Pasang behel untuk anak bisa menjadi pilihan bagi orang tua ketika anak telah memasuki periode pergantian gigi dari gigi susu menjadi gigi tetap. Di saat seperti inilah biasanya orang tua memutuskan untuk melakukan pemasangan bracket atau behel pada anak.

Pemasangan behel atau kawat gigi tersebut bertujuan supaya gigi anak terlihat lebih sejajar dan rapi saat dewasa. Kawat gigi adalah metode paling efektif guna memperbaiki struktur atau susunan gigi anak yang jauh dari kesan rata.

Fakta Pasang Behel untuk Anak

pasang behel

Akan tetapi, ada beberapa fakta yang perlu kamu perhatikan terlebih dulu sebelum memutuskan memasang kawat gigi . Berikut beberapa fakta penting mengenai kawat gigi untuk anak, di antaranya:

1. Pasang Behel untuk anak sebaiknya dilakukan ketika gigi permanen mulai muncul

Sebenarnya tak ada patokan yang pasti kapan pastinya pasang behel untuk anak bisa dilakukan. Akan tetapi, pemasangan yang paling sering dilakukan ketika anak menginjak usia 8 sampai 14 tahun. Pasalnya, di rentang usia tersebut, anak sudah mulai memiliki gigi permanen.

Namun sebelum pasang behel untuk anak anda, pastikan dulu bahwa anak memang benar-benar membutuhkan perawatan tersebut. Ada beberapa kondisi yang memaksa orang tua untuk memasang kawat gigi pada anak, antara lain:

  • Posisi rahang terlihat miring ketika mulut dibuka ataupun ditutup.
  • Anak masih terbiasa mengisap jari.
  • Gigi susu anak tanggal sebelum menginjak usia 5 tahun.

2. Pemasangan kawat gigi anak bisa menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh

Fakta berikutnya adalah pasang behel gigi untuk anak juga bisa menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh. Sebab, ketika kawat gigi terpasang, anak juga harus rutin memeriksakan diri ke dokter gigi supaya kondisi gigi bisa terpantau. Termasuk di antaranya mengganti karet khusus kawat gigi yang terpasang jika memang diperlukan.

3. Proses pemasangan tidak sakit

Sebagian orang menganggap, proses pasang behel untuk anak cukup menyakitkan sehingga anak bisa saja menolak penggunaannya. Padahal, faktanya tidak seperti itu.

Rasa tidak nyaman bisa saja muncul pada awal pemasangan behel tersebut. Akan tetapi, keluhan semacam ini akan relatif berkurang ketika anak sudah mulai terbiasa. Di samping itu, dokter gigi juga akan meresepkan beberapa obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

4. Penggunaan kawat gigi sangat aman dan minim risiko

Tak bisa dipungkiri jika tindakan medis apapun sudah pasti memiliki risikonya masing-masing. Tak terkecuali dengan pasang behel untuk anak. Akan tetapi, risiko kawat gigi ini bisa dibilang sangat minim dan gampang dihindari jika perawatannya dilakukan secara benar.

Pastikan saja anak dibawa kontrol ke dokter secara berkala. Jika kontrol gigi tidak dilakukan hingga lebih dari tiga minggu, maka kemungkinan besar bisa terjadi bau mulut pada anak. Selain itu, pergerakan gigi juga bakal lebih lambat sehingga periode perawatan gigi juga jadi lebih lama.

5. Pemilihan menu makanan harus benar-benar diperhatikan

Anak juga harus menghindari konsumsi makanan yang lengket, manis, ataupun bertepung. Jangan lupa juga untuk mengingatkan anak agar menyikat giginya secara rutin menggunakan sikat berbulu halus.

Perlu diketahui, behel yang menempel pada gigi bisa membuat makanan jenis apapun jadi lebih mudah terselip pada sela gigi. Apabila hal tersebut dibiarkan terus-menerus terjadi, maka gigi bisa saja berlubang dan menyebabkan rasa sakit tak keruan.

Sebaiknya, siapkan makanan bertekstur lunak ketika kawat gigi pertama kali dipasang. Sebab, anak akan merasakan nyeri di sekitar gigi dan gusi pada 1 hingga 3 hari setelah pemasangan. Inilah yang kemudian membuat anak jadi kesulitan mengunyah makanan. Ada beberapa jenis makanan lunak yang bisa jadi pilihan, seperti kentang tumbuh, pasta, atau sup.

Itulah beberapa fakta seputar pasang behel untuk anak yang perlu diperhatikan secara seksama. Jika kamu tinggal di daerah Jawa Timur khususnya Surabaya, ada satu klinik gigi pasang behel Surabaya yang sangat berkualitas karena ditunjang dengan tenaga professional dan peralatan terbaik. Namanya Shiny Smile Dental Clinic, salah satu klinik kosmetik dan restorasi gigi yang terkemuka di Surabaya.

Tidak hanya pasang kawat gigi, kamu juga bisa mendapatkan layanan kedokteran kosmetik gigi, implant gigi, pemutihan gigi, pembuatan gigi palsu, veneer gigi/veneer teeth/dental veneer, perawatan syaraf gigi, pembersihan karang gigi, dan lain sebagainya.

Leave a comment

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa