Share to Others People

Dalam kedokteran gigi, menangani permasalahan gigi patah atau gigi berlubang bukanlah hal yang sulit. Seiring dengan perkembangan jaman, para ilmuwan menemukan dua cara untuk menambal gigi yang patah ataupun gigi yang berlubang yaitu secara langsung dan secara tidak langsung serta bahan yang digunakan pun ada beberapa macam. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara menambal gigi dan bahan yang digunakan untuk menambal gigi tersebut.

CARA dan BAHAN yang DIGUNAKAN untuk MENAMBAL GIGI :

LANGSUNG (DIRECT)

Yang dimaksud dengan tambalan gigi secara langsung adalah proses menambal gigi yang bisa langsung dilakukan oleh dokter gigi tanpa proses mencetak gigi pasien terlebih dahulu, baik untuk inlay maupun onlay. Bahan yang digunakan untuk tambalan gigi secara langsung adalah amalgam dan komposit.

 

AMALGAM

amalgam

Amalgam merupakan salah satu bentuk logam yang digunakan untuk mengisi tambalan pada gigi yang patah ataupun berlubang. Akan tetapi pada saat ini tambalan amalgam sudah banyak ditinggalkan oleh dokter gigi, karena amalgam mengandung zat merkuri yang sangat berbahaya bagi tubuh. Zat merkuri dapat menjadi penyebab dari timbulnya penyakit pada jaringan paru-paru jika kandungannya terhirup di udara dan dapat menjadi penyebab penyakit lambung jika kandungannya tertelan sedikit demi sedikit melalui ludah. Proses tambalan amalgam memerlukan waktu dua hari untuk satu gigi pada satu sisi kanan atau sisi kiri.

 

KOMPOSIT

komposit

Komposit juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk bahan tambalan gigi. Komposit memiliki komposisi matriks resin dan partikel pengisi anorganik, komposisi tersebut untuk ketahanan komposit dalam kondisi apapun di dalam mulut. Komposit memiliki warna seperti warna natural gigi.

Apakah perbandingan kelebihan dan kekurangan dari amalgam dan komposit?

 tabel1

 

TIDAK LANGSUNG (INDIRECT)

Tambalan gigi tidak langsung adalah tambalan gigi yang dilakukan melalui proses mencetak gigi pasien kemudian mengirim hasil cetakan tersebut ke lab gigi, baik inlay ataupun onlay sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama daripada proses tambalan gigi secara langsung. Setelah inlay ataupun onlay tersebut jadi, kemudian dilekatkan ke gigi asli pasien dengan cara dilem. Bahan yang digunakan untuk tambalan gigi yang melalui proses tidak langsung adalah logam dan porselen.

 

LOGAM

logam

Logam yang digunakan untuk tambalan gigi ada beberapa macam, seperti chromcobalt, titanium, dan paladium. Logam yang digunakan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh, sehingga aman jika dimasukkan ke dalam mulut.

 

PORSELEN

porcelain

Porselen yang digunakan untuk tambalan gigi tersusun atas kristal, alumina dan silica yang dileburkan secara bersamaan pada temperatur tinggi, untuk membentuk kekuatan, keseragaman dan material yang terlihat seperti kaca. Porselen memiliki komposisi yaitu kaolin, quartz, feldspar, dan metal oxide.
Apakah perbandingan kelebihan dan kekurangan dari logam dan porselen?

 tabel perbandingan logam dan porcelain


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us