Share to Others People

Jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri, Anda tentu wajib tahu tentang berbagai jenis makanan yang dapat memutihkan gigi. Ada berbagai cara memutihkan gigi dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa memutihkan gigi. Cara ini tentu merupakan cara yang cukup mudah dilakukan karena sambil Anda makan, Anda bisa sekaligus memutihkan gigi Anda. Ada berbagai macam makanan yang dapat secara alami membersihkan, mencerahkan, sekaligus membunuh bakteri yang dapat merusak gigi dan gusi. Gigi dan gusi merupakan cermin terhadap apa yang terjadi di dalam tubuh anda. Karena itu apa yang anda konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan senyum anda. Berikut adalah berbagai jenis makanan yang bisa memutihkan gigi yang bisa Anda konsumsi maupun Anda gosokkan pada gigi Anda supaya gigi Anda menjadi putih berseri.

Makanan yang Dapat Memutihkan Gigi:

  • Nanas dapat membantu memutihkan gigi. Menurut penelitian, asam bromelin yang terdapat di dalam nanas dapat berfungsi sebagai penghilang alami bercak pada gigi [stain remover]. Bromelin juga dapat memecah plak, lapisan tipis bakteri  yang lengket yang mengumpul pada gigi. Bakteri pada plak memproduksi asa yang dapat mengerosi enamel pada gigi dan menyebabkan lubang.
  • Strawberry, berwarna merah cerah, tetapi asam malik yang merupakan komponen utama dari buah ini merupakan pembersih alami pada gigi yang berbercak atau berubah warna. Bisa di jadikan salad ataupun di makan segar begitu. Bisa juga di gosok-gosokkan pada gigi atau di buat pasta untuk memutihkan gigi.
  • Seledri dan Wortel. Wortel mengandung vitamin A, yang di perlukan untuk kesehatan enamel gigi. Makan wortel mentah, dapat merangsang air liur, pembersih mulut alami. Pada dasarnya, mengunyah wortel yang crunchy dapat membersihkan gigi secara alami. Seledri dapat juga membantu memutihkan gigi, karena kandungan air di dalam seledri dapat merangsang produksi air liur yang dapat membersihkan sisa sisa makanan dan menguatkan gusi,
  • Pir/pear. Mengunyah pir dapat menetralisir bakteri penyebab bau  di dalam mulut yang tidak sedap dan koloni bakteri yang menempel pada gigi. Peningkatan produksi saliva yang di sebabkan oleh buah yang manis dan enak ini dapat membersihkan sisa sisa makanan,  sehingga gigi menjadi bersih dan cemerlang.
  • Biji-bijian dan kacang kacangan, misalnya almond, wijen, dsb. Biji wijen dapat membantu membersihkan [scrub] plak pada gigi.  Selain itu biji wijen juga mengandung calsium yang dapat menguatkan tulang dan gigi. Mengunyah kacang kacangan yang sedikit keras dan abrasif dapat membantu membersihkan plak dan bercak pada permukaan gigi, sehingga gigi tampak cerah. Selain itu biji-bijian dan kacang kacangan tersebut mengandung protein dan lemak sehat yang baik untuk tubuh.
  • Bawang bombay, mengandung komponen sulfur, thiosulfinates, dan thiosulfonates. yang mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang.  Untuk itu mengunyah bawang bombay mentah di haruskan, karena bawang bombay yang di masak akan merusak komponen yang menguntungkan gigi tersebut.
  • Apel. Mengunyah apel dapat menguatkan gigi dan gusi. Kandungan air yang  tinggi di dalam apel dapat meningkatkan produksi air liur, melarutkan dan menetralisir  koloni bakteri  yang dapat menyebabkan plak dan bau mulut.
  • Keju, kaya akan protein, kalsium dan fosfor, yang semuanya dapat membantu menetralkan asam di dalam mulut. Kalsium dan fosfor juga dapat membantu remineralisasi dan perbaikan gigi. Nikmati keju rendah lemak untuk meminimalisir makanan yang tinggi lemak penyebab sakit jantung. Keju juga tidak berwarna sehingga tidak menimbulkan noda pada gigi.
  • Brokoli mengandung zat besi yang membantu membentuk lapisan anti asam atau penghalang / pelindung yang dapat membantu melindungi enamel gigi. Tidak seperti bit dan cranbery, brokoli tidak akan tertinggal di dalam gigi, sehingga tidak akan menimbulkan sedikit noda pada gigi.
  • Coklat hitam / dark chocolates dapat mencerahkan gigi yang putih. Tannin, antioksidan yang ditemukan pada kokoa,  mencegah bakteri menempel pada gigi, selain itu juga dapat menetralkan mikroorganisma penyebab bau mulut. Coklat hitam / dark chocolate juga mengandung komponen kimia theobromine, yang dapat mengeraskan enamel gigi. Cari coklat hitam batangan /  dark chocolate bar yang mengandung paling sedikit 70 persen kakao untuk meningkatkan tannin sehingga meminimalisir gulanya.
  • Pemanis buatan. Mengunyah permen karet bebas gula, dapat meningkatkan produksi saliva, yang dapat membantu membersihkan gigi, menguatkan tulang dengan adanya kandungan kalsium dan fosfatnya, membersihkan bakteri yang tertinggal di antara gigi. Pemanis buatan merk xylitol di percaya dapat melawan bakteri penyebab lubang gigi, selain itu juga mencegah kenaikan berat badan. Karena itu permen karet yang mengandung xylitol baik juga untuk gigi.
  • Jeruk. Buah ini mengandung citrus, asam yang dapat mengurangi enamel gigi jika diberikan dalam dosis besar, tetapi dapat memutihkan gigi. Karena itu jus jeruk sekali sekali baik untuk kesehatan.
  • Susu dan Yoghurt. Tinggi kalsium yang baik untuk menguatkan gigi, membuat enamel lebih sehat dan putih
  • Air putih. Minum banyak air putih bisa membuat mulut ada menjadi tidak kering dan senyum anda menjadi cerah. Disarankan untuk minum air putih atau berkumur dengan air putih jika anda memakan makanan yang berwarna gelap untuk mencegah timbulnya bercak pada gigi. Air putih juga dapat mengurangi keasaman di dalam mulut.

 Jika Anda ingin memutihkan gigi Anda dengan cara yang alami, cari tahu berbagai jenis makanan yang dapat memutihkan gigi yang bisa Anda konsumsi maupun Anda gosokkan pada gigi Anda supaya gigi Anda menjadi putih bersih dan berseri.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa