Share to Others People

Orang yang mengidap diabetes lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan gigi, terutama jika mereka tidak menjaga kebersihan mulut.

Tidak seperti orang pada umumnya, sakit gigi dan gusi pada pengidap diabetes umumnya bisa jadi lebih parah dan perlu waktu lebih lama untuk ditangani. Sebaliknya, sakit gigi dan gusi ini juga dapat menyebabkan diabetes semakin sulit dikontrol. Ini mengapa pasien diabetes perlu lebih menjaga kesehatan gigi dan gusi mereka.

Hubungan Diabetes dan Sakit Gigi

Bisa jadi masih banyak orang yang bingung mencari hubungan antara diabetes dengan sakit gigi. Umumnya pasien diabetes lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan gigi dan gusi karena hal-hal di bawah ini:

Meningkatnya risiko infeksi

Diabetes dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memerangi bakteri penyebab infeksi. Oleh karenanya, pengidap diabetes lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan gusi karena infeksi yang mereka alami tidak dapat sembuh dengan mudah. Ini juga terjadi karena diabetes dapat mengurangi aliran darah ke gusi.

Kadar gula darah tinggi

Kadar gula yang tinggi dapat mengalir ke seluruh tubuh, termasuk ke gusi dan gigi, sehingga menyebabkan gangguan gigi dan gusi serta menyebabkan mulut kering. Kurangnya air liur ini dapat menyebabkan penumpukan plak sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang. Selain itu air liur pengidap diabetes juga dapat mengandung lebih banyak glukosa. Mulut kering dan kandungan glukosa tinggi inilah yang menyebabkan munculnya kandidiasis atau jamur mulut. Kondisi ini ditandai dengan bercak kemerahan atau putih pada kulit sekitar mulut.

Meningkatnya risiko gigi berlubang

Tingginya kadar tepung dan gula dalam makanan yang dikonsumsi juga akan berinteraksi dengan berbagai jenis bakteri yang sudah ada secara alami dalam mulut sehingga menyebabkan plak. Kadar asam pada plak ini juga dapat merusak permukaan gigi, yaitu dentin dan enamel, sehingga berisiko menyebabkan lubang.

Jika Anda mengidap diabetes dan mengalami gangguan kesehatan gigi, segera periksakan ke dokter jika sering mengalami infeksi gigi atau gusi, serta jika gusi terasa sakit atau mengalami pendarahan. Semakin awal memeriksakan diri ke dokter, maka gangguan gigi akan lebih mudah tertangani.

Panduan Menjaga Kesehatan Gigi

Namun pasien diabetes tidak perlu terlalu khawatir dan panik. Ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah meningkatnya risiko sakit gigi dan gusi.

  • Jaga kadar gula darah agar tetap terkontrol.
  • Gosok gigi setidaknya 2 kali sehari.
  • Kumur dengan obat kumur antiseptik setiap hari.
  • Periksakan gigi tiap 6 bulan sekali.
  • Informasikan pada dokter gigi bahwa Anda mengalami diabetes agar mendapat penanganan dan langkah pencegahan yang tepat.
  • Gunakan sikat gigi bersikat halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menggosok gigi secara teratur. Ganti sikat gigi tiap tiga bulan sekali.
  • Hindari menyikat gigi dengan keras karena dapat mengiritasi gusi.
  • Gunakan dental floss untuk menghilangkan plak di sela gigi.
  • Waspadai gejala awal gangguan gusi seperti perdarahan, gusi kemerahan, gusi bengkak, keluarnya cairan dari gusi, muncul aroma tak sedap, serta gigi longgar.
  • Kurangi risiko mulut kering dengan mengonsumsi cukup cairan dan mengunyah permen bebas gula.
  • Hindari merokok karena dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Mengingat risiko gangguan kesehatan yang meningkat dibanding orang pada umumnya, pasien diabetes memang perlu berusaha ekstra untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Namun dengan penanganan yang tepat dan disiplin, kesehatan gigi dan gusi pada orang yang mengalami diabetes dapat tetap terjaga.

 

 

REFERENSI

Better Health Victoria State Government. Diabetes and oral health.

Mayo Clinic (2018). Diabetes and dental care: Guide to a healthy mouth.

Web MD (2017). Dental Problems and Diabetes.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa