Macam-Macam Behel Lepasan dan Fungsinya

Jika mendengar kata behel atau kawat gigi, Anda mungkin berpikir jenis cekat yang paling umum dipakai. Namun, tahukah Anda jika ada jenis behel lepasan yang juga bisa memperbaiki susunan gigi yang berantakan?

Behel lepasan ada banyak macamnya. Masing-masing memiliki fungsi berbeda, digunakan untuk memperbaiki kelainan susunan gigi yang berbeda pula. Umumnya, behel lepasan digunakan oleh anak atau remaja yang tidak mengalami maloklusi yang parah.

Jenis behel lepasan yang biasa digunakan

Berikut ini variasi behel lepasan dan masing-masing fungsinya: 

1. Hawley Retainer 

Hawley retainer sangat umum digunakan oleh pasien yang telah selesai  melakukan perawatan gigi dengan bracket (behel cekat), karena  bentuknya yang sederhana dan tidak menggunakan terlalu banyak  komponen kawat. 

Meski lepasan, penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa retainer lepasan tidak kalah baik dengan retainer cekat untuk mempertahankan gigi yang telah rapi dan bagus setelah pemakaian behel cekat. 

Jenis retainer gigi ini terdiri dari klamer adams, busur labial, dan plat akrilik. Klamer adams menggunakan kawat yang berdiameter 0,7 mm yang umumnya diletakkan pada gigi geraham kecil ataupun gigi geraham besar.

Fungsinya adalah mempertahankan posisi gigi geraham tetap pada posisinya dan juga untuk menggerakkan gigi geraham yang masih belum sesuai dengan lengkung gigi geligi agar berada pada posisi lengkung gigi geligi yang benar.

Busur labial menggunakan kawat yang berdiameter 0,6 mm, diletakkan di depan gigi depan dan menempel dari ujung taring kanan sampai dengan ujung taring kiri.

Fungsinya untuk mempertahankan lengkung gigi depan jika dilihat dari depan maupun samping, sehingga gigi depan yang sudah bagus dan rata, tidak akan kembali ke posisi semula yang maju dan berantakan. Behel ini biasanya disarankan untuk digunakan selama dua tahun setelah perawatan dengan behel cekat selesai. 

2. Circumferential Retainer (Wraparound Retainer) 

Circumferential retainer disebut juga dengan wraparound retainer, karena memiliki komponen kawat yang memutari seluruh bagian depan gigi geligi dan plat akrilik. Retainer dengan bentuk seperti ini digunakan untuk pasien yang memiliki masalah pada gusi maupun jaringan peridontal lainnya. Bentuk ini dibuat agar dapat mempertahankan posisi gigi geligi tanpa harus menempelkan kawat ke gusi.

3. Inclined Bite Retainer

Behel lepasan berupa Inclined bite retainer memiliki dua macam bentuk, yaitu :

a. Anterior Bite Plane 

Jenis ini komponennya mirip dengan Hawley retainer,  tapi bagian plat akrilik pada  langit-langit rongga mulut dibuat tebal di bagian  belakang gigi depan. Pada beberapa kasus, ada juga yang dibuat menutupi  permukaan gigi bagian depan dengan tujuan agar lidah tidak menyentuh gigi yang sudah bagus dan rata.

Pada umumnya, behel lepasan jenis ini digunakan untuk anak kecil yang suka sekali memainkan lidahnya dengan cara menjulurkan lidah. Jika dibiarkan, ini bisa mendorong gigi ke depan. 

b. Posterior Bite Plane

Pada behel lepasan bentuk posterior bite plane, komponen yang digunakan  plat akrilik dipertebal pada gigi geligi bagian belakang (gigi geraham kecil  dan  gigi geraham besar). Plat akrilik dibuat seperti itu karena retainer bentuk  ini digunakan pada kasus gigi pasien yang memiliki gigitan bermasalah, dan  juga untuk mengoreksi tinggi gigit dari pasien tersebut.

c. Twin Block Retainer 

Twin block retainer adalah bentuk retainer yang menggabungkan dua macam inclined bite  retainer (anterior bite plane dan posterior bite plane). Penggunaanya dilakukan secara  bersamaan.

4. Rick a nator

Dirancang oleh Dr. Rick Gallaher, Rick-A-nator adalah jenis behel yang sangat ideal untuk mengobati pasien yang mengalami kesulitan memakai peralatan behel lepasan yang seringkali harus dilepas dan dipasang kembali. 

Rick-A-nator terdiri dari bagian depan rahang atas, ditempatkan pada kawat pada rahang bawah yang melekat pada molar band (lempengan seperti seng yang tipis khusus untuk perawatan behel). Kawat lengkung dapat disolder ke band atau melekat secara vertikal – agar mudah untuk dibersihkan. Keuntungan dalam pemakaian rick a nator  adalah:

  • Pasien tidak perlu terlalu sering kontrol
  • Dalam segi penampilan, alat tersebut hampir tidak terlihat (karena posisinya di dalam)
  • Dapat digunakan selama perawatan behelcekat dilakukan
  • Tidak memerlukan perawatan yang sulit karena bisa dikenakan 24 jam per hari
  • Bisa dipakai untuk memajukan posisi rahang bawah pada kasus gigitan atau oklusi tertentu.

5. Lip bumper

Lip bumper adalah sebuah perangkat kawat yang digunakan untuk memindahkan geraham bawah ke belakang dan gigi depan bawah ke depan, sehingga menciptakan ruang untuk gigi depan yang penuh sesak (gigi berjejalan). 

Bagian depan busur memiliki ketebalan akrilik atau bumper yang menyentuh bagian dalam bibir bawah. Otot-otot bibir bawah menerapkan tekanan pada bumper sehingga menciptakan kekuatan yang dapat menggerakkan gigi geraham ke belakang.

Dalam beberapa kasus, lip bumper digunakan untuk menghentikan bibir dengan kebiasaan menekan sehingga memungkinkan gigi yang rendah posisinya untuk menyelaraskan posisi gigi 

Baca Juga: Mau Pasang Behel untuk Anak, Pahami Dulu Faktanya

 

4 Comments. Leave new

  • permisi,saya mau tanya kalau mewarnai plat ortho itu bahan nya apa?

    Reply
    • shinysmile168
      June 22, 2015 11:19 am

      selamat siang William..
      terima kasih telah mengunjungi dan merespon website kami..
      pewarna pada plat ortho menggunakan cairan khusus untuk membuat plat orth..cairan self cured khusus plat ortho

      Reply
  • itu harganya kira2 berapa ya? ortho resin nya…disini tidak ada soalnya..

    Reply
    • shinysmile168
      June 23, 2015 10:12 am

      maaf pak..kami kurang tahu mengenai harga ortho resin..karena kami bukan supplier..
      mohon maaf sekali ya Pak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed