Orthodontist: Cara Memilih Dokter Gigi Spesialis Ortodontik yang Tepat

Ada yang bilang kalau mau pasang kawat gigi sebaiknya ke dokter gigi, tapi ada pula yang merekomendasikan lebih bagus di orthodontist. Sebenarnya apa sih beda keduanya? Bukanya sama saja ya antara dokter gigi dengan orthodontist?

Behel atau kawat gigi merupakan sebuah alat bantu yang berguna untuk memperbaiki susunan gigi. Cara kerjanya dengan memberikan tekanan pada gigi dengan periode jangka panjang. Tekanan tersebut bertujuan untuk menghasilkan gigi yang lebih rapi.

Penggunaan behel tidak semata hanya untuk kebutuhan penampilan. Akan tetapi juga sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan. Nah, dimana tempat pasang kawat gigi terbaik? apakah di dokter gigi atau orthodontist.

Baca juga : Merapikan Gigi Tanpa Behel: Membandingkan Opsi Aligner, Veneer, dan Crown Gigi

Kemana Sebaiknya Pasang Kawat Gigi?

Pemasangan kawat gigi harus di tempat yang memiliki tenaga kompeten di bidangnya. Tempat pasang behel yang aman pada dasarnya adalah ke dokter gigi spesialis behel gigi atau orthodontist.

Dokter gigi umum mungkin bisa saja memberi pelayanan soal pasang kawat gigi. Sama seperti bila kamu memiliki masalah kandungan. Kamu bisa periksa masalah kandungan di dokter umum, tetapi untuk mendapatkan pelayanan terbaik kamu harus ke dokter spesialis kandungan (SpOG). Yang punya ilmu soal pasang kawat gigi adalah Orthodontist .

Orthodontist adalah dokter gigi spesialis khusus buat kamu yang ingin yang mau pasang behel gigi untuk meratakan atau merapikan gigi. Dokter yang bergelar Sp. Ort. ini memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk memberikan perawatan konvensional dan radikal pada maloklusi ringan sampai yang berat.

Perlu kamu pahami bahwa selain dokter gigi spesialis Kawat Gigi ( Orthodontist ), sebenarnya masih ada banyak spesialisasi lainnya. Ada Pedodontist, Sp.KGA (Spesialis Kedokteran Gigi Anak), Endodontis, Sp.KG (Spesialis Konservasi Gigi atau yang di kenal Spesialis Saraf Gigi), Periodontist, Sp.Perio (Spesialis Periodonsi atau Spesialis Tulang dan Jaringan Lunak), Oral Surgeon, Sp.BM (Spesialis Bedah Mulut), Prosthodontist, Sp.Prost (Spesialis Gigi Palsu), dan Oral Medicine, Sp.PM (Spesialis Penyakit Mulut)

Baca juga: Behel Gigi Surabaya

Beda Dokter Gigi dan Orthodontist

Pasang behel memang bisa dilakukan di dua tempat yakni di dokter gigi umum dan spesialis behel gigi atau  orthodontist. Keduanya sama-sama memiliki pendidikan di bidang spesialis gigi, akan tetapi memiliki beberapa perbedaan, yakni:

1. Background Pendidikan

Secara latar belakang pendidikan, dokter gigi dan orthodontist sudah berbeda. Dokter gigi umum menempuh pendidikan kedokteran gigi saja. Akan tetapi, khusus orthodontist pendidikan yang ditempuh adalah lanjutan dari kedokteran gigi.

Maksudnya, setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, kemudian lanjut lagi ke specialist orthodontist. Kamu bisa membayangkan perbedaannya dengan profesi dokter umum dan spesialis. 

2. Penanganan yang Dilakukan

Orthodontist biasanya melakukan penanganan dengan fokus pada perbaikan posisi gigi yang tidak tepat (maloklusi). Posisi gigi yang tidak tepat akan membuat struktur wajah juga tidak seimbang, kesulitan membersihkan gigi, bahkan bisa membuat sakit kepala. 

Gigi yang menumpuk dan sulit dibersihkan ini akan rentan berlubang. Pada akhirnya bisa menyebabkan pembusukan dan penyakit gusi. Oleh karena itu, perbaikan posisi gigi haruslah dilakukan.

Sedangkan dokter gigi umum bertugas untuk mengatasi pasien dengan kondisi gigi yang masih ringan. Bisa melakukan penanganan pemasangan behel. Akan tetapi, sifatnya masih terbatas, dengan pengetahuan melalui kursus kursus singkat dan  bukanlah melalui sekolah lanjutan ataupun sekolah spesialis untuk orthodontist. 

Baca juga: Behel Self Ligating: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Penanganan seperti gigi berlubang, karang gigi, sakit gigi ringan bisa mendatangi dokter gigi umum. Biasanya jika ditemukan masalah susunan atau posisi gigi yang lebih serius dan membutuhkan pemasangan behel gigi, akan dirujuk ke dokter gigi spesialis orthodontist untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Anda mengalami 1 dari 5 hal ini. Segera pasang behel gigi

Waktu yang Tepat dalam Memilih Dokter Gigi Umum dan Orthodontist

pasang kawat gigi

Kapan Mencari Orthodontist:

  1. Ketika Anda atau Anak Anda Memiliki Masalah Ortodonsi: Jika Anda atau anak Anda memiliki masalah ortodonsi, seperti gigi yang tidak teratur,  ada masalah ketika mengigit, gigi berantakan, gigi berjejal, gigi tonggos, mulut tidak nyaman, atau masalah rahang, sebaiknya memilih orthodontist sesegera mungkin. Penanganan dini dapat mencegah perkembangan masalah yang lebih serius.

  2. Usia Anak-anak dan Remaja: Orthodontist biasanya melihat anak-anak pada usia 7 hingga 9 tahun untuk penilaian awal perkembangan gigi dan rahang. Namun, perawatan ortodonsi sebenarnya dapat dimulai kapan saja, tergantung pada kebutuhan individu.

  3. Keinginan untuk Perbaikan Estetika: Jika Anda atau anak Anda ingin memperbaiki penampilan gigi atau senyuman, orthodontist dapat memberikan solusi seperti behel gigi transparan atau perawatan ortodonsi lainnya untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  4. Setelah Rujukan dari Dokter Gigi Umum: Jika dokter gigi umum Anda merujuk Anda atau anak Anda ke orthodontist karena permasalahan ortodonsi, segera jadwalkan konsultasi dengan orthodontist. Rujukan ini biasanya berarti ada masalah yang perlu ditangani oleh seorang spesialis ortodonsi.

  5. Pergantian Gigi Susu: Ketika gigi susu mulai lepas dan digantikan oleh gigi permanen, ini adalah waktu yang baik untuk mengidentifikasi masalah ortodonsi yang mungkin timbul. Orthodontist dapat membantu memandu pertumbuhan dan perkembangan gigi permanen untuk memastikan bahwa gigi tersebut tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Pasang Kawat Gigi itu penting, Mengapa?

Kasus-kasus seperti itu sebaiknya datang ke orthodontist, dimana nanti akan diberikan solusi yang tepat. Misalnya memakai behel gigi, clear aligner dan berbagai teknis lainnya.

Memilih Dokter Gigi Umum:

  1. Pemeliharaan dan Perawatan Gigi Rutin: Dokter gigi umum sebaiknya menjadi pilihan Anda untuk pemeliharaan dan perawatan gigi rutin, seperti pemeriksaan tahunan, pembersihan gigi, penanganan gigi berlubang, dan perawatan umum lainnya. Anda sebaiknya menjadwalkan janji temu rutin dengan dokter gigi umum setidaknya sekali dua kali setahun.

  2. Darurat Gigi: Dokter gigi umum juga dapat membantu dalam situasi darurat gigi, seperti nyeri gigi tiba-tiba atau kecelakaan yang melibatkan cedera gigi.

  3. Konsultasi Tentang Perawatan Gigi Umum: Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang kesehatan gigi Anda, atau jika Anda ingin memulai perawatan gigi kosmetik atau perawatan lebih lanjut, dokter gigi umum dapat memberikan konsultasi awal dan merujuk Anda ke spesialis jika diperlukan.

Tips Memilih Orthodontist yang Tepat:

  1. Latar Belakang Pendidikan. Orthodontist dengan latar belakang pendidikan spesialis behel, bukan hanya kursus kursus dan mengaku sebagai spesialis behel. 
  2. Pengalaman. Sudah berapa lama Dokter Spesialis Behel tersebut praktek, setelah lulus?
  3. Foto Before After. Lihat sudah berapa banyak kasus kasus yang di tangani. 
  4. Reputasi. Lihat testimoni pasien untuk Dokter Spesialis Behel tersebut. Setiap orthodontist tentu punya kekurangan, tetapi secara garis besar bagaimana testimoni pasien terhadap Orthodontist tersebut, dan testimoni pasien tersebut benar – benar pasien yang melakukan perawatan, bukan karena di bayar untuk melakukan testimoni.

Kemana harus mencari Orthodontist atau Spesialis Behel Gigi di Surabaya?

Untuk Anda yang berada di  Surabaya, ada klinik gigi Surabaya yang rekomended banget, yakni Shiny Smile Dental Clinic. Didukung dengan tim dokter gigi spesialis yang berpengalaman dan kompeten untuk melakukan berbagai kasus-kasus spesialisasi, salah satunya adalah Orthodontist.

Jika anda mencari tempat pasang kawat gigi dengan Orthodontist yang berpengalaman, maka anda bisa datang ke Shiny Smile, karena Orthodontist di Shiny Smile berpengalaman 26 tahun. Dengan tempat yang nyaman dan bersih, Shiny Smile Dental Clinic bisa menjadi  klinik gigi terdekat Anda untuk melakukan berbagai perawatan restorasi dan kosmetik gigi.

Fokus utama tim Shiny Smile sebagai salah satu klinik gigi Surabaya adalah kosmetik gigi. Kedokteran kosmetik gigi tidak hanya akan memberikan kamu kesehatan gigi dan senyum yang baru, tetapi juga  akan mengubah hidup kamu untuk selamanya.

Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Shiny Smile Dental Clinic di Jl. Wisma Permai Barat I No. 33 (blok LL-24), Surabaya 60115.  Anda bisa menghubungi kami untuk bertanya tanya via  Whatsapp di 08 223 227 3737  

 

Referensi: 

Why Orthodontics?

The role of an orthodontist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed