Share to Others People

Setiap hari kita makan dan minum berbagai macam jenis makanan dan minuman, namun terkadang kita tidak tahu kandungan zat yang ada di dalam makanan dan minuman tersebut. Tanpa kita sadari kandungan zat berbahaya dari makanan dan minuman tersebut lambat laun merusak struktur gigi kita.

Berikut ini akan dibahas mengenai kandungan asam pada makanan dan minuman dapat merusak gigi geligi kita. 

2

Makanan manis yang mengandung banyak gula sudah pasti kandungan asam dari dalam gula tersebut akan membuat gigi yang sehat lama kelamaan akan menjadi plak dan menghitam di area gigi yang sehat tersebut. Apalagi jika terjadi pada seseorang yang tidak rajin menggosok giginya, seiring dengan berjalannya waktu plak hitam tersebut akan menjadi penyebab dari gigi berlubang. Kuman-kuman pada plak tersebut akan menyebarluaskan kandungan asam dari gula tersebut ke seluruh permukaan gigi yang tidak bersih.

3

Makanan manis seperti permen dan karamel sangat disukai oleh anak-anak, maka dari itu gigi berlubang lebih rentan terjadi pada anak-anak apalagi jika anak tersebut tidak rajin menggosok gigi.

Sering kali kita dengar bahwa makanan atau minuman yang mengandung asam itu dapat membuat gigi bersih, padahal pada kenyataannya kandungan asam pada makanan yang asam ataupun manis itu malah akan mengikis enamel gigi.

4

Jika kita perhatikan banyak sekali pesan yang mengatakan bahwa setelah makan kita harus segera menggosok gigi. Padahal jika kita usai makan makanan yang mengandung asam atau minum minuman yang mengandung asam, kemudian langsung kita gosok gigi kita. Hal tersebut semakin membuat enamel gigi menjadi jauh lebih tipis lagi, dan akibatnya gigi akan mudah terasa ngilu bahkan yang lebih parah lagi gigi akan menjadi berlubang sedikit demi sedikit karena kehilangan enamel giginya.

5

Oleh karena itu, setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam ataupun manis, jangan langsung menggosok gigi tapi cobalah untuk berkumur terlebih dahulu dan beri waktu agar kandungan asam tersebut hilang dari permukaan gigi geligi. Selang waktu sekitar satu jam, barulah kita menggosok gigi kita.

6

Adapun contoh dari makanan dan minuman yang mengandung asam adalah buah-buahan dan sayuran yang berasa asam seperti jeruk, tomat, dan masih banyak lagi. Banyak juga yang memanfaatkan buah dan sayur yang berasa asam tersebut menjadi minuman segar atau jus.

Salah satu minuman penyebab gigi geligi bermasalah adalah minuman yang mengandung soda. Siapa sih yang tidak menyukai minuman bersoda? Dari berbagai usia pun sangat menyukai minuman yang berasa “bersemut” ini. Tapi, jauh daripada hanya sekedar minuman favorit. Minuman bersoda ternyata mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuh termasuk juga bagi gigi geligi kita.

Kandungan asam fosfat dan sitrat pada minuman bersoda dapat mengikis enamel gigi. Kandungan senyawa asam fosforik, malik, dan karboik juga dapat membuat enamel gigi menipis. Hal tersebut dapat membuat gigi geligi menjadi rapuh dan lambat laun menjadi sensitif dan berlubang.

7

Pada sebuah penelitian pernah dilakukan sebuah percobaan, gigi bekas cabutan direndam di dalam sebuah minuman bersoda dan dibiarkan dalam beberapa hari. Setelah dalam beberapa hari, ilmuwan tersebut tidak menemukan gigi yang direndam itu lagi. Ternyata setelah diteliti, minuman bersoda itu mengandung zat yang dapat menghancurkan kalsium di dalam gigi ataupun tulang. Padahal gigi dan tulang adalah bagian tubuh yang paling lama hancurnya pada orang yang sudah meninggal dunia sekali pun.

Minuman beralkohol juga merupakan salah satu dari minuman yang berbahaya bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan gigi geligi maupun jaringan di dalam dan di sekitar rongga mulut kita.

8

Di dalam minuman beralkohol mengandung zat yang dapat menekan produksi dari alir liur di dalam mulut kita, sebenarnya air liur sangat diperlukan bagi kesehatan gigi geligi dan rongga mulut kita. Karena air liur dapat berfungsi sebagai pembersih partikel makanan setelah kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam. Dan jika produksi air liur ditekan, dapat kita bayangkan bahwa radang gusi, gigi geligi rusak bahkan kanker mulut dapat menjadi resiko besarnya.

9

Oleh karena itu, konsumsilah air putih sebanyak mungkin, karena air putih dapat membantu membersihkan sisa-sisa partikel makanan dan minuman di dalam mulut.

10

Mengkonsumsi susu juga sangat baik untuk menambah unsur kalsium di dalam gigi. Mengkonsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi juga dapat membersihkan gigi geligi kita. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, karena kandungan unsurnya sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut kita.

11

Ditambah lagi dengan meminum secangkir teh hijau hangat setiap hari, kandungan polifenol di dalam teh hijau  tersebut dapat membantu membunuh bakteri yang ada di dalam rongga mulut kita.


Share to Others People

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa