Share to Others People

Memiliki gigi putih berseri tentu menjadi keinginan hampir setiap orang dan jika Anda juga ingin memiliki gigi yang bersih dan putih berseri, Anda wajib mengetahui  berbagai cara memutihkan gigi. Pasalnya, ada beberapa pilihan cara memutihkan gigi jika Anda ingin melakukan pemutihan pada gigi Anda. Pemutihan sendiri disebut dengan istilah bleaching / whitening teeth, dan secara garis besar ada dua macam cara memutihkan gigi. Jika Anda penasaran mengenai cara-cara pemutihan gigi yang ada saat ini, berikut adalah berbagai cara memutihkan gigi yang wajib Anda ketahui, sebelum Anda  melakukan pemutihan atau bleaching pada gigi Anda.

1. In-Office Teeth Whitening

Cara pemutihan ini di lakukan di praktek dokter gigi dan dilakukan oleh dokter gigi, karena itu disebut in-office teeth whitening. Bahan pemutih gigi yang digunakan biasanya berkonsentrasi tinggi, karena itu dilakukan oleh dokter gigi. Bahan yang digunakan untuk in-office teeth whitening biasanya hidrogen peroksida berkonsentrasi antara 25- 38 persen bergantung merk bahan pemutih masing masing.  Karena bahan pemutih gigi yang digunakan berkonsentrasi tinggi, maka gusi perlu di lindungi sebelum pemutihan gigi di mulai. Cara memutihkan gigi seperti ini dapat memutihkan gigi sampai 10 warna lebih putih, dan paling banyak hanya 8 gigi depan atas dan 8 gigi depan bawah yang dapat di putihkan. Waktu yang dibutuhkan untuk in-office teeth whitening kurang lebih 1-1.5 jam. Cara memutihkan gigi dengan cara ini baik untuk gigi yang berubah warna karena usia, makanan, dan penggunaan tembakau.Tapi cara ini tidak terlalu direkomendasikan untuk gigi yang berubah warna karena antibiotika tetrasiklin, trauma,dan overdosis fluoride, karena penyebab perubahan warna gigi berbeda-beda penanganan nya pun berbeda.

Ketahanan gigi yang telah diputihkan berkisar antara 1-2 tahun bergantung juga pada makanan yang di makan oleh pasien. Karena itu pasien yang telah diputihkan giginya selalu di sarankan untuk tidak makan maupun minum dari makanan dan minuman yang berwarna, dan meninggalkan bercak pada gigi. Namun biasanya untuk in-office whitening teeth, pasien selain dilakukan pemutihan gigi di praktek dokter gigi, juga di bawakan bahan pemutih untuk di pakai sendiri di rumah beserta tray yang sudah di cetak pas sesuai dengan gigi atas dan bawah pasien, untuk pemeliharaan sendiri di rumah.

 

inofficeteethwhitening

2. Over-The-Counter [OTC] or Home Teeth Whitening

At home bleaching/ whitening  adalah cara pemutihan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ada beberapa macam pemutihan gigi yang di lakukan sendiri di rumah, termasuk di dalamnya ada, whitening strip, paint-on tooth gel [ gel di taruh di gigi dengan alat seperti kuas], mouth trays with gel [ gel pemutih disertai dengan tempat plastik untuk di masukkan dalam mulut], whitening toothpaste [ pasta gigi pemutih] dan juga whitening gum [ permen karet pemutih]. Biarpun bahan bahan  pemutih yang di gunakan di rumah itu aman, akan tetapi akan lebih aman jika anda melakukan pemutihan gigi dengan supervisi dari dokter gigi. 

Ada pula cara pemutihan gigi di rumah tetapi dengan menggunakan tray yang pas persis dengan gigi anda bukan dengan tray yang universal. Untuk melakukan pemutihan gigi dengan cara ini, Anda bisa datang ke dokter gigi untuk di cetak giginya atas maupun bawah. Setelah di cetak, dokter gigi akan membuatkan anda tray yang sesuai dengan gigi anda atas dan bawah. Dengan adanya tray yang pas persis dengan gigi anda, bahan bleaching / whitening hanya akan mengenai gigi, bahan yang di pakai menjadi tidak berlebihan, cukup hanya sampai di gigi saja sehingga gusi akan senantiasa terlindungi, bahan yang di gunakan juga menjadi ekonomis, tidak banyak terbuang. 

gbr-artikel44

 

 

 

 

 


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa