Share to Others People

Benar sekali slogan yang biasa kita jumpai yang mengatakan “ sayangi jantung Anda “. Tanpa diduga dan diterka, gigi berlubang dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Masyarakat yang pada umumnya meremehkan sakit gigi yang mereka alami, tiba-tiba terkena serangan jantung. Masyarakat di Indonesia juga sangat kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Penyakit yang belum ditemukan penawar yang mampu menyembuhkannya dalam waktu yang singkat.

Pada jaman sekarang, bukan hanya para orang tua yang dapat terkena penyakit jantung tetapi resiko dari gigi berlubang pada anak-anak juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung pada kemudian hari untuk anak tersebut. Penyakit jantung memang bukanlah sebuah penyakit yang dapat langsung terasa gejalanya dalam usia muda. Pada umumnya setelah berusia senja, gejala penyakit jantung tersebut muncul.

 GIGI BERLUBANG1

Gigi berlubang sama halnya dengan penyakit jantung yang ternyata tidak boleh diremehkan dan diabaikan begitu saja. Sisa makanan yang masuk ke dalam lubang pada gigi yang berlubang, dapat menyebabkan bakteri bersarang pada lubang tersebut. Lama kelamaan akan menggerogoti bagian gigi tersebut sedikit demi sedikit, sampai pada akhirnya lubang tersebut mencapai ke permukaan gusi bahkan sampai masuk ke dalam gusi dan mengenai saluran akar gigi dan saraf-saraf atau pembuluh darah yang terdapat dalam gusi. Bakteri-bakteri jahat tersebut akan masuk ke dalam saraf-saraf pembuluh darah dan mengikuti jalannya aliran darah yang melalui jantung, sehingga menyebabkan terserangnya jantung.

 JANTUNG1

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang, karena efek penyakit tersebut terjadi seumur hidup. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berperan penting bagi aktifitas sehari-hari dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya termasuk juga kesehatan gigi dan mulut. Melakukan kontrol gigi dan pembersihan karang gigi secara rutin adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko gigi berlubang dan mengurangi terserangnya penyakit jantung koroner.

 GIGI BERLUBANG2

Menyikat gigi sebanyak dua kali sehari itu pun rasanya belum cukup untuk mencegah gigi berlubang, karena kondisi dari kadar asam dan basah dari air ludah di dalam rongga mulut setiap orang berbeda-beda. Orang yang memiliki kadar air ludah asam yang tinggi di dalam rongga mulutnya, akan beresiko gigi geliginya lebih mudah berlubang.

Sedangkan orang yang memiliki kadar air ludah basah yang tinggi di dalam rongga mulutnya, akan beresiko lebih cepat tumbuh karang gigi pada gigi geliginya. Namun karang gigi jika tidak cepat atau rutin dibersihkan, dapat menimbulkan gigi menjadi berlubang. Oleh karena itu, sangat penting melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut tiap enam bulan sekali. Namun itu semua tergantung dari kesadaran diri dan kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri pada masing-masing orang.

 JANTUNG3

Menyikat gigi teratur dua kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur, menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi, menggunakan benang gigi atau yang biasa kita kenal dengan sebutan dental floss, kontrol gigi tiap enam bulan sekali dengan membersihkan karang gigi rutin pada saat kontrol tersebut ke dokter gigi, itu semua adalah upaya yang harusnya dilakukan oleh setiap orang untuk memperhatikan kesehatan dari gigi dan rongga mulutnya karena rongga mulut merupakan sarana pertama dimasukkannya berbagai macam makanan dan minuman ke dalam tubuh. Ketika kesehatan gigi dan rongga mulut kita sangat terjaga, maka kesehatan dari organ tubuh penting yang lainnya pun akan dapat terjaga pula termasuk dengan kesehatan dari jantung kita.

 


Share to Others People

1 Comment

Comments are closed.

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa