Share to Others People

Bagi siapapun yang ingin memasang gigi palsu, mengetahui dan mengenal jenis gigi palsu yang akan anda pasang  adalah sebuah hal yang penting. Ada berbagai macam jenis gigi palsu yang umum dipakai oleh masyarakat. Untuk memutuskan jenis gigi palsu yang tepat untuk dipakai dan sesuai dengan keinginan Anda, tentu diperlukan pengetahuan tentang bahan dari jenis gigi palsu tersebut terutama kelebihan dan kekurangan dari bahan gigi palsu yang Anda akan Anda gunakan. Anda juga dapat mengkonsultasikan jenis gigi palsu yang tepat untuk Anda gunakan kepada dokter gigi.

Secara garis besar, gigi palsu dibagi menjadi dua bagian yaitu gigi palsu lepasan dan gigi palsu cekat.

1. Gigi palsu lepasan :

 gigi-palsu1  gigi-palsu2

Gigi palsu lepasan adalah jenis gigi palsu yang mudah dipasang dan dilepas oleh penggunanya. Sebagian besar Gigi palsu lepasan,  giginya terbuat dari akrilik. Kerangkanya jenis gigi palsu lepasanpun bermacam macam, salah satunya ada yang terbuat dari akrilik atau logam.

Komposisi akrilik pada gigi palsu lepasan :

Sebagian besar resin akrilik polimerisasi panas tersedia dalam bentuk bubuk dan cairan. Bubuknya dapat transparan, sewarna gigi, atau berwarna merah muda untuk menyerupai warna gusi.

Komposisi resin akrilik polimerisasi panas terdiri atas :

     1. Polimer (bubuk)

Polimer : granul polimetil metakrilat
Inisiator : benzoil peroksida (0,2-0,5%)
Zat pigmen : merkuri sulfit atau cadmium sulfit, atau pewarna organik.

     2. Monomer (cairan)

Monomer : metil metakrilat
Inhibitor : hidrokuinon (0,006%)
Platicizer : dibutil pthalat
Agen Cross-linked : glikol dimetilmetakrilat (1-2%)

2. Gigi palsu cekat :

gambar34

Gigi palsu cekat adalah gigi palsu yang tidak bisa di lepas sendiri. Gigi ini melekat erat pada gigi yang di tumpanginya. Salah satu gigi palsu cekat yang sering digunakan adalah gigi palsu mahkota (crown) atau orang sering menyebutnya selubung gigi dan gigi palsu jembatan (bridge). Gigi palsu cekat yang awalnya terbuat dari akrilik, seiring dengan perkembangan jaman akrilik lambat laun sudah tidak digunakan lagi untuk gigi palsu cekat dan sekarang lebih banyak digunakan gigi palsu cekat yang terbuat dari porselen/ceramic. Hal ini disebabkan karena kualitas dari akrilik yang jauh lebih buruk dibandingkan dengan porselen bila digunakan untuk gigi palsu cekat.

Porcelain/ Ceramic berasal dari bahasa Yunani yang tersusun dari kata “keramos”, yang mempunyai arti sebuah zat dari dalam bumi yang terbakar. Definisi yang lebih modern adalah suatu bahan yang terdiri dari elemen metal dan non metal (biasanya oksigen). Bahan ini dapat di definisikan dari sifat yang melekat pada bahan tersebut.  Bahan ini adalah bahan yang keras, kaku tetapi rapuh. Hal ini disebabkan karena sifat alami dari ikatan antar atom nya yang ionic dan kovalen porselen digunakan sejak abad ke-17 dan lebih berkembang pada abad ke-19. Pada abad ke-20, penelitian mengenai porselen semakin dikembangkan lagi terutama dalam bidang kedokteran gigi yang digunakan dalam pembuatan gigi palsu cekat. Porselen dapat sangat translucent sampai opak. Secara umum semakin banyak bahan microstructure kacanya (non kristaline) semakin translucent warnanya, dan semakin banyak kristalnya, semakin opak.

Komposisi porselen pada gigi palsu cekat :

Silica (SiO2), feldspar potas (K2O.Al2O3.6SiO2), feldspar soda (Na2O. Al2O3.6SiO2), dan pigmen

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari gigi palsu porselen dan gigi palsu akrilik?

PORSELEN

 AKRILIK

 Warna dan bentuk mirip dengan gigi asli  Pada awalnya warna dan bentuk mirip dengan gigi asli
 Warna tetap tahan lama meskipun digunakan dalam waktu bertahun-tahun  Seiring dengan berjalannya waktu warna akan memudar
 Bentuk dan kekuatan yang bagus, tahan terhadap tekanan gigi dan abrasi  Bentuknya lambat laun akan menjadi aus karena tekanan gigitan dan abrasi di dalam rongga mulut, sehingga harus diganti dengan dibuatkan gigi palsu yang baru
 Tidak mudah patah bila terjatuh Mudah patah bila terjatuh
 Lebih berat daripada akrilik  Lebih ringan daripada porselen
 Tidak mudah dihaluskan setelah dipulas  Mudah dimanipulasi dan dihaluskan setelah dipulas
 Peralatan yang digunakan dalam proses pembuatannya lebih canggih dan modern  Peralatan yang digunakan masih konvensional dalam proses pembuatannya
 Proses pembuatannya memerlukan ketelitian tinggi dan lebih rumit, serta keahlian khusus.  Proses pembuatan lebih sederhana dan konvensional dibandingkan dengan porselen
 Biaya yang dikeluarkan lebih mahal daripada akrilik  Biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada porselen

 

Mengapa harga gigi palsu porselen lebih mahal daripada gigi palsu akrilik?

Gigi palsu mahkota atau jembatan yang terbuat dari bahan porselen atau porselen yang diperkuat dengan logam lebih mahal harganya, karena membutuhkan ketelitian yang tinggi dan peralatan yang lebih canggih serta keahlian khusus daripada proses dan peralatan untuk membuat gigi palsu yang berbahan akrilik. Porselen juga jauh lebih banyak kelebihannya dibandingkan dengan akrilik secara kualitas.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa