Behel Gigi Surabaya

Pasang Behel Gigi Terdekat Surabaya. Memiliki tampilan gigi yang kurang rapi menjadi permasalahan bagi sebagian orang, dan satu-satunya cara untuk memperbaikinya ialah dengan pemasangan behel gigi. Akan tetapi, pemasangan tersebut sebaiknya mempertimbangkan banyak hal.

Mulai dari jenis behel yang sesuai, budget, hingga spesialis nya. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Behel Gigi?

Behel merupakan alat yang membantu memperbaiki masalah pada gigi anda, seperti gigi bengkok, tidak rapi, atau menumpuk. Kebanyakan orang mulai memasang behel sejak usia remaja, namun orang dewasa juga tetap bisa.

Selama menggunakannya, gigi perlahan akan lurus dan sejajar dengan jalurnya sehingga anda dapat mengunyah makanan secara normal. Sebagian orang memasang behel gigi terdekat untuk memperbaiki senyum mereka.

Apabila anda punya masalah gigi bengkok atau posisinya kurang sejajar, ada beberapa variasi perawatan yang membantu meratakan posisi gigi tersebut, termasuk behel, retainer, atau alat-alat khusus gigi dan mulut lainnya.

Kenapa Jangan Sembarangan Pasang Behel?

Tahukah anda bahwa pemasangan behel seharusnya dilakukan oleh seorang orthodontist (spesialis behel gigi)? Apa bedanya dengan dokter gigi pada umumnya? Hal satu ini rupanya masih banyak yang belum diketahui masyarakat.

  • Dokter gigi

Dapat disebut juga sebagai dokter umum yang hanya menangani masalah gigi umum dan perawatan gigi umum, seperti tambal gigi, pembersihan karang gigi, cabut gigi sederhana, dll. Baik dokter gigi atau orthodontist, pasien akan dimintai cek kesehatan, rontgen mulut dan gigi, foto wajah untuk keperluan perawatan.

  • Orthodontist

Sementara itu, orthodontist adalah dokter gigi umum dengan pendidikan spesialisasi lanjutan kurang lebih 3 -4 tahun, yang pada akhir nya  memegang gelar spesialis (Sp. Ort) dan memiliki spesialisasi dengan memperbaiki serangkaian masalah susunan pada gigi.

Selama masa pendidikannya, seorang spesialis akan mempelajari estetika rahang, posisi gigi, hingga wajah. Mereka akan fokus menangani pasien pasien dengan permasalahan posisi gigi sampai memastikan bahwa rahang  dan gigi telah sejajar agar struktur wajah bagus.

Masalah-masalah gigi dan mulut yang terdengar sepele ini justru bisa mengundang berbagai komplikasi seperti gigi berlubang, gingivitis, sakit kepala, atau cepatnya penumpukan plak.

Baca juga : Orthodontist: Cara Memilih Dokter Gigi Spesialis Ortodontik yang Tepat

Jenis-jenis Behel Gigi di Shiny Smile

Apa saja jenis-jenis behel gigi yang ada dan bagaimana fungsinya? 

  1. Behel damon

Termasuk inovasi baru dalam dunia kedokteran gigi, behel damon adalah tipe terbaru yang mampu mengurangi rasa sakit ketika anda memakainya. Masuk dalam metode self ligating yang memungkinkan kawat bergerak lebih bebas selama proses perbaikan gigi. Metode ini pun tak membutuhkan lagi karet behel, dan hanya memakai slide kecil untuk pergeserannya.

  1. Behel keramik

Selain jenis metal yang tren, kawat gigi jenis keramik juga cukup populer. Behel satu ini terbuat dari keramik khusus dengan warna menyerupai gigi, sehingga anda tak perlu khawatir mengganggu penampilan. Kawat gigi tersebut juga bisa terbuat dari stainless steel hingga emas.

  1. Behel self ligating

Serupa dengan behel metal tradisional, namun kawat gigi ini tidak memerlukan karet behel elastis kecil dimana metodenya bisa menahan kawat tetap pada tempatnya.

  1. Behel metal

Merupakan salah satu jenis behel tradisional yang paling sering diaplikasikan. Dalam satu rangkaiannya termasuk brackets yang ditempel pada gigi, kawat untuk mempererat setiap gigi yang fleksibel. Beberapa kawat gigi juga termasuk dengan karet atau pengikat logam yang menghubungkan setiap kawat. Karet-karet tersebut menciptakan tekanan untuk membantu proses meluruskan dan penyelarasan gigi. Terkadang, dokter akan meminta pasien untuk menggunakan alat bernama headgear saat malam hari yang membantu menambah tekanan pada gigi. Alat tersebut bisa dilepas-pasang.

Baca juga : Behel Metal Konvensional vs Behel Self Ligating

  1. Behel invisalign

Disebut juga clear aligners, behel ini termasuk jenis aligner gigi yang harganya cukup mahal. Terbuat dari plastik bening yang dirancang khusus mengikuti gigi, penggunaannya akan memberi tekanan perlahan untuk menggeser gigi ke posisi yang benar.

Behel ini bisa dilepas ketika makan, menyikat gigi atau flossing, tapi harus tetap digunakan setidaknya 22 jam setiap harinya, di luar Invisalign, sekarang mulai banyak sekali yang membuat clear aligner dengan merk yang berbeda dari Invisalign.

  1. Behel sapphire

Bracket hadir dalam tampilan bening layaknya kaca, kawat gigi ini mampu membantu gigi anda tampak lebih putih bersinar. Bahannya lebih kuat, juga mudah dibersihkan sehingga tetap menjaga gigi dari plak. Lama perawatannya bisa mencapai tiga tahun, behel gigi sapphire mematok harga cukup mahal.

  1. Aligner gigi

Aligner gigi sama-sama berfungsi untuk memperbaiki struktur gigi anda, namun tidak dapat menyeluruh. Alat satu ini tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa dilepas pasang, seperti Klar Clear Aligner.

Biasanya dokter akan membuat cetakan gigi terlebih dahulu, sementara itu aligner sendiri terbuat dari logam dan plastik. Alat tersebut seringkali perlu rutin dipasang setelah anda melepas behel. Selain kelebihannya yang mudah dilepas, tetapi penggunaan aligner juga menyulitkan anda saat berbicara.

  1. Behel lepas pasang

Apakah anda pernah mendengar behel lepas pasang? Ya, jenis behel ini biasanya di gunakan pada anak anak di bawah usia 12 tahun.

Digunakan untuk memperbaiki gigi yang berantakan ringan. Dan bisa di lepas pasang sendiri oleh anak. Karena bisa di lepas pasang sendiri, membuat behel ini menjadi kurang efektif. Tanpa kerjasama dari si anak, behel gigi jenis ini tidak di sarankan.

  1. Behel lingual

Jika biasanya bracket dipasang pada bagian terluar gigi, behel lingual justru dipasang di bagian belakang gigi, menghadap lidah jadi jenis ini tidak terlihat dari luar.

Baca juga : Pasang Kawat Gigi Itu Penting, Mengapa?

Prosedur Pasang Behel Gigi

Apakah anda punya beberapa keluhan dengan gigi, ingin memperbaiki strukturnya agar tidak mengganggu aktivitas? Sebelum itu, ini dia sederet tips sebelum memasang kawat gigi :

  • Konsultasi bersama orthodontist

Langkah paling awal, pilih dan konsultasikan lah keluhan anda bersama ahlinya. Alangkah baiknya memilih orthodontist yang berpengalaman,  sebab gigi dan senyum anda 

  • Siapkan Rontgen Foto Gigi

Sebelum memasang behel gigi terdekat surabaya membutuhkan rontgen gigi, untuk melihat gigi gigi yang ada, apakah perlu persiapan dulu sebelum pemasangan.

Contoh: ada gigi yang rusak yang harus di rawat terlebih dahulu sebelum pemasangan behel, atau kah ada gigi yang perlu di tambal dahulu sebelum di pasang behel nya.

  • Pilih jenis kawat yang dibutuhkan

Pilih dan konsultasikan jenis kawat yang anda perlukan. Misalnya jika anda tidak ingin behel mengganggu penampilan, maka bisa memilih jenis invisalign, sapphire, keramik, atau lingual.

  • Pahami bahwa behel hanya untuk struktur gigi

Kemudian, pahami juga bahwa pemakaian behel hanyalah untuk memperbaiki struktur gigi yang kurang rapi dan selaras. Sedangkan untuk kondisi gigi gigi tertentu, yang terlalu maju atau mundur dengan pertumbuhan rahan yang kurang,  akan membutuhkan prosedur medis lebih lanjut berkaitan dengan rahang.

  • Hindari pakai behel asal-asalan

Terakhir, jangan terburu-buru memasang behel gigi, melalui non Orthodontist (spesialis behel gigi) demi harga yang murah. Pemasangan behel asal-asalan bukannya memperbaiki, justru malah merusak gigi anda, bahkan menimbulkan ancaman penyakit mulut dan gigi.

Berharap harga murah, tetapi malah harus merawat gigi anda yang rusak, itupun jika masih bisa di rawat, jadi nya tidak murah. 

Baca juga: Tempat pasang kawat gigi terbaik  

Kemana pasang behel gigi di Surabaya? Kemana mencari Orthodontist Surabaya?

Untuk Anda yang berada di  Surabaya, ada klinik gigi Surabaya yang rekomended banget, yakni Shiny Smile Dental Clinic. Didukung dengan tim dokter gigi spesialis yang berpengalaman dan kompeten untuk melakukan berbagai kasus-kasus spesialisasi.

Di dukung dengan tempat yang nyaman dan bersih, Shiny Smile Dental Clinic bisa menjadi  klinik gigi terdekat Anda untuk melakukan berbagai perawatan restorasi dan kosmetik gigi.

Fokus utama tim Shiny Smile sebagai salah satu klinik gigi Surabaya adalah kosmetik gigi. Kedokteran kosmetik gigi tidak hanya akan memberikan kamu kesehatan gigi dan senyum yang baru, tetapi juga  akan mengubah hidup kamu untuk selamanya.

Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Shiny Smile Dental Clinic di Jl. Wisma Permai Barat I No. 33 (blok LL-24), Surabaya 60115.  Anda bisa menghubungi kami untuk bertanya tanya via  Whatsapp di 08 223 227 3737

Mengapa memilih Shiny Smile

  1. Di kerjakan langsung oleh Orthodontist berpengalaman lebih dari 25 tahun
  2. Free Konsultasi, cetak gigi, dan Pembersihan karang gigi senilai 1.000.000
  3. Bersih dan Aman dengan Protokol Kesehatan standar internasional
  4. Cicilan 0% dengan berbagai macam pembayaran. 
  5. Telah merawat ribuan kasus ortho

 

Referensi: 

Dental braces

Braces and orthodontics