Share to Others People

Secara garis besar yang dimaksud dengan kosmetik adalah alat atau bahan yang digunakan untuk mempercantik diri, baik untuk wajah, tubuh, bahkan gigi sekalipun. Sedangkan yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah cosmetic dentistry. Yang dimaksud dengan cosmetic dentistry adalah alat atau bahan yang digunakan untuk mempercantik gigi yang dapat dilihat dari segi estetikanya. 

Cosmetic dentistry digunakan agar gigi tampak lebih alami dan indah. cosmetic dentistry dilakukan dengan cara mengubah bentuk, warna maupun fungsi gigi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Terdapat banyak cara yang dapat digunakan agar gigi tampak indah secara normal, seperti bleaching yang berfungsi bagi orang yang ingin memutihkan atau mencerahkan warna dari gigi geliginya.
Dengan menggunakan veneer gigi bagi orang yang memiliki gigi bagian depan yang miring-miring maupun yang berongga-rongga, namun veneer gigi hanya digunakan untuk gigi depan saja.
Ada juga implant yang berfungsi seperti gigi asli, baik mulai dari akarnya sampai mahkota giginya. Menggunakan gigi palsu juga memiliki arti penting bagi sebuah cosmetic dentistry.
Gigi palsu yang memiliki banyak jenis juga memiliki berbagai macam fungsinya tersendiri, mulai dari yang hanya digunakan untuk segi kecantikan saja sampai yang digunakan benar-benar untuk mengganti fungsi dari mahkota gigi yang hilang.
Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam-macam cosmetic dentistry.

GAMBAR COSMETIC DENTISTRY (2).JPG

BLEACHING
Bleaching adalah sebuah cara yang dilakukan oleh dokter gigi yang digunakan untuk memenuhi keinginan dari pasiennya, untuk mencerahkan atau memutihkan gigi geligi pasien tersebut. Bleaching menggunakan bahan pemutih gigi dan juga sinar atau panas untuk membentuk ikatan dari bahan pemutih gigi tersebut.
Bahan pemutih gigi dengan teknik bleaching yang digunakan oleh dokter gigi pada umumnya adalah peroksida (karbamid peroksida dan hydrogen peroksida), Dari hasil beberapa penelitian diketahui bahwa yang paling aman sekaligus efektif adalah karbamid peroksida 10%.
Proses ini melibatkan reaksi oksidasi dan reduksi, dimana peroksida bertindak sebagai agen pengoksidasi (oksidator). Karbamid peroksida akan terurai menjadi hydrogen peroksida dan urea. Hydrogen peroksida inilah yang akan menghasilkan radikal bebas, yang akan bereaksi dengan molekul organik dalam email gigi.
Dengan adanya reaksi ini, molekul organik yang berukuran besar dan berpigmentasi tinggi akan menjadi molekul berukuran lebih kecil dan lebih sedikit pigmen. Molekul kecil ini lebih sedikit merefleksikan cahaya. Hasil akhirnya gigi tampak lebih putih.

GAMBAR COSMETIC DENTISTRY (3).JPG

VENEER
Veneer adalah sebuah lapisan gigi yang berwarna seperti warna alami dari gigi asli yang terbuat dari bahan komposit, porselen dan resin akrilik yang terpasang pada gigi. Veneer dibuat dengan cara mengurangi ¾ bagian depan gigi asli yang diinginkan untuk diberi veneer. Veneer hanya digunakan untuk menutupi bagian luar dan tepi gigi.
Veneer umumnya digunakan untuk gigi depan yang terdapat celah, patah, berlubang, berwarna hitam atau coklat di bagian depannya sehingga memerlukan preparasi agar terlihat indah lagi seperti warna gigi asli di sebelah-sebelahnya.
Terdapat dua proses dalam pembuatan sebuah gigi palsu veneer, yang pertama adalah secara langsung (direct) dan yang kedua adalah secara tidak langsung (indirect). Proses veneer yang menggunakan teknik secara langsung menggunakan bahan dari komposit. Sedangkan veneer yang menggunakan teknik tidak langsung berbahan porselen.

GAMBAR COSMETIC DENTISTRY (4).JPG

IMPLANT
Implant adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggantikan fungsi dari gigi yang hilang, baik fungsi akar gigi sampai dengan fungsi mahkota gigi yang mirip dengan fungsi gigi asli. Implant dapat digunakan sampai puluhan tahun, namun sebelum melakukan implant ada banyak syarat yang harus dipenuhi pasien terutama dari segi kesehatan dan riwayat penyakit yang diderita.
Proses untuk melalukan implant tidaklah mudah, oleh karena kegunaannya yang tahan lama jugalah membuat implant harus dibayar dengan biaya yang mahal.

teeth with braces

Behel (Kawat Gigi/Orthodontic)
Behel atau yang kita kenal sebagai kawat gigi, yang dalam dalam bahasa kedokteran giginya mempunyai istilah orthodontic merupakan salah satu cara yang digunakan oleh dokter gigi untuk meratakan gigi geligi pasien. Memperindah penampilan gigi dengan behel dilakukan dengan cara menempelkan bracket di bagian depan gigi asli, lalu memasangkan kawat di celah yang terdapat di bracket tersebut. Terkadang memasang kawat gigi juga diperlukan pencabutan beberapa gigi, agar gigi geligi tersebut bisa tertata rapi dan indah.

GAMBAR COSMETIC DENTISTRY (6).JPG

GIGI PALSU CEKAT
Gigi palsu cekat yang pada saat ini digunakan untuk cosmetic dentistry adalah yang terbuat dari porselen. Porselen banyak digunakan sebagai bahan gigi palsu, karena memiliki banyak kelebihan terutama dari segi keindahannya yang berwarna sealami gigi asli.
Adapun gigi palsu porselen yang memiliki nilai estetika tinggi dan berharga tinggi adalah gigi palsu yang terbuat dari lapisan zirconia dan juga porselen.

GAMBAR COSMETIC DENTISTRY (7).JPG

GIGI PALSU LEPASAN
Gigi palsu lepasan yang paling bagus estetika dan fungsinya adalah yang terbuat dari bahan serat nilon atau yang biasa kita sebut dengan FRS. Gigi palsu lepasan FRS mempunyai penampilan seperti gigi palsu lepasan akrilik, namun terdapat serat-seratnya. Gigi palsu lepasan FRS lebih bagus kualitasnya daripada gigi palsu lepasan akrilik maupun gigi palsu lepasan valplast.
Gigi palsu lepasan akrilik kurang nyaman dipakai bila kehilangan giginya sebagian, karena terdapat kawat di tepi gigi palsu tersebut yang digunakan untuk mempererat perlekatan gigi palsu dengan gigi asli di sebelahnya.
Sedangkan gigi palsu lepasan valplast memang nyaman digunakan karena dapat dibuat tipis dan tidak memerlukan kawat untuk perlekatan dengan gigi sebelahnya. Tetapi gigi palsu lepasan valplast tidak dapat digunakan untuk kasus kehilangan semua gigi dan juga lama kelamaan warnanya akan memudar, serta sulit untuk dibersihkan sehingga pengguna gigi palsu lepasan valplast mudah bau mulut.


Share to Others People

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa

Copyright © 2000. Shiny Smile Dental Clinic.

Follow Us

logo-fb
logo-ig
logo-yt
logo-email
logo-wa