Share to Others People

Bagaimana Caranya Untuk Mengetahui Adanya Gangguan Masalah Mulut Akibat Diabetes?

Untuk mengetahui adanya masalah diabetes, sebaiknya periksakan kesehatan mulut Anda. Jika Anda merasakan adanya masalah pada tubuh terutama pada mulut Anda, segera kunjungi dokter gigi. Beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang mengalami gangguan mulut akibat diabetes, seperti gusi berdarah, gusi membengkak dan terjadinya tumpukan plak. Pada sebagian orang mungkin gejalanya penyakit gusi tidak terlalu terlihat.

Mungkin Anda tidak tahu jika Anda mempunyai masalah yang berkaitan dengan gangguan kesehatan gigi sampai muncul kerusakan yang serius. Sebagai upaya pencegahannya ialah rutin mengunjjungi dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setahun untuk melakukan pemeriksaan sekaligus membersihkan gigi.

Bagaimana Saya Mempersiapkan Diri Saat Mengunjungi Dokter Gigi?

Untuk merencanakan kunjungan yang akan datang, sebaiknya bicarakan pada dokter beserta dokter gigi sebelum Anda melakukan kunjungan, bicarakan tentang cara merawat agar glukosa darah tetap stabil. Sekaligus tidak memberikan dampak buruk bagi kinerja gigi anda.

Mungkin Anda dianjurkan untuk meminum obat diabetes tertentu yang membuat kadar glukosa darah menjadi rendah, hingga menyebabkan hipoglikemia. Kemudian jika Anda harus meningkatkan insulin dan mengonsumsi obat bagi penderita diabetes lainnya, bisa makan dan konsumsi seperti biasa sebelum Anda mendatangi dokter gigi.

Sebaiknya tunda tindakan perawatan gigi yang bersifat non emergency apabila kadar glukosa darah semakin tidak terkendali. Ketika Anda merasa sangat gugup berkunjung ke dokter gigi, sebaiknya beritahukan perasaan Anda kepada dokter gigi atau tenaga medis lainnya. Hal ini bertujuan agar dokter gigi bisa melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan. Jangan biarkan kondisi Anda harus menghentikan jalannya pemeriksaan rutin yang harus dilakukan.

Jika Anda terlalu lama menunggu untuk melakukan perawatan kesehatan mulut, maka bisa saja membuat kondisi kesehatan gigi dan mulut lebih buruk.

 

Bagaimana Jika Mulut Menjadi Sakit Sesudah Menjalani Perawatan Gigi?

Biasanya kondisi mulut Anda yang sakit setelah melakukan perawatan gigi adalah hal yang wajar terjadi. Apabila hal ini terjadi, mungkin Anda tidak bisa mengunyah atau makan makanan dengan baik selama beberapa waktu, hingga beberapa hari. Untuk mendapatkan panduan mengenai cara untuk menyesuaikan diri dari rutinitas biasanya sampai kondisi mulut menjadi sembuh, sebaiknya minta saran dokter.

Konsultasikan beberapa hal yang harus dilakukan bersama dokter Anda, berikut ini :

    • Apa saja minuman dan makanan yang harus dikonsumsi atau yang dilarang untuk dikonsumsi.
    • Konsultasikan jika harus mengubah jadwal pengambilan obat diabetes.
    • Konsultasikan jika Anda mesti mengubah dosis pemakaian obat diabetes.
    • Konsultasikan seberapa sering atau tanyakan jadwal pasti kapan Anda harus melakukan pemeriksaan glukosa darah.

Bagaimana Rokok Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Mulut?

Merokok bagi penderita diabetes membuat kondisi mulut bisa menjadi lebih buruk. Bahkan merokok dapat meningkatkan peluang untuk menyebabkan timbulnya penyakit gusi, infeksi jamur pada mulut, hingga menyebabkan kanker mulut. Selain itu, merokok tidak hanya bisa membuat warna pada gigi menjadi kuning, tetapi juga bisa menyebabkan bau napas lebih buruk.

Penyakit diabetes yang disertai merokok pada penderitanya merupakan kombinasi yang berbahaya. Karena merokok bisa meningkatkan resikokomplikasi pada penderita diabetes. Nah, jika Anda berhenti merokok, akan memberikan dampak positif berikut ini :

    • Dapat menurunkan resikostroke, jantung, amputasi, penyakit ginjal dan penyakit saraf.
    • Menstabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah.
    • Meningkatkan sirkulasi darah.

Karena itu, berhenti merokok selagi Anda masih sehat apalagi bagi penderita diabetes!


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa