Share to Others People

Trend penggunaan behel di kalangan remaja saat ini telah memunculkan kebiasaan buruk di kalangan remaja itu sendiri, yakni mengikuti trend dengan salah kaprah tanpa mengetahui apa dampak buruk yang akan dirasakan dengan mengikuti trend tersebut. Pemakaian behel, pada beberapa negara di Asia, merupakan suatu simbol status sosial yang mana orang yang memakai behel di anggap mempunyai status sosial yang tinggi, dan di anggap suatu fashion. Sehingga memakai behel kini tak lagi memiliki fungsi sebagai upaya untuk meratakan gigi, namun sudah masuk kepada trend fashion yang berkembang baik di kalangan remaja putra maupun putri. Trend penggunaan behel itu banyak yang menggunakan behel murah yang merupakan behel palsu atau behel mainan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Sedangkan behel yang asli dan di pasang oleh seorang dokter gigi, tentu tidak murah. Di pasaran kita bisa menemukan behel mainan hanya seharga enam puluh ribuan. Sangat murah sekali bila dibanding dengan behel asli yang harganya jutaan rupiah, dan tidak kita pikirkan sama sekali akibat memakai  behel palsu atau behel mainan tersebut.

Begitulah behel mainan itu bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin tampil gaya tanpa harus takut mengeluarkan uang yang banyak. Trend ini muncul tentu saja dengan alasan ikut-ikutan di kalangan remaja. Seorang remaja akan merasa bangga kalau ia menggunakan apa yang sedang menjadi trend atau digandrungi orang lain. Apalagi behel palsu atau behel mainan tersebut tidak hanya sebagai fashion namun juga bisa menaikkan status sosial mereka. Behel mainan itu memang murah dan bisa dipakai oleh siapa saja untuk tampil gaya, namun jika ini dilakukan terus menerus bukan tidak mungkin behel palsu ini akan memberikan dampak buruk bagi si pemakai. Sterilisasinya sangat tidak teruji, bahan yang belum tentu aman bagi kesehatan dan sebagainya. Mau fashion, harus juga mau tahu akibat memakai behel palsu atau behel mainan tersebut.

Behel palsu atau kawat gigi mainan terbuat dari bahan dengan kualitas berbanding terbalik dengan kualitas behel asli. Namun banyak orang yang menganggap itu sama saja. Asal bisa tampil trendi semua yang tiruan pun tak menjadi soal untuk dipakai. Padahal memakai behel harus lah sesuai dengan petunjuk dokter, tidak boleh sembarangan pasang saja. Ini dikarenakan memakai behel memiliki resiko tersendiri yang harus diantisipasi terlebih lagi jika behel yang digunakan tersebut adalah behel palsu maka resiko akan mendapatkan masalah tentulah akan jauh lebih besar lagi. Apakah Anda termasuk pemakai behel palsu atau behel mainan? Waspadalah. Jeli-jeli mencari tahu akibat memakai behel palsu atau behel mainan tersebut pada anda.

Apa saja bahaya behel palsu bagi kesehatan  penggunanya? Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diketahui:

1. Tidak ada jaminan kualitas bahannya

Bila terbuat dari logam maka logam seperti apa yang di gunakan untuk behel tersebut. Ingat behel tersebut bakalan masuk ke dalam mulut. Sehingga setiap waktu anda harus mengulum logam tersebut. Apakah logam nya aman di masukkan ke dalam mulut? Apakah logamnya tahan terhadap air liur dan makanan? Apakah akan berkarat? Terpikirkan kah oleh anda bahaya bahan behel palsu atau behel mainan tersebut? Terlebih lagi jika bahannya plastik, maka resikonya maupun dampak bahan behel palsu tersebut juga sama besarnya. Sebab memilih jenis behel pun seharusnya dikonsultasikan kepada dokter gigi spesialis kawat gigi. Belum lagi resiko alergi terhadap logam tertentu. Ini tentu saja sangat membahayakan, apabila tidak diketahui. Ini baru dari segi bahan nya saja. Jadi mau tahu lebih lanjut akibat memakai behel palsu? mari kita simak lebih lanjut…

2. Sterilisasi pemasangan

Setelah bahannya diketahui, lalu siapa kini yang memasang gigi kawat tersebut ke dalam mulut Anda? Apakah Anda sendiri? Lalu bagaimana kondisi kebersihan tangan Anda? Apakah bebas dari kuman? Bagaimana dengan lem yang melekatkan behel palsu tersebut dengan gigi anda? jenis lem apa yang anda pakai? Apakah lem serbaguna? bagaimana bila lem tersebut tertelah? Apa bahayanya? terpikirkan kah? Ini yang kemudian menjadi masalah baru bagi behel-behel palsu. Sedangkan untuk behel dengan kualitas terbaik pun ini tetap harus diperhatikan.

3. Standar pemasangan

Bagaimana cara pemasangan behel yang benar? apakah anda sudah mengetahui? Apakah yang penting menempel di gigi, tanpa anda mengetahui standar pemasangannya demi tampil gaya dan murah? Tahukah anda setelah pemasangan, apa akibat memakai behel palsu yang salah pasang? Tahukah anda di Thailand ada dua remaja berumur 17 tahun yang meninggal dunia gara gara memakai behel palsu? Infeksi yang diakibatkan pemakaian behel palsu, baik karena bahannya maupun pemasangannya, bisa mengakibatkan dua remaja di Thailand meninggal dunia. Sekarang yang patut kita pikirkan adalah, seberapa harga nyawa anda? seharga puluhan ribu rupiah? ratusan ribu rupiah? bisakah kita membeli nyawa kita? Anda berat nyawa anda atau uang anda? Pikirkan kembali akibat memakai behel palsu yang menempel di gigi anda. Baru putuskan yang mana yang anda pilih.

Gunakan behel berbahan asli sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh dokter gigi spesialis kawat gigi. Ini akan menjadi keputusan terbaik untuk tampil lebih menarik dan aman tentunya.

 


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa