Kawat Gigi Metal: Menghitung Waktu Selesai Perawatan dan Menganalisis Potensi Berkarat

Dalam perawatan ortodontik, kawat gigi tradisional menjadi salah satu jenis kawat yang sering digunakan oleh orang – orang dalam upaya memperbaiki kondisi gigi. Hal ini dikarenakan, pemasangan jenis kawat gigi konvensional satu ini nantinya akan bekerja dengan memberikan tekanan agar gigi bisa berpindah ke posisi yang dinilai ideal. Oleh karena itulah, tidak mengherankan jika jenis kawat gigi satu ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi permasalahan gigi dan rahang.  

Menghitung Waktu Selesai Perawatan 

Rata – rata, semua jenis kawat behel, terutama kawat behel metal berguna untuk merapikan gigi. Adapun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penggunaan kawat behel satu ini bekerja dengan memberikan tekanan pada gigi agar posisinya lebih rapi, sehingga cocok digunakan untuk menangani masalah gigi yang kompleks. Kelebihan yang ditawarkan dari jenis kawat behel gigi metal sendiri, yakni menawarkan harga terjangkau, mampu merapikan gigi secara efektif dan warna brackter bisa diganti sesuai keinginan. Sementara itu, mengenai lama waktu selesai perawatan jenis kawat gigi bahan metal sendiri, yakni kurang lebih 1 – 3 tahun, dimana tergantung dari kondisi gigi seseorang. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi lama perawatan dengan kawat gigi tradisional  

Ketika menggunakan kawat gigi berbahan metal, Anda perlu tahu bahwasanya ada beberapa faktor yang umumnya mempengaruhi lama perawatan penggunaan kawat gigi tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi lama perawatan pada penggunaan kawat gigi berbahan metal, yakni ada pada seberapa sering pasien mengontrol penggunaan kawat gigi mereka. Faktor lainnya, ada pada dokter yang menangani pemasangan kawat gigi tersebut. Berbeda dengan kawat gigi bahan metal, untuk behel self ligating memiliki lama perawatan yang lebih cepat, sehingga diperlukan kontrol secara rutin.  

Peran penting ortodontis dalam menentukan durasi perawatan  

Pada dasarnya, ortodontis memiliki peranan penting dalam membantu mengevaluasi masalah perbaikan posisi gigi dan rahang. Bagi seseorang yang ingin memasang kawat gigi bahan metal, maka sebaiknya lebih dulu berkonsultasi ke dokter ortodontis. Sebab dengan evaluasi yang dilakukan ini, maka akan menentukan kebutuhan perawatan ortodontik dan memberikan rekomendasi yang memang sudah dipersonalisasi untuk memperoleh senyum yang lebih sehat dan percaya diri. Di sini, lebih disarankan bagi seseorang untuk menggunakan kawat jenis self ligating.  

Contoh kasus dan perbandingan waktu perawatan 

Berkaitan dengan lama waktu perawatan, untuk behel self ligating / damon umumnya memiliki waktu perawatan lebih cepat dibandingkan behel bahan metal. Sebab dilihat dari penelitian yang dilakukan oleh dr Derick Tagawa pada 132 pasien ortodontik, diambil kesimpulan bahwa pasien dengan behel damon memerlukan waktu 7,2 bulan lebih cepat dibandingkan pasien behel metal.  

Potensi Kawat Gigi Metal Berkarat 

Terlepas dari kegunaannya dalam merapikan gigi, penggunaan kawat gigi juga memiliki beberapa potensi berkarat yang harus diwaspadai oleh seseorang. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.  

Mengenal komposisi material kawat gigi tradisional dan potensinya untuk berkarat  

Kawat gigi berbahan metal, umumnya memiliki komposisi bahan dari logam stainless steel serta menggunakan band dan wire sebagai penghubungnya. Dikarenakan memiliki bahan yang berkualitas, maka tidak heran jika penggunaannya lebih kuat dan awet.  

Dampak dan risiko jika kawat gigi berkarat  

Berbeda jika Anda menggunakan kawat gigi bahan metal dengan kualitas yang buruk dan kawat gigi mainan, sudah pasti akan memberikan dampak dan risiko buruk pada kondisi gigi. Dimana dalam penggunaannya, kawat gigi tersebut akan menyebabkan terjadinya bakteri dan penyakit lain yang menyerang gigi, gusi dan area mulut secara keseluruhan.  

Cara menjaga dan merawat kawat gigi untuk mencegah karat 

Untuk menjaga dan merawat kawat gigi dari masalah karat, maka sebaiknya Anda perlu melakukan beberapa tips penting di dalamnya. Baik itu dengan menggunakan sikat gigi khusus behel, menggunakan pasta gigi khusus, menggunakan dental floss dan menggunakan obat kumur khusus.  

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Waktu Perawatan dan Potensi Berkarat 

Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi waktu perawatan dan potensi berkarat pada kawat gigi metal. Yang mana, hal ini bisa saja dipengaruhi oleh beberapa gaya hidup dan kebiasaan makan sehari – hari. Karena itulah, penting bagi seseorang menjaga kesehatan gigi dan mulut selama melakukan perawatan ortodontik.  

Pengaruh gaya hidup dan kebiasaan makan pada durasi perawatan dan potensi berkarat 

Ketika memasang kawat gigi berbahan metal, sebaiknya seseorang perlu untuk menghindari makanan yang keras, lantaran dikhawatirkan akan dapat menyebabkan gigi yang terpasang kawat menjadi sakit dan goyah. Selain itu, seseorang juga perlu menghindari makanan yang lengket dan manis, dikarenakan dapat menyebabkan kawat atau karet behel bergeser ataupun terlepas. Dan jangan minum minuman dengan asam tinggi, agar tidak menyebabkan potensi karat pada kawat gigi.  

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selama perawatan ortodontik 

Selama menjalani perawatan ortodontik, sebaiknya Anda perbanyak minum air putih, membersihkan gigi dengan benar dan rutin mengontrol gigi ke dokter gigi. Cara ini terbilang efektif untuk menghindari risiko hal – hal yang tidak diinginkan, khususnya masalah kawat gigi yang berkarat.  

Pentingnya Memilih Kawat Gigi Metal yang Berkualitas 

Meskipun memiliki variasi kawat yang beraneka ragam, akan tetapi pastinya Anda untuk menggunakan kawat gigi bahan metal yang berkualitas. Ini dikarenakan, pemilihan kawat gigi bahan metal yang berkualitas memiliki manfaat penting yang bisa kamu ketahui di bawah ini.  

Manfaat dan pentingnya memilih kawat gigi tradisional berkualitas 

Manfaat penting ketika Anda memiliki kawat gigi berbahan metal yang berkualitas, yakni akan menjadikan waktu perawatan kawat gigi lebih bertahan lama. Tidak hanya itu saja, penggunaan kawat gigi bahan metal maupun self ligating yang berkualitas juga akan menjadikan Anda terhindar dari permasalahan risiko karat pada kawat gigi. Dengan demikian, maka infeksi dan penyakit pada gigi bisa diminimalkan dengan baik.  

Pentingnya melakukan konsultasi dengan layanan ortodontis terpercaya sebelum memutuskan perawatan 

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan perawatan gigi agar terlihat lebih rapi, baik menggunakan kawat gigi bahan metal ataupun self ligating, sebaiknya perlu melakukan konsultasi kepada pihak layanan otodontis yang terpercaya. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni agar Anda memperoleh saran dan rekomendasi terbaik untuk mengatasi permasalahan pada perbaikan gigi. Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan hasil perawatan gigi yang memuaskan ke depannya nanti. 

Baca Juga: Behel Metal Konvensional dengan Behel Self Ligating. Perbedaan yang Perlu Diketahui

Call To Action 

Setelah mengetahui informasi penting mengenai kawat gigi tradisional di atas, tentunya Anda tertarik untuk melakukan perawatan perbaikan gigi, bukan? Jika iya, maka sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu di layanan ortodontis yang berkualitas terbaik dan terpercaya. Sehingga, Anda akan memperoleh layanan perbaikan yang memuaskan dan pastinya dapat menggunakan kawat gigi bahan metal yang tepat sesuai kondisi masalah gigi.    

Untuk Anda yang berada di  Surabaya, ada klinik gigi Surabaya yang rekomended banget, yakni Shiny Smile Dental Clinic. Didukung dengan tim dokter gigi spesialis yang berpengalaman dan kompeten untuk melakukan berbagai kasus kasus spesialisasi. Dan di dukung dengan tempat yang nyaman dan bersih, Shiny Smile Dental Clinic bisa menjadi  klinik gigi terdekat Anda untuk melakukan berbagai perawatan restorasi dan kosmetik gigi.

Fokus utama tim Shiny Smile sebagai salah satu klinik gigi Surabaya adalah kosmetik gigi. Kedokteran kosmetik gigi tidak hanya akan memberikan kamu kesehatan gigi dan senyum yang baru, tetapi juga  akan mengubah hidup kamu untuk selamanya. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Shiny Smile Dental Clinic di Jl. Wisma Permai Barat I No. 33 (blok LL-24), Surabaya 60115.  Anda bisa menghubungi kami untuk bertanya tanya via  Whatsapp di 08 223 227 3737

 

Referensi:

Metal braces: Uses, costs, benefits, and more

What To Know About Metal Braces?

1 Comment.

  • […] Behel alias kawat gigi kini bukan lah hal yang asing lagi di kalangan kaum wanita, utamanya kaum remaja putri yang ingin tampil menarik. Teknologi ini telah memungkinkan orang untuk bisa membuat posisi giginya lebih rapi. Bukan hanya kalangan selebritis yang memilih cara ini, masyarakat biasa pun banyak melakukannya lantaran alasan ingin tampil cantik dan menarik. Mungkin salah satunya adalah Anda yang memilih cara memakai kawat gigi untuk memperbaiki senyum anda. Meskipun cara cantik yang satu ini juga punya dampak negative, namun kini cara ini diyakini lebih praktis dan simple ketimbang cara lama seperti memotong gigi untuk membuat gigi tampak lebih cantik. Mengapa orang lebih memilih cara ini? Berikut ini beberapa alasan orang memakai kawat gigi: […]