sikat gigi yang lembut dan baik ialah sikat gigi yang biasanya mengarah ke dalam garis gusi.
    • Caranya pakai gerakan melingkar.
    • Sikat gigi bagian depan, bagian belakang, serta bagian atas gigi. Selain itu, bersihkan pula lidah Anda.
    • Ganti sikat tiap 3 bulan sekali atau bisa lebih cepat apabila bulu pada sikat gigi sudah menyebar atau sikat gigi tampak aus. Sikat gigi yang baru dapat menghilangkan plak lebih banyak.

4. Untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi, sebaiknya kumur-kumur dengan pembilas mulut yang mengandung fluoride atau bisa juga dengan menambahkan air minum ber-fluoride.

5. Mintalah saran dokter gigi untuk memakai obat kumur anti gingivitis atau anti plak untuk mengendalikan plak gigi atau mencegah timbulnya penyakit gusi.

6. Pakai metode flossing atau membersihkan gigi memakai benang, setidaknya 1 kali sehari. Adapunflossing ini nantinya dapat mencegah timbulnya flak. Berikut cara flossing gigi yang tepat, diantaranya :

    • Anda bisa gunakan gigi depan atau belakang terlebih dahulu, lalu geser benang gigi melingkar ke atas kemudian ke bawah dan lakukan di setiap gigi, jangan lupa bersihkan pula bagian bawah gusi.
    • Pakai floss atau benang yang bersih saat bergerak dari satu gigi ke bagian gigi yang lainnya.

7. Cara untuk mengatasi plak gigi lainnya ialah dengan memakai pick atau sikat yang tipis dan biasanya didesain khusus untuk membersihkan sela-sela gigi. Anda bisa membelinya di apotek.

8. Jika Anda menggunakan gigi palsu, sebaiknya rawat agar gigi palsu Anda tetap bersih dan pastikan mencopotnya saat malam hari.

9. Langsung hubungi dokter gigi anda dengan segera, saat Anda merasakan gejala gangguan pada mulut.

10. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setahun atau 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi. Dokter gigi biasanya akan menyarankan perawatan jika Anda memerlukannya.

11. Sebaiknya ikuti saran dari dokter gigi, mengenai beberapa hal :

    • Apabila dokter gigi memberitahukan tentang masalah gigi, sebaiknya lakukan tindakan dengan segera.
    • Ikuti perawatan yang dianjurkan dokter gigi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

12. Beritahukan dokter, bahwa Anda mempunyai diabetes,

    • Informasikan dokter gigi pribadi Anda tentang kondisi atau riwayat kesehatan Anda dan apa saja obat-obatan yang sedang dikonsumsi.
    • Tunjukan beberapa hasil tes darah Anda, semisal tes A1C.
    • Tanyakan pada dokter, apakah Anda membutuhkan antibiotik, baik sebelum maupun sesudah perawatan apabila diabetes yang Anda alami tidak terkendali.

13.Jika Anda merokok, sebaiknya berhenti merokok untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa