Share to Others People

Bila Anda termasuk orang yang memakai behel/ kawat gigi cekat, atau dalam bahasa kedokteran gigi di sebut dengan bracket gigi [dental braces], maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara perawatan gigi kawat/ dental braces  tersebut agar tetap aman dan nyaman digunakan. Banyak pendapat yang mengungkap dampak buruk bagi penggunaan kawat gigi cekat/ bracket gigi tersebut, terlebih lagi jika perawatannya tak benar maka dampak buruk dari behel/ dental braces tersebut akan semakin dirasakan. Apa dan bagaimana tips merawat gigi yang memakai kawat gigi cekat / bracket gigi tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Perhatikan cara mengunyah

Kunyahlah makanan dalam ukuran kecil. Ini untuk menjaga bracket gigi / dental braces anda agar tidak gampang lepas. Makanan dengan ukuran kecil lebih mudah dikunyah pada gigi yang memakai kawat gigi/ behel. Makanan yang terlalu besar saat dikunyah akan membuat dental braces / kawat gigi anda yang cekat akan mudah lepas, sehingga apabila bracket gigi sering lepas akan memperlama pemakaian kawat gigi yang cekat tersebut.

2. Hindarkan makanan yang keras

Ya makanan yang keras tentu saja harus dihindari karena akan sulit untuk digigit. Kawat gigi Anda pun akan bisa bengkok apabila dipaksakan mengunyah makanan keras dan dental braces/ bracket gigi anda akan mudah lepas juga. Jadi untuk sementara hindari makanan semisal kripik atau kerupuk yang keras.

3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula

Makanan manis yang Anda konsumsi akan mengakibatkan bakteri mudah datang dan berkumpul di gigi, karena gigi yang memakai kawat gigi / bracket gigi agak sulit di bersihkan apabila tidak benar benar telaten dan teliti membersihkannya, sehingga akan menimbulkan masalah pada gigi.  Karena itu kurangi makanan bergula untuk sementara waktu.

4. Rajin membersihkan gigi

Gosoklah gigi setiap kali habis makan, ataupun setelah makan makanan kecil/ minum minuman manis, karena dengan adanya bracket yang menempel di gigi, akan banyak makanan yang menempel di gigi terutama di sekitar bracket gigi / kawat gigi cekat tersebut sehingga akan menimbulkan plak gigi. Jangan lupa kumur dengan obat kumur dan memakai benang gigi setidaknya satu hari satu kali. Karena lalai dalam kebersihan, maka gigi akan menjadi mudah berlubang

5. Banyak meminum air putih

Bila Anda memilih menggunakan kawat gigi cekat/ behel, artinya Anda sudah harus bersiap untuk rajin meminum air putih dalam jumlah yang sering. Ini  bisa membantu untuk membersihkan gigi anda, dengan menetralkan makanan / minuman yang manis / asam yang anda minum

6. Hindari makanan yang lengket

Jangan makan makanan yang lengket di gigi. Seperti misalnya permen karet atau makanan yang lengket lainnya yang sulit dibersihkan dari kawat gigi / bracket gigi tersebut. Bila tidak terbersihkan maka dapat menimbulkan tumpukan bakteri pada gigi yang akan menjadi plak dan akhirnya akan membuat gigi menjadi berlubang

7. Rajin kontrol ke dokter gigi

Lakukan kontrol rutin setelah pemakaian bracket gigi. Karena pemakaian kawat gigi cekat bukanlah suatu sistem ajaib yang bisa membuat gigi berjalan sendiri menjadi bagus. Akan tetapi tetap di perlukan kontrol rutin untuk mengencangkan giginya dengan mengganti kawat nya ataupun karet nya. Sehingga pergerakan gigi yang terjadi juga terkontrol.

Nah, bila sekarang Anda memilih memakai gigi kawat atau behel tersebut, artinya Anda sudah harus betul-betul menjalankan berbagai tips di atas, jika tidak maka bukan kecantikan yang akan diperoleh melainkan gigi lubanglah yang akan anda peroleh. Terutama bagi Anda yang memakai bracket gigi karena untuk mendapatkan bentuk gigi yang lebih baik. Demikian juga untuk mereka yang memakai behel karena alasan fashion atau sekedar tampak bergaya, mereka juga harus memahami berbagai macam hal di atas . Jika Anda lalai dengan salah satu tips di atas bisa jadi masalah baru akan muncul pada gigi Anda. Ingin tampil lebih percaya diri dengan memakai kawat gigi, ingat juga  bagaimana cara merawatnya. 


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa