Pemutihan Gigi, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Memiliki gigi yang kuning banyak membuat orang tidak percaya diri. Jika Anda salah satunya, maka menjalani prosedur pemutihan gigi bisa jadi solusinya.

Apa itu pemutihan gigi?

Pemutihan gigi adalah prosedur untuk mencerahkan warna gigi dengan bahan khusus. Prosedur ini bisa dilakukan secara bertahap oleh dokter gigi atau dengan menggunakan alat di rumah. Anda mungkin mengenal perawatan ini sebagai bleaching gigi.

Gigi yang sudah cerah setelah di-bleaching, tidak akan bertahan permanen, sehingga Anda tetap perlu menjaga kesehatan gigi dengan baik dan benar. Seiring waktu, gigi bisa kembali menguning dan Anda bisa menjalani proses pemutihan kembali. 

Bukti statistik dari American Academy of Cosmetic Destistry mengatakan bahwa kita memberikan sebuah nilai yang tinggi pada senyum kita. Jadi, menurut hampir semua orang dewasa, senyum adalah aset sosial yang penting dan bisa menarik lawan jenis. 

Senyum yang tidak menarik bisa saja menghambat kepercayaan diri seseorang, sehingga berpengaruh pada keseharian di tempat kerja ataupun linkungan sosial.

Siapa yang perlu menjalani pemutihan gigi?

Gigi susu biasanya lebih putih daripada gigi dewasa yang muncul kemudian. Seiring berjalannya waktu, gigi dewasa kita sering menjadi lebih gelap, lebih kuning, atau lebih bernoda. Hal ini bagian dari kenapa gigi putih pada orang-orang membuatnya terlihat lebih awet muda. 

Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang membuat seseorang perlu menjalani proses pemutihan gigi, seperti: 

  • Gigi berubah warna karena konsumsi antibiotik
  • Sering mengonsumsi makanan dan minuman berwarna pekat seperti kopi dan teh.
  • Perokok
  • Memiliki kelainan warna dan bentuk gigi karena ada gangguan perkembangan

Sementara itu, orang yang warna giginya menjadi rusak karena gigi berlubang atau karena penumpukan karang gigi, maka masalah utamanya harus diselesaikan terlebih dahulu. 

Sebelum menjalani proses pemutihan gigi, dokter akan memeriksa seluruh kondisi rongga mulut Anda. 

Tipe pemutihan gigi

Ada beberapa cara untuk memutihkan gigi Anda, tetapi dua yang paling umum adalah perawatan di klinik dan perawatan sendiri di rumah, dengan banyak sekali jenis produk di pasaran.

1. Pemutihan di klinik

Pemutihan gigi secara profesional di klinik gigi adalah cara paling efektif karena Anda bisa mencapai hasil yang diinginkan dalam satu kali kunjungan. 

Pada metode ini bahan pemutih yang digunakan lebih kuat, namun karena dikerjakan oleh dokter gigi, maka bagian rongga mulut lain seperti gusi, akan dilindungi dengan baik sehingga tidak teriritasi bahan pemutih. 

Dalam satu kali kunjungan, gigi Anda dapat secara langsung diterangkan menjadi hingga delapan kali lebih terang dari warna gigi sebelumnya. Namun, hal ini tentu tergantung kebutuhan dan kondisi rongga mulut. 

Prosedur pemutihan gigi di dokter gigi biasanya memakan waktu kurang lebih 1 jam.  

Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi Yang Hitam. Bisakah?

2. Pemutih gigi di rumah (At Home Bleaching)

Sistem pemutih gigi yang secara komersial tersedia menjadi sangat populer, terutama karena produk tersebut tidak mahal dan mudah digunakan.  

Ada beberapa metode pemutihan gigi yang bisa didapatkan di banyak toko yang bisa dibeli tanpa saran dari dokter gigi Anda. Produk tersebut termasuk strip pemutih, gel yang dioles di gigi, baki mulut dengan gel, pasta pemutih gigi , dan bahkan permen karet pemutih. 

Mereka biasanya adalah produk-produk yang aman, tetapi jika Anda memiliki masalah mulut, sebaiknya tetaplah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan keamanannya. 

Meski harganya biasanya lebih murah, produk pemutihan gigi yang bisa digunakan sendiri biasanya tidak akan memberikan hasil sebaik bahan yang digunakan oleh dokter gigi.

3. Complete Bleaching (Gabungan antara Pemutihan gigi di klinik dan At Home Bleaching)

Sistem pemutihan gigi ini sangat efektif, mengingat ini merupakan gabungan antara sistem pemutihan gigi di rumah dan di klinik. Mengapa?

Karena pemutihan gigi di klinik tidak bisa bertahan lama dengan ada nya makanan maupun minuman yang di makan setelah pemutihan gigi, karena itu at home bleaching ini lah yang di gunakan untuk mempertahankan putihnya gigi setelah melakukan pemutihan gigi di klinik (in office bleaching)

Dengan menggunakan metode gabungan ini, setelah makan ataupun minum makanan dan minuman yang berwarna warni, pengguna bisa menggunakan at home bleaching atau pemutih yang di bawakan ke rumah untuk mempertahan kan warna putih gigi nya. 

Baca Juga: Bring Back Your Pink Gum (Hidden Smile Makeover)

Untuk Anda yang berada di  Surabaya, ada klinik gigi Surabaya yang rekomended banget, yakni Shiny Smile Dental Clinic. Didukung dengan tim dokter gigi spesialis yang berpengalaman dan kompeten untuk melakukan berbagai kasus-kasus spesialisasi. Dan di dukung dengan tempat yang nyaman dan bersih, Shiny Smile Dental Clinic bisa menjadi  klinik gigi terdekat Anda untuk melakukan berbagai perawatan restorasi dan kosmetik gigi.

Fokus utama tim Shiny Smile sebagai salah satu klinik gigi Surabaya adalah kosmetik gigi. Kedokteran kosmetik gigi tidak hanya akan memberikan kamu kesehatan gigi dan senyum yang baru, tetapi juga  akan mengubah hidup kamu untuk selamanya. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Shiny Smile Dental Clinic di Jl. Wisma Permai Barat I No. 33 (blok LL-24), Surabaya 60115.  Anda bisa menghubungi kami untuk bertanya tanya via  Whatsapp di 08 223 227 3737  

 

Referensi: 

Teeth Whitening: What You Need to Know

Tooth Whitening: What We Now Know