Share to Others People

Pasang Kawat Gigi, Ternyata Tak Hanya Biaya yang Harus Dipertimbangkan

Pasang kawat gigi bisa menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk merapikan gigi sekaligus menjaga kesehatan gigi. Sebab kondisi gigi yang tidak beraturan dari kacamata estetika tentu tidak begitu menarik. Selain itu, gigi geligi yang tidak rapi juga bisa mengganggu proses pembersihan dan pengunyahan makanan.

Menariknya, akhir-akhir ini banyak sekali penawaran baik di media cetak maupun elektronik yang berisi pemasangan kawat gigi dengan harga murah bahkan ada yang super murah.

Pertimbangan Sebelum Pasang Kawat Gigi

Memang tiap orang menginginkan harga yang terjangkau untuk berbagai keperluan. Termasuk pemasangan kawat gigi. Namun Kamu tidak boleh asal sembarang memasang behel karena tergiur harga. Ada hal-hal lain yang sudah sepatutnya kamu pertimbangan sebelum pasang kawat gigi.

1. Jangan Asal Pilih Tempat Pasang Kawat Gigi

pasang kawat gigi

Memasang bracet memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari jutaan sampai belasan juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk kontrol bulanannya.

Maka tak heran banyak orang yang menggunakan sembarang jasa asalkan biayanya murah. Sebenarnya tidak semua dokter gigi bahkan tukang gigi dapat memasang behel dengan benar.

Untuk memasang behel secara aman, kamu harus melakukannya ke dokter gigi spesialis orthodontist (spesialis kawat gigi). Jika tidak ditangani secara profesional dan benar, kemungkinan terburuknya adalah mengalami infeksi.

2. Kenali Resikonya

pasang kawat gigi

Dokter spesialis ortodintik sekaligus dosen FKG Uniersitas Indonesia, Nada Ismah mengemukakan bahwa pasang kawat gigi mesti dikerjakan oleh yang benar-benar kredibel. Jika dikerjakan oleh sembarang orang, bisa jadi ada prosedur yang terlewat.

Biasanya beberapa part yang terlewat saat pemasangan behel adalah prosedut foto ekstra dan intra oral. Atau bisa jadi pemasang hanya melakukan rontgen tanpa menjadikan hasilnya sebagai acuan perawatan.

Alih-alih membuat gigi rapi, bisa jadi beberapa risiko berat dapat kamu alami jika asal memilih jasa pasang kawat gigi. Beberapa risiko yang bisa Kamu alami jika sembarang memasang kawat gigi diantaranya:

  • Sariawan karena gesekan kawat dengan bibir
  • Pembersihan gigi lebih sulit
  • Posisi gigi menjadi tidak benar bahkan semakin parah
  • Behel yang dipasang tidak sesuai prosedur tidak berefek signifikan.

Di masa-masa awal pemasangan behel memang akan terasa nyeri serta ngilu. Hal ini memerlukan penyesuaian khusus. Jika rasa nyerinya tak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

Rasa sakit tersebut sebenarnya akan perlahan berkurang seiring tubuh mampu beradaptasi dengan formasi gigi yang baru.

3. Kenali Prosedur Pasang Kawat Gigi

pasang kawat gigi

Bukan hanya memikirkan besaran biaya yang harus dikeluarkan. Kamu juga mesti tahu bahwa memakai behel tidak hanya asal pasang. Ada sejumlah prosedur perawatan yang mesti dilakukan.

Pada awal pemasangan, Kamu akan mengalami rasa tidak nyaman bahkan nyeri saat mengunyah. Tahapan yang perlu dilakukan saat pemasangan behel diantaranya:

  • Konsultasi
  • Rontgen
  • Pemasangan
  • Tahap Perawatan
  • Pasca Perawatan

4. Do and Don’ts

Menjalani perawatan ortodontik berarti harus siap repot. Bagi yang pasang kawat gigi, perlu berkomitmen melakukan usaha ekstra agar kebersihan gigi tetap terjaga. Tak hanya menjaga kebersihan gigi saat menjalani perawatan. Sebelum perawatan dimulai pun gigi harus dalam keadaan bersih dan sehat.

Pemasangan kawat gigi harus dibarengi dengan menambal lubang gigi terlebih dahulu. Jika diperlukan, gigi yang bolongnya besar juga harus dicabut. Scalling juga perlu dilakukan agar pemasangan berjalan lancar.

Karena sedang memasang kawat gigi, tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Kamu tidak bisa langsung makan makanan keras seperti apel, tulang ayam, keripik, dsb. Disamping itu dihimbau untuk tidak langsung mengigit makanan secara langsung.

Dari beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di atas, tentu saja pasang kawat gigi bukanlah hal sepele. Sebelum asal memutuskan, lebih baik pertimbangkan segala halnya terlebih dahulu. Jika dirasa mampu menjalaninya, pilih tempat pasang behel yang terpercaya dan aman. Semoga bermanfaat.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa